Top 3 Techno News Hari Ini: PLTS Portable ITB, Ponsel Snapdragon 8 Gen 1

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – 3 teknologi utama Berita hari ini Tim pengajar dan mahasiswa dari Universitas Teknik Bandung (ITB) memulai dengan topik membuat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) portabel. Ketika kontes diadakan dalam Kontes Kertas Laut 2021 yang diselenggarakan oleh Sepulu University of Technology pada bulan November, karya tahun lalu menempati urutan pertama.

Berikut adalah berita terbaru untuk dua merek berbeda: Telepon selular Motorola Moto Edge X30 dan realme GT 2 Pro terbaru hari ini Kamis 9 Desember 2021. Menjelang peluncurannya, beberapa informasi mengenai spesifikasi kedua ponsel tersebut telah bocor secara online.

Selain itu, Afrika Selatan melaporkan hampir 20.000 kasus baru infeksi Covid-19 pada Rabu, 8 Desember 2021. Jumlah ini merupakan rekor tertinggi. Varian Omikron 36 kematian baru terkait penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 telah terdeteksi.

Berikut adalah tiga berita terpanas dari saluran Tekno.

1. PLTS portable keluaran 80 watt buatan ITB berhasil meraih juara.

Tim dosen dan mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat sistem tenaga surya portabel (PLTS). Ketika kontes diadakan dalam Kontes Kertas Laut 2021 yang diselenggarakan oleh Sepulu University of Technology pada bulan November, karya tahun lalu menempati urutan pertama.

Alat yang diberi nama SPITS singkatan dari Solar Power Plant with Internet of Things System ini dilombakan oleh Muhammad Miqdad Nadra, Dicky Dwi Putra dan Ramadani Putri. Saya mahasiswa ITB di Jurusan Teknik Komunikasi tahun 2017 dan Teknik Geodesi tahun 2018.

Menurut Dicky, alat itu bisa beroperasi di daerah bencana yang aliran listriknya terputus. Dia mencontohkan gempa dan tsunami Palu 2018 yang juga merusak fasilitas pasokan listrik. “Perbaikan akan memakan waktu lama, tetapi kebutuhan masyarakat sekitar energi listrik menjadi prioritas,” katanya di situs ITB, Kamis, 9 Desember 2021.

SPITS juga dapat dipasang di lokasi terpencil. Secara garis besar, SPITS memiliki dua sistem terintegrasi: tenaga surya off-grid atau tenaga surya dan sistem manajemen energi. Dalam sistem, pengguna dapat melihat kapasitas daya baterai serta jumlah daya, tegangan dan arus yang digunakan.

2. Kami meluncurkan ponsel Snapdragon 8 Gen 1, Moto Edge X30 dan Realme GT 2 Pro hari ini.

Dua merek berbeda akan meluncurkan ponsel terbaru mereka, Motorola Moto Edge X30 dan realme GT 2 Pro, pada Kamis, 9 Desember 2021. Sebelum diluncurkan, beberapa informasi mengenai spesifikasi kedua ponsel tersebut sempat bocor secara online.

Baca Juga:  Industri manufaktur menjadi target utama para penjahat dunia maya

Motorola telah membagikan gambar ponsel yang menunjukkan seperti apa bagian belakangnya. Smartphone ini diharapkan diluncurkan dalam dua pilihan warna: Autumn Shadow dan Chiong Tai Snow, dengan pengaturan tiga kamera belakang yang disejajarkan secara vertikal.

Selain itu, sebagai merek yang didirikan di Chicago, AS, baru-baru ini merilis gambar langsung dari layar smartphone dan mengkonfirmasi peluncuran smartphone yang dilengkapi dengan kamera depan 60 megapiksel di bawah layar.

Tiga kamera belakang hadir dengan sensor utama 50MP, ultra-lebar 50MP, dan kedalaman 2MP. Smartphone ini diharapkan menjadi salah satu ponsel Android pertama yang menampilkan chip Snapdragon 8 Gen 1 terbaru.

3. Hampir 20.000 Kasus Covid-19 Dilaporkan di Afrika Selatan, Tertinggi Sejak Deteksi Omicron

Afrika Selatan melaporkan hampir 20.000 kasus baru infeksi Covid-19 pada Rabu, 8 Desember 2021. Jumlah ini merupakan yang tertinggi sejak ditemukannya mutasi omicron, yang mengakibatkan 36 kematian baru terkait penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2.

Mengingat hanya sejumlah kecil sampel yang diurutkan, tidak jelas berapa banyak kasus yang disebabkan oleh strain baru Omicron. Namun, para ahli percaya bahwa COVID-19, yang telah diklasifikasikan sebagai varian kekhawatiran (VOC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memimpin penularan keempat di Afrika Selatan.

Bukti awal menunjukkan bahwa Omicron lebih menular daripada jenis sebelumnya, tetapi dapat mengakibatkan tingkat rawat inap yang lebih rendah dan gejala yang kurang parah, terutama pada pasien yang divaksinasi. Tetapi berita tentang kemunculan galur itu berdampak buruk pada ekonomi Afrika Selatan, yang mengakibatkan larangan perjalanan internasional sejak para ilmuwan mengidentifikasi galur itu bulan lalu. Simak 3 berita tekno Teratas lainnya di Fikrirasy.ID.co hari ini.

Untuk membaca:
Top 3 Techno News of the Day: 4 Negara Erupsi, Partai Eropa Jadi Gugus Omicron

selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Top 3 Techno News Hari Ini: PLTS Portable ITB, Ponsel Snapdragon 8 Gen 1

Dari Situs Fikrirasy ID