NASA meluncurkan teleskop James Webb untuk mempelajari sejarah Bumi

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Badan antariksa AS baut Teleskop James Webb diluncurkan ke luar angkasa untuk mempelajari pembentukan Bumi di galaksi.

Teleskop Luar Angkasa James Webb diluncurkan sebagai roket di lepas pantai Amerika Latin pada Sabtu, 25 Desember 2021, pada saat Natal, menurut berita Reuters pada Minggu.

teleskop james webb Setelah dua minggu di luar angkasa, ia akan mencapai orbit Matahari satu juta mil dari Bumi, yang berjarak sekitar empat kali lebih jauh dari Bulan.

Orbit teleskop Webb bertepatan dengan orbit Bumi, sehingga teleskop dan Bumi mengorbit Matahari pada waktu yang sama.

teleskop Pendahulunya, Hubble, mengorbit Bumi pada jarak 340 mil, melewati bayangan Bumi setiap 90 menit. Teleskop Webb sekitar 100 kali lebih sensitif daripada Hubble.

Teleskop ini dinamai James Webb, salah satu kelalaian NASA pada 1960-an.

Teleskop James Webb memberi kita gambaran sekilas tentang bagian Bumi yang sebelumnya tidak terlihat, sekitar 100 juta tahun setelah Big Bang. Ledakan tersebut diperkirakan terjadi 13,8 miliar tahun yang lalu.

Bidang pandang Hubble bisa mencapai 400 juta tahun setelah Big Bang, periode pertama segera setelah pembentukan galaksi, ketika gugus bintang dan gas baru terbentuk.

Teleskop Webb mampu melihat objek secara lebih rinci, serta tanda-tanda samar galaksi awal.

Perangkat ini juga dilengkapi untuk menyelidiki kemungkinan adanya atmosfer yang mendukung kehidupan di sekitar planet ekstrasurya yang baru saja didokumentasikan.

di antara

Untuk membaca:
Teleskop James Webb diluncurkan pada Natal karena angin palsu.

Selalu up-to-date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk mendaftar. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Baca Juga:  Top 3 Techno News Kemarin: Berita Gempa Nias dan 2 Semeru



Terimakasih Ya sudah membaca artikel NASA meluncurkan teleskop James Webb untuk mempelajari sejarah Bumi

Dari Situs Fikrirasy ID