Ulasan Samsung Galaxy A03 Core – 1 juta ponsel dengan masa pakai baterai yang lama

Fitur Samsung-Galaxy-A03Core

Ponsel yang bersaing dengan ponsel entry-level Indonesia, Samsung Galaxy A03 Core didukung RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, mencapai Rp 1.199.000.

Samsung Galaxy A03 Core ini mendukung layar lebar dengan poni berbentuk waterdrop di atasnya. Sedangkan baterai berkapasitas tinggi menopang satu umur ponsel ini.

Untuk harga yang mungkin dianggap terjangkau, Samsung harus mengubah spesifikasi perangkat keras dan fitur yang ada di dalam Galaxy A03 Core.

Samsung Galaxy A03 Inti

  • layar – 6/10
  • Pertunjukan – 6/10
  • kamera – 6/10
  • baterai – 9/10
  • perangkat lunak – 7/10
  • desain – 7/10

6.8/10

kesimpulan

Samsung Galaxy A03 Core ini merupakan ponsel entry-level dengan daya tahan baterai yang lama. Layar penuhnya juga cukup lebar, mencapai 6,5 inci. Namun performa yang dibawanya terasa kurang bertenaga.

Keuntungan

  • layar lebar
  • masa pakai baterai yang lama

kerugian

  • Kapasitas RAM dan ROM kecil
  • penampilan buruk
  • Foto tidak bagus di malam hari.

Samsung-Galaxy-A03Core-FrontStand

Bagian depan ponsel ini memiliki layar penuh berukuran 6,5 inci dengan teknologi PLS TFT dan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel), sehingga meski terasa kurang tajam, tetap bisa menampilkan konten dengan baik.

Terlebih lagi, Anda tidak dapat melihat konten di layar dengan jelas di bawah terik matahari.

Bezel ponsel ini tidak terlalu besar, sehingga Anda dapat dengan nyaman menonton konten video atau melihat foto. Poni pada Samsung Galaxy A03 Core dimaksudkan untuk meminimalkan bezel atas dan menjadi rumah bagi kamera depan.

Layar perangkat ini mudah kotor dengan debu atau sidik jari saat disentuh. Saat Anda menyentuh layar dengan jari, terasa kasar, sehingga navigasi atau proses mengetik tidak terasa mulus.

Cover belakang Galaxy A03 Core menggunakan bahan plastik anti slip yang nyaman digenggam dengan satu tangan. Saya menggunakan Galaxy A03 Core berwarna hitam dan terlihat polos.

Samsung-Galaxy-A03Core-BackHandsOn

Untuk menekan harga, Samsung tidak menyertakan soft case atau earphone ekstra dalam paket penjualannya.

Namun, Galaxy A03 Core box dilengkapi dengan kartu garansi, manual, adaptor charger, kabel data, SIM Ejector dan kartu perdana Telkomsel.

Di sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan power. Baki SIM di sebelah kiri memiliki tiga slot: satu slot kartu microSD dan dua slot kartu SIM.

Menengok ke bawah, Anda masih akan menemukan port jack audio 3.5mm, microUSB, dan lubang speaker.

Samsung-Galaxy-A03Core-HalfCameraDiagonal

Hanya dengan Rp 1 juta, Anda harus menerima hasil bahwa ponsel ini hanya memiliki kamera belakang 8MP (bukaan f/2.0) dan kamera depan 5MP (bukaan f/2.2).

Kamera belakang ini dapat menghasilkan gambar yang bagus dalam kondisi pencahayaan yang cukup atau di siang hari. Namun, dalam kondisi malam hari, gambarnya berisik dan terlihat buram.

Sekali lagi, perangkat ini tidak memiliki kamera sudut ultra lebar, sehingga tidak nyaman menggunakan mode panorama, sehingga Anda dapat mengambil foto dengan area yang luas.

Samsung-Galaxy-A03Core-FrameStreet

Samsung-Galaxy-A03Core-StreetShadow

Samsung-Galaxy-A03Core-Home

Samsung-Galaxy-A03Core-AEONMall

Perbaikan Samsung-Galaxy-A03Core-Panorama

panorama

Samsung-Galaxy-A03Core-GateNight

Samsung-Galaxy-A03Core-Tree

Kamera depan formal hanya bisa membuat foto selfie standar tanpa efek keindahan atau bokeh. Ada banyak kebisingan bahkan saat mengambil selfie di malam hari.

Samsung-Galaxy-A03Core-SelfieSore

Samsung-Galaxy-A03Core-SelfieNight

Ponsel ini hanya memiliki spesifikasi sederhana yang dipadukan dengan chipset Unisoc SC9863A (28nm) Octa-Core 1.6GHz, RAM 2GB, dan penyimpanan internal 32GB.

Teknologi arsitektur yang dibawa oleh chipset Unisoc hanya 28nm, yang tidak seefisien chipset masa kini seperti 12nm, 10nm atau 7nm.

Dari segi RAM dan penyimpanan internal, rasanya kurang mengingat aplikasi dan game saat ini membutuhkan penyimpanan dalam jumlah besar.

