Kominfo Fokus Selesaikan Enam Arah Strategis Roadmap Digital Indonesia

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Menteri Informasi dan Komunikasi (informasi) Johnny G. Plate membahas realisasi dan evaluasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara tahun anggaran 2021 dalam rapat kerja dengan Komite I DPR di ruang rapat Komite I DPR di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa. , 22 Maret 2022.

Johnny mengatakan, Departemen Komunikasi dan Intelijen sedang fokus pada alokasi anggaran untuk menyelesaikannya. Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. “Kami berkomitmen untuk menyelesaikan Roadmap Indonesia Digital 2021-2024, salah satu dari lima arahan Presiden Joko Widodo tentang percepatan transformasi digital yang disampaikan pada 3 Agustus 2020,” katanya.

Menurut Johnny, isu dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 transformasi digital Ini akan menjadi salah satu dari enam pendekatan utama pembangunan nasional.

Ia menjelaskan, “Tujuan Roadmap Indonesia Digital 2021 2024 adalah untuk memberikan arah, kebijakan, implementasi atau gambaran implementasi dan tujuan yang ingin dicapai dalam percepatan transformasi digital di Indonesia.”

Johnny menambahkan, Roadmap Digital Indonesia memiliki enam arah strategis yang diturunkan dari lima arahan Presiden. Arah strategis pertama adalah membangun infrastruktur dan konektivitas digital yang komprehensif, aman, dan andal dengan layanan berkualitas tinggi.

Kedua, membangun lembaga pemerintahan digital yang terbuka dan terintegrasi untuk meningkatkan pelayanan publik.

Ketiga, dengan menetapkan TKDN untuk 4G sebesar 35% dan TKDN untuk 5G sebesar 35%, kata Johnny, untuk mengubah Indonesia dari negara konsumen menjadi produsen teknologi melalui investasi di berbagai platform, produk, dan sistem yang memiliki kepentingan strategis nasional.”

Arah strategis keempat adalah menyelaraskan regulasi dan meningkatkan pendanaan untuk mendorong inovasi.

“Tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan payung regulasi yang penting dan mix atau financial union untuk mendukung perkembangan digitalisasi Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:  9 Pilihan Fast Charging HP Rp 1 Juta Terbaru Jan 2022

Arah strategis kelima adalah memperkuat kapabilitas digital di area prioritas untuk meningkatkan daya saing geopolitik dan mendorong pertumbuhan kualitatif.

Dan yang keenam adalah memberdayakan masyarakat Indonesia untuk membangun budaya digital, memanfaatkan bonus demografi dan mengembangkan dunia digital,” ujar Johnny.

Menkominfo menjelaskan, Roadmap Indonesia Digital 2021 2024 merupakan panduan strategis untuk mendorong transformasi digital Indonesia di empat sektor: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

“Untuk memungkinkan transformasi digital yang inklusif, 100 inisiatif pertama dipetakan di 10 sektor prioritas termasuk transportasi dan pariwisata digital, perdagangan digital, layanan keuangan digital, media dan Fikrirasy.ID digital, pertanian dan perikanan digital, serta real estat dan kota digital. . , pendidikan digital. , kesehatan digital, digitalisasi industri, digitalisasi instansi pemerintah.”

Menurut Johnny, 10 sektor prioritas tersebut membutuhkan ketersediaan layanan spektrum frekuensi yang memadai di semua level pita. pita rendah, pita cakupan juga bukan band tinggi.

Ia menjelaskan, “Target Roadmap Indonesia Digital 2021 2024 adalah seluruh kementerian dan lembaga terkait, pelaku usaha dan masyarakat umum di tingkat pemerintah atau pusat dan daerah.”

Menurut Menkominfo, dalam penyusunan RPJMN 2020-2024, Kemkominfo melakukan benchmark dengan kurang lebih 42 negara di dunia yang melibatkan badan perwakilan kementerian dan lembaga, termasuk dunia usaha dan sektor yang lebih luas. masyarakat. Partisipasi.

“Ini adalah peran yang sangat besar yang dimainkan oleh Komite 1 DPR RI dalam mempersiapkan kemungkinan pembiayaan untuk pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pembangunan konektivitas.” ke hulu Indonesia Digital,” ujarnya.

Baca:
Kominfo Buka Program Beasiswa Magister Domestik dan Internasional

selalu memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kominfo Fokus Selesaikan Enam Arah Strategis Roadmap Digital Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID