Ulasan iPhone 13 – Sedikit Lebih Baik, Tapi Lebih Sempurna

Apple iPhone 13

Angka 13 mungkin memberikan kesan negatif bagi sebagian orang, namun Apple sepertinya tidak peduli dengan mempertahankan nama iPhone 13 untuk iPhone terbaru mereka.

IPhone 13 agak mirip dengan iPhone 12 sebelumnya. Jika Anda mencari pembaruan penting, Anda mungkin akan kecewa.

Berbeda dengan seri Pro dan Pro Max sebelumnya yang saat ini mendukung refresh rate 120Hz, iPhone 13 tetap mendapat pembaruan, terutama daya tahan baterai yang lebih lama, chipset baru yang bertenaga, dan kamera yang lebih Fikrirasy.ID.

iPhone 13

  • layar – 9/10
  • Pertunjukan – 10/10
  • kamera – 9/10
  • baterai – 9/10
  • perangkat lunak – 9/10
  • desain – 9/10

9.2/10

Ringkasan

Secara keseluruhan, iPhone 13 adalah ponsel yang relatif mahal tapi bagus. Namun, jika Anda sudah memiliki iPhone 12 dan ingin memutakhirkan ke iPhone 13, iPhone 13 mungkin tidak terasa seperti peningkatan.

Keuntungan

  • kamera memuaskan
  • masa pakai baterai yang lama
  • kinerja yang kuat
  • Layar berkualitas tinggi dan poni lebih kecil
  • Kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar

kerugian

  • Itu belum mendukung kecepatan refresh yang tinggi.
  • tidak nyaman untuk dipegang
  • pengisi daya tidak termasuk
  • relatif agak mahal

Apple iPhone 13

Desain iPhone 13 sangat mirip dengan iPhone 12, dengan sisi kotak dan kamera yang menonjol. Ukurannya juga mirip dengan iPhone 13, meski sedikit lebih tebal. Perbedaan yang paling mencolok adalah posisi kamera diagonal, yang tampaknya mengakomodasi ukuran kamera yang lebih besar.

iPhone 13 hadir dalam lima varian warna: merah, pink, putih, hitam, dan biru. Sangat disayangkan Apple tidak lagi menjaga iPhone 12 tetap hijau. Saya pikir itu sangat bagus.

Dalam review ini, saya menggunakan varian warna biru yang terlihat biru muda dan enak dipandang. Bagian belakang ponsel memiliki lapisan glossy dan bagian samping memiliki lapisan matte, memberikan tampilan yang lebih gaya.

Bagian samping iPhone 13 memiliki tombol standar seperti kontrol volume, kontrol senyap, dan tombol samping, serta slot kartu SIM dan konektor Lightning.

IPhone 13 masih nyaman di satu tangan berkat ukurannya yang tidak terlalu besar dan bobotnya yang hanya 173g. Namun, sisi kotak sedikit mengurangi kenyamanan untuk penggunaan jangka panjang. Solusi saya untuk ini adalah menggunakan kasing tambahan.

Apple iPhone 13

iPhone 13 menggunakan layar Super Retina XDR OLED 6,1 inci dengan tingkat kecerahan khas 800 nits dan hingga 1.200 nits, memungkinkan layar ini menampilkan warna-warna cerah dan hidup dalam berbagai situasi.

Layar iPhone 13 terasa memuaskan saat menonton film, dan terdapat speaker stereo berukuran besar di dalamnya.

Sangat disayangkan Apple tidak memperkenalkan teknologi refresh rate 120Hz ke iPhone 13. Kecepatan refresh tinggi ini khusus untuk seri Pro dan Pro Max. Agak mengecewakan melihat kecepatan refresh 120Hz menjadi standar untuk flagships hari ini.

Apple iPhone 13

Poni di layar iPhone 13 kini sedikit lebih kecil dari generasi sebelumnya. Apple tampaknya masih bertahan dengan penggunaan poni untuk kamera depan dan penempatan ID Wajah.

Namun, di era pandemi saat ini dimana masker sering digunakan, Face ID seringkali merepotkan karena tidak mengenali wajah Anda saat menggunakan masker.

Jika itu untuk membuka kunci ponsel Anda, tidak ada masalah dengan memasukkan PIN Anda secara manual. Namun, aplikasi tertentu yang mengaktifkan ID Wajah mengharuskan Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi, yang lebih merepotkan.

Apple iPhone 13

Untuk dapur pacunya, iPhone 13 menggunakan chipset terbaru A15 Bionic. Performanya tidak diragukan lagi cepat untuk berbagai keperluan. Sejauh ini kami tidak memiliki masalah kinerja.

IPhone 13 tidak mendukung kecepatan refresh 120Hz, tetapi animasi yang ditampilkan saat mengoperasikan ponsel ini masih mulus.

Bagi pecinta game, iPhone 13 dapat menghancurkan game populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile di pengaturan grafis tinggi.

Salah satu hal yang menarik dari iPhone 13 adalah penyimpanan internal terendahnya sekarang menjadi 128GB, bukan 64GB lagi. Dan ini sama dengan harga iPhone 12 dengan kapasitas 64GB.

Peningkatan ini harus diakui karena penyimpanan 64GB saat ini sudah terlalu kecil mengingat aplikasi saat ini dapat mencapai ukuran 1 GB atau lebih dan konten multimedia menjadi semakin umum.