Baca Juga:  13 Solusi Kenapa Paket Data Tidak Bisa Digunakan Padahal Masih Banyak

Penyimpanan internal juga digunakan oleh sistem, menyisakan ruang kosong yang lebih kecil sekitar 28 GB untuk menginstal aplikasi dan game.

Samsung-Galaxy-A03Core-FrontHandsOn

Untuk menjaga kinerja tetap stabil saat berjalan pada spesifikasi perangkat keras yang wajar, Samsung juga menawarkan sistem operasi Android 11 Go Edition, yang dioptimalkan untuk berjalan dengan lancar di ponsel dengan RAM 1GB atau 512MB.

Android 11 Go Edition pada Samsung Galaxy A03 Core memiliki antarmuka sederhana seperti OneUI, sehingga memudahkan navigasi, beralih menu, atau mengakses aplikasi.

Dengan hanya 2GB RAM, Anda tidak dapat menjalankan terlalu banyak aplikasi multitasking. Rata-rata, saya hanya menjalankan 2-4 aplikasi sekaligus dan menutupnya saat tidak digunakan agar ponsel saya tidak cepat lag.

Samsung-Galaxy-A03Core-OneUI

Selain itu, karena kapasitas internalnya sangat kecil, Anda tidak dapat menginstal banyak aplikasi dengan bebas. Saya harus menghapus atau mencopot beberapa aplikasi atau game untuk mencoba sesuatu yang baru.

Notifikasi dari aplikasi WhatsApp, Facebook Lite dan Instagram juga terasa sedikit tertunda dibandingkan dengan pesan. Untuk alasan ini, saya harus membuka aplikasi secara berkala agar tidak ketinggalan pesan penting.

Game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile membutuhkan grafik dan frame rate terendah untuk berjalan dengan lancar. Biasanya, game-game ini akan terasa lag saat dijalankan pada grafik dan framerate sedang.

Dalam pengujian menggunakan benchmark AnTuTu V9.2.3, Samsung Galaxy A03 Core mencetak total skor 87.917. Dalam tes Geekbench 5.4.3, skornya 122 untuk single core dan 424 untuk multi-core.

Samsung-Galaxy-A03Core-PerformanceBenchmark

Dalam pengujian sehari-hari, bermain game, dan penggunaan aplikasi benchmarking, ponsel terasa kurang bertenaga. Namun, dalam hal daya tahan baterai, Galaxy A03 Core bisa diandalkan.

Samsung telah mempercayakan baterai 5.000mAh sebagai sumber energi kehidupan untuk inti Galaxy A03. Untuk menguji berapa lama perangkat ini akan bertahan, kami juga mengujinya menggunakan aplikasi Android dan PCMark untuk penggunaan sehari-hari.

Samsung-Galaxy-A03Core-BackStand

Untuk menguji menggunakan PCMark untuk Android, digunakan parameter masa pakai baterai Work 3.0, tingkat kecerahan layar mencapai 50% dan baterai dimulai pada kapasitas 100%.

Berdasarkan uji aplikasi benchmark, Samsung Galaxy A03 Core mampu meraih skor 15 jam 43 menit.

Untuk aktivitas sehari-hari, saya sendiri menggunakan ponsel ini untuk membuka dan berinteraksi dengan aplikasi jejaring sosial, chatting, email, menggunakan panggilan telepon, SMS dan sesekali memutar musik. Alhasil, Samsung Galaxy A03 Core mampu bertahan selama 16 jam 8 menit dengan screen-on time 5 jam 5 menit.

Samsung-Galaxy-A03Core-BatteryBenchmark

Pengujian ini menunjukkan bahwa daya tahan baterai ponsel ini cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Namun bila dipersenjatai dengan adaptor charger dengan output 7.75W, dibutuhkan waktu 3 jam 16 menit dari 20% hingga 100%, sehingga pengisian baterai tidak cepat.

Tata Letak Samsung-Galaxy-A03Core

Setelah beberapa minggu pemakaian, Samsung Galaxy A03 Core masih memiliki keterbatasan performa yang membuat tidak nyaman saat bermain game.

Namun, ponsel ini bisa berjalan dengan lancar jika Anda hanya menjalankan aplikasi chatting, jejaring sosial atau email.

Ponsel entry-level, Samsung Galaxy A03 Core, memiliki daya tahan baterai yang lama dan layar yang lebar. Perangkat ini juga mendukung jaringan 4G-LTE.

Di sisi lain, untuk urusan kamera, terutama saat memotret dengan kamera depan dan belakang di malam hari, masih terasa kurang.

Bagi yang beralih dari feature phone ke smartphone yang mendukung jaringan 4G-LTE dengan harga terjangkau, namun tidak terlalu peduli dengan kamera atau performa, menurut saya Galaxy A03 Core masih cocok untuk dipinjamkan.

Bagi yang menginginkan ponsel dengan performa dan fitur kamera yang lebih tinggi, Anda bisa berinvestasi sedikit lebih banyak dan memilih ponsel Samsung Galaxy A series.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan Samsung Galaxy A03 Core – 1 juta ponsel dengan masa pakai baterai yang lama

Dari Situs Fikrirasy ID