Kebocoran Gas Beracun PLTP Dieng, Apa Itu Hidrogen Sulfida?

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Seorang pekerja meninggal dunia akibat terkena kebocoran di rig Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. gas beracun Sabtu, 12 Maret 2022 Hidrogen sulfida (H2S). Banyak lainnya dibawa ke rumah sakit.

Iqbal Alma, Manajer Advokasi dan Kampanye Jawa Tengah pada Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), mengatakan, kejadian tersebut menjadi alasan warga menolak membangun pembangkit listrik kedua. PLTP Dieng. “Karena lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk,” kata Iqbal.

lokasi kebocoran gas baik pad Unit 28 milik PT Geo Dipa Energi di Dusun Pawuan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur. Wakil Kapolres Banjarnegara Hendri Yulianto mengatakan, “Kecelakaan kerja ini berawal dari kegiatan pembersihan sumur.

Apa kebocoran hidrogen sulfida dari PLTP Dieng?

Menurut Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, hidrogen sulfida (H2S) adalah gas tidak berwarna dengan bau telur busuk. Gas ini beracun dan juga mudah terbakar. Orang yang menghirup gas beracun mungkin masih bertahan hidup pada tingkat yang rendah.

Andri Sulistyo, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara, misalnya, mengatakan, dalam peristiwa PLTP Dieng, korban mengalami kejang, sesak napas, dan muntah-muntah. Seperti dikutip dalam , satu orang meninggal karena menghirup asap beracun. di antara.

Hidrogen sulfida lebih berat daripada udara, sehingga terkumpul di tempat yang lebih rendah. Jika bocor di ruang tertutup, dampaknya sangat berbahaya bagi manusia. Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, hidrogen sulfida dapat meledak jika dibiarkan di ruangan panas atau wadah sempit terlalu lama.

Baca Juga:  Berbicara tentang pelatih Acil dan James, RRQ Xin mengungkapkan perbedaan ini.

Secara alami, hidrogen sulfida terbentuk dari sumur minyak, gunung berapi, sumber air panas, gas alam, dan aktivitas gunung berapi. Gas ini juga dapat dibentuk oleh bakteri pengurai organik, kotoran manusia dan hewan. Bakteri yang ditemukan di mulut dan saluran pencernaan seseorang juga menghasilkan hidrogen sulfida.

Hidrogen sulfida adalah bagian dari lingkungan alam. Hidrogen sulfida biasanya terurai di udara, jadi paparan kemungkinan akan berlanjut hanya jika orang-orang dekat dengan sumber gas.

Efek Utama Paparan Gas Beracun Mengutip Departemen Kesehatan Negara Bagian New York hidrogen sulfida Jangka pendek atau jangka panjang pada hewan laboratorium akan mengiritasi hidung dan paru-paru. Ada juga efek kerusakan otak. Efeknya sama seperti yang dialami orang yang menghirup hidrogen sulfida.

Hendrick Koirul Muhid

Baca: Keracunan gas di sumur PLTP Dieng, 1 pekerja tewas dan 7 dirawat

selalu memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kebocoran Gas Beracun PLTP Dieng, Apa Itu Hidrogen Sulfida?

Dari Situs Fikrirasy ID