Integrasikan PeduliLindung dengan aplikasi Arab Saudi di tahap akhir

Fikrirasy.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan integrasi sistem Tawakkalna dengan aplikasi PeduliLindung Arab Saudi sebagai syarat pelaksanaan umroh di masa pandemi COVID-19 sudah dalam tahap akhir.

“Kami berharap dengan adanya integrasi aplikasi ini akan memudahkan gereja kita untuk menjalankan ibadah umrah,” kata Menteri Agama Yaqut dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komite VIII DPR RI di Jakarta, Selasa. Nopember 2021).

Menag mengatakan, tim dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan serta Kementerian Kesehatan pergi ke Arab Saudi untuk bertemu dengan otoritas terkait untuk menyelesaikan proses konsolidasi aplikasi pengujian COVID-19.

Sebelumnya, aplikasi PeduliLindung tidak dapat terbaca pada sistem yang dikembangkan oleh pemerintah Arab Saudi. Padahal, salah satu syarat masuk Tanah Suci adalah harus divaksinasi.

Baca juga:
Anggota parlemen khawatir tentang varian Omicron. Kalau Umrah Desember, Ini Tanggapan Menteri Agama.

“Kementerian Luar Negeri dan Kesehatan menjembatani. Jadi untuk mengintegrasikan PeduliLindungi dan Tawakkalna ke dalam proses akhir.”

Dalam RDP tersebut, Menag juga memaparkan persiapan pelaksanaan ibadah umrah 1443 H sebagai alur rencana dan proses persiapan di dalam dan luar negeri.

Salah satu yang dijelaskan Menag adalah penyusunan rencana OGT (One Gate Policy) atau sistem kendali pusat keberangkatan jemaah umrah.

Kebijakan One Gate meliputi pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan PCR/Swab, pemeriksaan status imunisasi, pemeriksaan keimigrasian, pengurusan dokumen perjalanan dan karantina sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Asrama Haji Pondok Gede akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan skema OGT karena memiliki akomodasi yang memadai dan fasilitas kesehatan yang baik.

Baca juga:
Kemenkes: PeduliLindung akan mendeteksi semua penyakit menular di Indonesia.

“Hal ini tidak hanya untuk melindungi keamanan dan keselamatan jemaah umrah, tetapi juga untuk meyakinkan mitra kami di Arab Saudi bahwa Indonesia serius dan siap dalam mempersiapkan jemaah umrah dengan penerapan protokol kesehatan standar sejak sebelum keberangkatan,” ujarnya. kata. Menteri Agama. [Antara]

Baca Juga:  BRIN menggunakan teknologi nuklir untuk membuat plastik ramah lingkungan.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Integrasikan PeduliLindung dengan aplikasi Arab Saudi di tahap akhir

Dari Situs Fikrirasy ID