Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh dan Kesempatan Kerja

Di era komputer dan digital sekarang ini, istilah software mungkin sudah tidak asing lagi. Aplikasi seperti Microsoft Word, Adobe Premiere, Figma, dan Blender adalah contoh perangkat lunak. Perkembangan perangkat lunak saat ini lebih modern dan up to date. Tidak hanya itu, model dan fitur yang berbeda juga sangat menarik dan nyaman bagi banyak pengguna. Tetapi apakah Anda pernah menggali lebih dalam apa itu perangkat lunak?

Artikel di bawah ini mencoba menjawab beberapa pertanyaan terkait perangkat lunak yang paling umum. Saya punya pertanyaan seperti apa itu perangkat lunak. Apa jenis perangkat lunak itu? Dan apa saja pekerjaan yang berhubungan dengan software? Ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan dalam pencarian. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami ingin menjawab dan meninjau pertanyaan Anda terkait perangkat lunak. Mari kita membacanya dengan seksama.

Apa itu perangkat lunak?

Perangkat lunak adalah seperangkat instruksi, data, dan kombinasi instruksi yang diprogram untuk melakukan tugas-tugas tertentu pada komputer. Perangkat lunak adalah kebalikan dari perangkat keras. Ini benar jika perangkat kerasnya sama dengan perangkat yang dapat disentuh secara fisik. Perangkat lunak setara dengan objek virtual, dan ia berada dan berjalan pada perangkat keras. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal software sebagai perangkat lunak. Di sisi lain, dalam bahasa Indonesia, perangkat keras adalah perangkat keras.

Perangkat lunak hanya dapat dijalankan di komputer atau ponsel. Selama pembuatan, perangkat lunak dirancang dan dibentuk dengan memasukkan kode pemrograman yang dilakukan oleh ahli pemrograman. Kode pemrograman adalah sekumpulan bahasa pemrograman mesin. Tetapi untuk membuat perangkat lunak, bahasa pemrograman disusun dan dirancang untuk membuat bahasa pemrograman tingkat tinggi. Berbagai data, perintah, dan perintah dieksekusi menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

fungsi perangkat lunak

Anda tidak dapat menggunakan perangkat keras tanpa perangkat lunak. Fitur perangkat lunak berikut meliputi:

  1. Pengoperasian dasar komputer dan ponsel (perangkat keras)
  2. Berbagai interkoneksi perangkat keras dan perangkat lunak
  3. Terjemahkan perintah dan identifikasi program di komputer Anda

jenis perangkat lunak

Selain itu, perangkat lunak dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Berikut jenis-jenis perangkat lunak adalah:

1. Perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang menggunakan sistem komputer untuk melakukan tugas-tugas khusus. Secara khusus, perangkat lunak aplikasi dapat menjalankan perintah yang disediakan pengguna. Contoh perangkat lunak aplikasi termasuk aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengolah kata, browser web, pengeditan video, dan pembuatan grafik. Perangkat lunak aplikasi biasanya dilengkapi dengan banyak alat, fungsi, dan peralatan digital untuk memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitasnya. Saat perangkat lunak aplikasi berjalan, semua aktivitasnya disimpan dalam memori jangka panjang perangkat (juga dikenal sebagai RAM). Game termasuk dalam kategori perangkat lunak aplikasi. Berikut ini adalah contoh perangkat lunak aplikasi.

  • Microsoft Word
  • lembar kerja
  • adobe premier
  • adobe photoshop
  • Google Chrome
  • spotify
  • pemindai kamera
  • tik tok
  • Go-Jek
  • Galeri foto

2. Perangkat lunak sistem

Sementara perangkat lunak aplikasi identik dengan membantu manusia menyelesaikan tugas digital, perangkat lunak sistem identik dengan mendukung kinerja perangkat lunak aplikasi. Menurut fungsi yang berbeda, perangkat lunak sistem dibagi lagi menjadi tiga kategori. Ada tiga kategori jenis perangkat lunak sistem:

semua. sistem operasi

sistem operasi Koleksi penting atau kumpulan perangkat lunak aplikasi yang dikelola oleh sistem yang mendasarinya. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem mirip orang tua yang mengakomodasi penggunaan pengoperasian perangkat lunak aplikasi. Tanpa sistem operasi, perangkat lunak aplikasi tidak dapat berjalan di komputer. Berikut adalah contoh sistem operasi.

