Ulasan D-Link DIR-1253 AC1200 Wi-Fi Gigabit Router – Konektivitas Kecil dan Cepat

Ulasan D-Link DIR-1253 AC1200 Wi-Fi Gigabit Router

Fikrirasy.ID – Seiring dengan meningkatnya trafik data di era digital saat ini, tentunya Anda membutuhkan perangkat jaringan yang dapat mendukungnya.

Sebagai tanggapan, D-Link juga akan memperkenalkan produk yang disebut Router Gigabit Wi-Fi DIR-1253 AC1200 MU-MIMO yang dapat mendukung kebutuhan jaringan berkecepatan tinggi. Seperti namanya, router ini tidak hanya mendukung jaringan kabel tetapi juga jaringan nirkabel.

Dengan harga Rp 499.000, D-Link DIR-1253 menawarkan banyak fitur jaringan masa kini untuk meningkatkan pengalaman berselancar dan streaming Internet Anda. Untuk melihat manfaatnya lebih jelas, mari kita lihat fitur-fitur yang disediakannya.

Ulasan D-Link DIR-1253

  • desain – 8/10
  • Pertunjukan – 9/10
  • Karakteristik – 9/10

8.7/10

kesimpulan

D-Link DIR-1253 tidak hanya memiliki fitur dual-band, tetapi juga port gigabit dengan fitur yang mudah digunakan dalam desain yang unik.

Keuntungan

  • Desain yang unik dan bergaya
  • Dual band 2.4GHz dan 5GHz
  • transfer data cepat
  • konfigurasi mudah
  • dengan fitur modern

kerugian

  • Antena tidak bisa dilepas
  • Lampu LED tidak terang

D-Link DIR-1253 biasanya menawarkan desain yang unik dibandingkan dengan kebanyakan router. Dikemas dalam warna hitam, router ini memiliki bodi yang sangat ramping dalam banyak hal. Bagian depan berkontur sedikit miring dengan tulisan tangan D-Link dan aksen partikel segitiga mini yang tampak modern.

D-Link DIR-1253 - 3

Jangan lupa bahwa port dilengkapi dengan lampu yang memberi tahu Anda status daya, internet, dan wifi. Sayangnya, lampunya sangat kecil sehingga agak sulit untuk mengetahui apakah lampu itu benar-benar menyala jika dilihat dari kejauhan.

Secara keseluruhan, D-Link DIR-1253 terbuat dari bahan plastik yang sangat ringan, tetapi juga terasa tipis, meskipun seharusnya cukup untuk sebagian besar router saat ini. Salah satu fitur paling mencolok dari D-Link DIR-1253 adalah empat antena yang dapat ditekuk di sepanjang lekukan di bodi depan.

D-Link DIR-1253 - 4

Dengan begitu, D-Link DIR-1253 bisa memiliki bentuk yang jauh lebih ringkas saat Anda ingin memindahkan atau membawanya. Karena kurangnya desain ini, antena tidak dapat dilepas jika antena rusak atau Anda ingin menggantinya dengan cara lain. Namun, menurut saya desain ini agak lebih praktis, karena kebanyakan orang yang pernah memasang router langsung melupakannya.

Lantai tidak didekorasi selain penuh ventilasi dengan empat kaki karet di setiap sudut untuk menahan router di tempatnya sambil sedikit mengangkat bodi untuk aliran udara.

D-Link DIR-1253 menyediakan empat port Gigabit Ethernet untuk terhubung ke berbagai perangkat, dan satu port Internet untuk digunakan sebagai sumber koneksi di modem. Juga di bagian belakang terdapat tombol WPS, tombol Istirahat, dan DC-In untuk daya.

D-Link DIR-1253 - 5

Memiliki port Gigabit Ethernet akan memberi Anda koneksi yang lebih cepat dan lebih andal daripada router biasa dengan Ethernet 100Mbps.

Untuk nirkabel, D-Link DIR-1253 dapat terhubung ke perangkat lain melalui protokol 802.11ac/a/b/g/n dalam dua pita frekuensi termasuk 2,4 GHz dan 5 GHz. Ini akan memungkinkan perangkat yang ada atau saat ini terhubung secara optimal tergantung pada dukungannya.

Teknologi nirkabel dual-band memungkinkan Anda untuk menyetel ke band yang ingin Anda gunakan, lebih mengoptimalkan koneksi Anda. Misalnya, pita 2,4 GHz dapat digunakan untuk perangkat biasa, sedangkan pita 5 GHz dapat digunakan lebih banyak untuk perangkat yang membutuhkan koneksi cepat, seperti streaming atau game online.

