Malware Joker kembali, memengaruhi 500.000 ponsel Android

Fikrirasy.ID – Sebuah perusahaan keamanan siber kembali untuk ditemukan. perangkat lunak perusak Joker yang muncul di ponsel Android. Kali ini, kode berbahaya menyerbu melalui aplikasi bernama Color Message.

Aplikasi perpesanan warna ini memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi pesan SMS default mereka. Sayangnya, aplikasi ini sebenarnya perangkat lunak perusak pelawak.

Setelah diinstal, perangkat lunak perusak Joker ini bisa melakukan tiga hal. Pertama, malware dapat memonetisasi iklan berbahaya dengan mensimulasikan klik.

lilin, perangkat lunak perusak Pengguna diam-diam mengaktifkan layanan berbayar untuk menyedot pulsa atau tagihan palsu.

Baca juga:
Apa itu kotak pasir: deskripsi, cara kerjanya, dan manfaatnya

ketiga, perangkat lunak perusak Anda dapat mengakses data kontak dan mengirim informasi. peretas.

mengutip Sammobil, Kamis (23 Desember 2021), perangkat lunak perusak Joker sulit dideteksi karena memiliki jejak tersembunyi.

Ilustrasi joker. [Pixabay/bluebudgie]
Ilustrasi joker. [Pixabay/bluebudgie]

aplikasi pesan warna yang terinfeksi perangkat lunak perusak Itu juga menyembunyikan ikon aplikasi setelah diinstal, sehingga sulit bagi pengguna untuk menemukannya.

Pesan Warna dikatakan telah terhubung ke server Rusia. Aplikasi ini juga dapat bekerja pada perangkat yang menjalankan Android 6.0 atau sistem operasi yang lebih tinggi.

Untungnya, Google telah menghapus Pesan Warna dari toko aplikasi Play Store. Namun, aplikasi tersebut telah diunduh oleh lebih dari 500.000 pengguna Android.

Baca juga:
6 Game Memasak Terbaik untuk Ponsel Android dengan Nilai 4.5 Bintang

Baca Juga:  Pengertian, Fitur dan 3 Manfaat VA

Pengguna dengan Pesan Warna terinstal disarankan untuk mencopot pemasangan aplikasi.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Malware Joker kembali, memengaruhi 500.000 ponsel Android

Dari Situs Fikrirasy ID