Baca Juga:  Ulasan: realme Buds Air 3, flagship TWS harga rendah

Apple iPhone 13

Anda mungkin berpikir bahwa yang baru dari kamera iPhone 13 adalah posisinya yang sekarang diagonal, tetapi sepertinya iPhone 13 sebenarnya menggunakan kamera utama yang sama dengan iPhone 12 Pro Max yang lebih Fikrirasy.ID.

Hal ini juga yang menyebabkan kamera iPhone 13 menjadi lebih besar dan mau tidak mau harus diposisikan secara diagonal agar tetap pas di atas tonjolan kamera. Sayangnya, jumlah kamera belakang yang ditawarkan masih dua: kamera wide-angle dan kamera ultra-wide, sama-sama bersensor 12MP.

Seperti kamera iPhone andalan tahun lalu, foto yang memuaskan dihasilkan dalam berbagai situasi. Warnanya hidup dan akurat, dan foto tampak sedikit lebih cerah daripada aslinya.

kamera iphone 13

kamera iphone 13

Kamera ultra lebar dapat menangkap gambar dengan bidang pandang 120°. Hasilnya masih lumayan, tapi tidak sebagus kamera utama. Sayangnya, beberapa foto yang saya ambil sangat cerah sehingga langit biru menjadi buram.

kamera iphone 13

besar

iPhone 13 - Kamera 02 Ultrawide

sangat lebar

Kamera utama iPhone 13 juga bisa memotret wajah saya dengan baik. Detail di wajah saya didokumentasikan dengan baik dan warna kulit saya mendekati aslinya. Mode potret juga memungkinkan Anda membuat foto bokeh yang rapi.

kamera iphone 13

Otomatis

kamera iphone 13

potret

Dalam kondisi minim cahaya, kamera iPhone 13 tetap bisa menghasilkan foto yang memuaskan. Pada malam hari, kamera secara otomatis mengaktifkan mode malam dan Anda dapat mengaturnya untuk mengambil waktu lebih lama untuk mengambil gambar untuk menghasilkan gambar malam yang lebih baik.

kamera iphone 13

Otomatis

kamera iphone 13

mode malam maksimal

kamera iphone 13

mobil ultra lebar

kamera iphone 13

Mode Ultra Lebar Malam Maks

Untuk kamera depan, iPhone 13 menggunakan lensa 12MP dengan bukaan /2.2. Detail wajah saya ditangkap dengan baik dalam foto selfie. Foto terlihat cerah dengan warna alami yang akurat.

kamera iphone 13

selfie

kamera iphone 13

potret selfie

kamera iphone 13

selfie

kamera iphone 13

potret selfie

Kamera belakang dan depan iPhone 13 keduanya mampu merekam video dalam resolusi 4K dan pada kecepatan bingkai 60 FPS. Perekaman video terlihat jernih dan stabil bahkan saat Anda bepergian.

Meski dalam kondisi gelap, kamera iPhone 13 tetap bisa menghasilkan kualitas video yang bagus. Patut diacungi jempol kinerja iPhone 13 dalam kategori perekaman video ini.










Di segmen baterai, iPhone 13 menawarkan baterai berkapasitas lebih besar dari iPhone 12. Dalam kehidupan sehari-hari, iPhone 13 dapat digunakan lebih dari sehari, sehingga tidak perlu repot untuk mengisi daya ponsel terlebih dahulu. Hari sudah berakhir.

Untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing, jejaring sosial, dan menggunakan aplikasi kerja, Anda biasanya bisa mendapatkan layar rata-rata sekitar 5 jam dari baterai 100% hingga 20%.

Apple iPhone 13

Untuk pengisian daya baterai, iPhone 13 mendukung pengisian cepat dengan adaptor 20W dan dapat diisi daya secara nirkabel hingga 15W dengan MagSafe.

IPhone 13 juga tidak dilengkapi dengan pengisi daya standar di dalam kotak, jadi Anda harus menggunakan pengisi daya yang ada atau membeli yang baru.

Saya menguji pengisian daya baterai menggunakan pengisi daya UGREEN 23W, yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mengisi daya baterai dari 10% hingga 80% dan 1 jam 33 menit untuk mengisi daya hingga 100%.

Untuk masa pakai baterai yang lebih lama, iPhone 13 memiliki fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan, yang memungkinkan ponsel menunggu sebelum baterai terisi lebih dari 80%. Dampak negatifnya adalah fitur ini memperlambat pengisian penuh.

Apple iPhone 13

Secara keseluruhan, iPhone 13 dibanderol dengan harga Rp. Ini relatif mahal pada 14.999.000 dan tidak mendukung kecepatan refresh yang tinggi, tetapi ini adalah ponsel yang bagus. Jika Anda sudah memiliki iPhone 12 dan ingin mengupgrade ke iPhone 13, saran saya tidak perlu.

Jika Anda belum memiliki iPhone 12 dan tidak yakin apakah akan mendapatkan iPhone 12 atau iPhone 13, maka iPhone 13 adalah pembelian yang baik. Karena baterainya lebih bagus dan kameranya lebih Fikrirasy.ID dan performanya lebih baik. lebih cepat dari Bahkan untuk varian penyimpanan 128GB, perbedaan harga bisa diabaikan.

Desain iPhone 13 dengan sisi perseginya enak dipandang, tapi mungkin kurang nyaman digenggam. Dan sayangnya, tidak ada pengisi daya bawaan, jadi jika Anda ingin memanfaatkan pengisian cepat di iPhone 13, Anda harus membeli pengisi daya lain.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan iPhone 13 – Sedikit Lebih Baik, Tapi Lebih Sempurna

Dari Situs Fikrirasy ID