BMKG Deteksi Gempa Pertama di Sumbawa Tahun 2022, Seberapa Kuat?

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika atau BMKG Record 2 gempa bumi Gempa pertama tahun ini melanda Sumbawa di pulau barat Nusa Tenggara. Keduanya terjadi pada pagi dan sore hari Minggu, 2 Januari 2022.

Yang pertama berkekuatan 3,2 pada 09.41 WIB. Pusat gempa berada di 22 km timur laut Lombok timur, pada kedalaman 9 km. Gempa kedua berkekuatan M4.2 pada pukul 20.45 WIB. Pusat gempa juga terjadi di kedalaman 100 km di bawah laut, 35 km barat daya Dompu.

Kedua gempa tersebut diukur intensitasnya hingga Fikrirasy.ID MMI III, atau dirasakan senyata truk yang melewati rumah tersebut.

Gempa bumi terbaru berkekuatan 5,0 atau lebih besar yang tercatat oleh BMKG terjadi pada pagi hari Senin, 3 Januari 2022. Pusat gempa WIB 05:44 terjadi di lepas pantai 81 km barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara. Gempa M5.0, yang terjadi pada kedalaman 43 km, tidak terdeteksi di permukaan.

Sementara itu, BMKG menyebutkan Indonesia akan mengalami hingga 10.570 gempa selama tahun 2021. Gempa telah terjadi pada berbagai Fikrirasy.ID dan kedalaman, yang berasal dari sumber lempeng subduksi seismik dan sesar aktif.

Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan di akun media sosialnya Senin pagi, “Jumlah ini sebenarnya meningkat dibandingkan dengan 8.264 aktivitas gempa pada tahun 2020.”

Baca lebih lajut:
Bukti Tsunami Banten 2018 Bukan Penyebab Letusan Anak Krakatau


selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel BMKG Deteksi Gempa Pertama di Sumbawa Tahun 2022, Seberapa Kuat?

Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Skin Mobile Legend Gratis!

Dari Situs Fikrirasy ID