Baca Juga:  Review realme narzo 50, Smartphone Gaming Pemula Berlayar 120Hz

D-Link DIR-1253 - 8

Tentu saja kemampuan coverage dan penetrasi kedua band tersebut akan berbeda. Namun untungnya, jangkauan sinyalnya cukup baik, seperti saat menggunakan aplikasi Wi-Fi Analyzer, berkat empat antena 5dBi.

Tentu saja sinyal yang didapat dari satu ruangan sangat sempurna tanpa gangguan. Namun, jika saya berpindah kamar ke lantai lain dengan pintu terbuka, sinyal yang saya terima mulai turun sekitar setengahnya.

Sinyal uji D-Link DIR-1253

satu kamar – kamar dan lantai lain

Pita 2.4Ghz masih bisa digunakan secara maksimal berkat keunggulannya dalam hal penetrasi material. Terkadang sinyalnya bahkan sedikit lebih baik daripada router default ISP Anda. Di sisi lain, pita 5Ghz sayangnya hampir tidak mungkin digunakan sama sekali karena sering terputus secara tiba-tiba karena sifat pita 5Ghz, di mana material padat sulit ditembus.

D-Link DIR-1253 adalah router AC1200, yang dapat dibagi menjadi dua band untuk mencapai kecepatan total 1,200Mbps. Dalam hal ini, pita 2,4 GHz mendukung kecepatan hingga 300 Mbps, dan pita 5 GHz mencapai 867 Mbps.

D-Link DIR-1253 - 2

Untuk kecepatan sendiri, untuk performa yang optimal, kami uji menggunakan dua band dalam satu ruangan, mentransfer data dari komputer utama ke laptop dalam bentuk game backup Steam 6GB.

D-Link DIR-1253 di pita 2.4GHz dapat memberikan kecepatan transfer maksimum dalam kisaran 7MB/dtk. Sementara itu, jika Anda menginginkan kecepatan yang lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan pita 5GHz, yang memiliki kecepatan transfer maksimum 33MB/s, atau hampir lima kali lebih cepat dari pita 2,4GHz.

Sayangnya laptop saya tidak menyediakan port ethernet, jadi saya tidak bisa menguji kecepatan transfer menggunakan kabel. Namun, D-Link DIR-1253 mendukung Gigabit Ethernet, sehingga secara teoritis dapat mengirimkan data hingga 1.000 Mbps.

Transmisi D-Link DIR-1253 2.4GHz

pita 2.4GHz

Transmisi D-Link DIR-1253 5GHz

pita 5 GHz

DIR-1253 juga memiliki teknologi MU-MIMO built-in yang dapat mendistribusikan lalu lintas jaringan secara merata, sehingga meskipun beberapa perangkat terhubung pada saat yang sama, setiap perangkat masih bisa mendapatkan sinyal yang lebih baik dengan kecepatan tinggi.

Jika Anda menginginkan jangkauan Wi-Fi yang lebih luas, D-Link mengklaim router DIR-1253 adalah Mesh Ready. Ini berarti bahwa satu jaringan dapat dengan mudah terhubung dengan DIR-1253 lain untuk memberikan sinyal ke seluruh rumah.

Pengaturan Beranda D-Link DIR-1253

D-Link DIR-1253, seperti router D-Link lainnya, dapat dikonfigurasi melalui browser dengan mengakses alamat http://192.168.0.1. Halaman utama menampilkan informasi yang sangat sederhana untuk mengatur IP dan jenis Wi-Fi Anda.

Saya menyukai halaman utama ini karena memungkinkan Anda dengan mudah mengubah konfigurasi router yang paling sering dikonfigurasi. Namun, jika Anda ingin mengkonfigurasi lebih mendalam, tekan tombol Advance untuk menampilkan menu detail seperti pengaturan bandwidth, EasyMesh, dan Forwarding, sehingga Anda dapat memantau lalu lintas data.

D-Link DIR-1253 Pengaturan Lanjut

Sebagian besar antarmuka pada halaman setup D-Link DIR-1253 sudah ditampilkan di kolom kiri, sehingga Anda dapat memahami dan melihatnya tanpa harus masuk ke menu berkali-kali. Tetap saja, saya tidak berpikir ada kebutuhan untuk pergi terlebih dahulu karena menu utama cukup baik untuk beberapa orang.

Secara keseluruhan, D-Link DIR-1253 adalah pilihan yang baik bagi pengguna yang ingin mengupgrade dari router lama yang masih memiliki fitur terbatas. Hadirnya dukungan dual band tentunya akan membuat jaringan semakin optimal.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan D-Link DIR-1253 AC1200 Wi-Fi Gigabit Router – Konektivitas Kecil dan Cepat

Dari Situs Fikrirasy ID