  • jendela
  • linux
  • Mac OS
  • android
  • iOS
  • Ubuntu

hujan. driver perangkat

Driver perangkat adalah perangkat lunak sistem yang bertindak sebagai penghubung atau penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak. Misalnya, saat menggunakan aplikasi pengolah kata, Anda membutuhkan perangkat keras berupa keyboard untuk mengetik. Penggabungan keduanya dilakukan oleh device driver.

Benih. kegunaan

Utilitas adalah perangkat lunak sistem yang secara khusus diprogram untuk melakukan pemeliharaan dan pengelolaan komputer. Seperti driver perangkat, utilitas beroperasi tanpa perintah pengguna langsung. Mereka adalah perangkat lunak yang bergerak secara otomatis dan berjalan selama Anda menghidupkan komputer Anda. Contoh utilitas adalah perangkat lunak antivirus.

Perangkat lunak sistem terutama mengontrol fungsi internal komputer melalui sistem operasi, serta perangkat periferal seperti monitor, printer, dan perangkat penyimpanan. Perangkat lunak aplikasi, di sisi lain, bekerja sebaliknya. Dapat dikatakan berisi program apapun yang mengarahkan komputer untuk mengeksekusi instruksi yang diberikan oleh pengguna dan memproses data untuk pengguna.

Kamus Britannica

3. Perangkat lunak berbahaya

Perangkat lunak berbahaya adalah perangkat lunak yang utilitasnya merupakan target utama untuk menghindari ancaman terhadap komputer Anda. Perangkat lunak berbahaya adalah perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membahayakan atau mengganggu pengoperasian komputer. Perangkat lunak berbahaya juga disebut malware. Dalam banyak kasus, malware selalu identik dengan teknik kriminal yang dilakukan oleh individu digital melalui berbagai metode untuk menyerang komputer pengguna.

Baca juga: Temukan informasi menarik seputar malware dan cara mengatasinya.

Jenis perangkat lunak menurut distribusi

Jenis perangkat lunak juga dapat dibagi lagi menjadi metode distribusi dan fitur khusus yang berbeda. Tergantung pada distribusinya, ada beberapa jenis perangkat lunak berikut:

1. Firmware

Firmware adalah perangkat lunak hanya-baca. Pengguna memiliki tingkat kontrol yang rendah dalam firmware. Firmware biasanya merupakan penghubung antara aplikasi dan perangkat keras, hadir di setiap perangkat lunak aplikasi dan sistem operasi.

2. Perangkat Gratis

Freeware adalah sejenis aplikasi yang disediakan pengembang secara gratis. Ini berarti bahwa pengguna tidak perlu melakukan pembelian khusus untuk menggunakan perangkat lunak. Namun, secara umum, freeware memiliki fungsionalitas yang terbatas.

3. Sumber Terbuka

Open source adalah sejenis perangkat lunak bebas. Selain gratis, perangkat lunak open source menyediakan akses terbuka ke kode sumber pemrograman. Perangkat lunak open source dikembangkan oleh banyak pengembang. Setiap pengembang dapat memproses, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak. Salah satu tujuan pengembangan perangkat lunak open source adalah untuk menyediakan perangkat lunak terbaik dengan semua fitur sesuai dengan kebutuhan banyak pengguna. Tidak hanya akses gratis, tetapi pengguna dapat menggunakannya tanpa syarat khusus yang menghalangi penggunaan. Perangkat lunak open source kemungkinan akan terus berkembang berdasarkan keinginan penggunanya.

Contoh perangkat lunak aplikasi open source meliputi:

  • Blender: perangkat lunak aplikasi pemrosesan 3D
  • Open Office: Perangkat lunak aplikasi pengolah kata dan data

Contoh sistem operasi open source meliputi:

  • linux
  • Ubuntu
  • Debian
  • topi merah

Baca juga: Apa itu open source dan kelebihan dan kekurangannya

4. Adware

Adware adalah perangkat lunak gratis yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun reward yang diberikan berupa iklan yang sering muncul saat digunakan. Adware sering ditemukan pada software aplikasi yang digunakan pada sistem operasi Android. Contoh aplikasi adware adalah camscanner.

pekerjaan terkait perangkat lunak

Perangkat lunak, salah satu yang paling penting di dunia komputer dan digital, juga membuka peluang kerja di banyak bidang kompetensi. Berikut ini adalah contoh tindakan yang terkait dengan perangkat lunak.

1. Pengembang Perangkat Lunak

Saat merancang dan membangun perangkat lunak, Anda memerlukan tim pengembangan. pada kasus ini pengembang perangkat lunak Ada tiga tim utama yang mengembangkan perangkat lunak. Posisi kompetensi berikutnya untuk pengembang perangkat lunak adalah:

semua. Desainer UI/UX

Peran seorang desainer UI/UX sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari pengembangan perangkat lunak. Desainer UI/UX bertanggung jawab untuk mengimplementasikan desain UI/UX yang dipelajari oleh para insinyur perangkat lunak. Pada umumnya desainer UI/UX melakukan desain awal aplikasi pada aplikasi desain seperti figma dan adobe ilustrasi.

Baca juga: Jelajahi Pekerjaan Desainer UI UX dalam Pengembangan Produk Aplikasi

hujan. pengembang front-end

Perancang UI/UX mengimplementasikan target desain insinyur perangkat lunak dan kemudian menetapkan desain ke pengembang front-end. pengembang front-end Orang atau tim yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan formulir desain awal tim UI/UX ke dalam bahasa pemrograman. Hasil kinerja front-end developer biasanya menjadi acuan tindak lanjut kerjasama perusahaan pengembang aplikasi dengan klien. Hasil pengkodean awal yang dilakukan oleh front-end developer digunakan sebagai bahan presentasi atau sebagai pitch kepada klien, apakah desain aplikasi sesuai dengan keinginan klien atau tidak. Jika desain yang diajukan tidak mencapai persetujuan, desain dikirim kembali ke insinyur perangkat lunak untuk ditinjau.

Benih. pengembang backend

Setelah desain aplikasi disetujui, tugas selanjutnya adalah membuat database dan menyiapkan server untuk akses klien untuk pengembangan aplikasi. Pembuatan database dan persiapan server dilakukan oleh individu atau perusahaan Tim pengembang backend. Pengembang backend harus memiliki pemahaman tentang algoritma bahasa pemrograman dan struktur data.

D. pengembang tumpukan penuh

Di sisi lain, full-stack developer adalah posisi kompetensi yang mencakup kedua kemampuan di atas. Pengembang Full Stack harus memiliki pemahaman yang baik tentang semua meja kerja yang dilakukan oleh tim front-end dan back-end. Tentu saja, untuk menjadi full-stack developer, pertama-tama Anda membutuhkan pengalaman hebat sebagai front-end dan back-end developer.

2. Insinyur Perangkat Lunak

Berbeda dengan pengembang perangkat lunak yang lebih fokus pada pengkodean dan implementasi bahasa pemrograman. rekayasa Perangkat Lunak Anda memiliki tanggung jawab yang lebih luas. Rekayasa perangkat lunak adalah keterampilan kompetensi yang bertanggung jawab untuk menyusun strategi, meneliti, menganalisis, dan memelihara penggunaan perangkat lunak yang diminta oleh populasi yang beragam. pemangku kepentingan.

Baca juga: 15 Keterampilan yang Harus Dimiliki Setiap Pengembang Full Stack

kesimpulan

Sebagai software house dan konsultan IT yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak, Sekawan Media selalu berusaha membantu usaha kecil menengah dan berbagai organisasi membangun perangkat lunak. Dalam pengembangan perangkat lunak, kami memberikan layanan terbaik untuk semua aspek pengembangan aplikasi web, seluler, dan seluler. Layanan integrasi sistem lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang kami lakukan, kunjungi halaman layanan dan produk kami.

kami juga menyediakan Layanan Pengembangan Aplikasi Mendukung kebutuhan pengembangan aplikasi berbasis web, mobile dan desktop.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh dan Kesempatan Kerja

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Daftar Harga Paket Internet Axis​Januari 2022