Chipset baru memberikan kinerja yang kuat

Poco X3 GT

tabloid pulsar.id – Kini resmi berpisah dari Xiaomi, Poco kembali membawa kejutan baru ke pasar smartphone domestik. Menggunakan warna kuning yang kental, vendor smartphone ini meluncurkan smartphone gaming terbaru dengan jargon “Go Turbo”. Poco X3 GT.

Ini termasuk dalam kategori kelas menengah dan diharapkan menjadi seri X pertama dalam banyak hal, menawarkan kinerja yang lebih bertenaga dan kecepatan super cepat.

Setelah hampir sebulan merasakan dan mencoba semua fitur yang ditawarkan POCO X3 GT, dana sekitar 4 juta rupiah sepertinya tidak sebanding dengan performa super yang dihasilkan. Bukan berarti mahal, tapi justru harga produk ini ‘murah banget’.

Dan bagi mereka yang mencari smartphone tangguh di kisaran harga ini, POCO X3 GT sangat direkomendasikan.

desain trendi

Pada jajaran produk POCO yang sebelumnya ada di pasar Indonesia, menurut kami X3 GT ini menawarkan sentuhan desain yang sama sekali berbeda.

Struktur bodinya terlihat lebih berornamen dengan tekstur dan warna yang cukup unik. Dengan ketebalan bodi yang hanya sekitar 8.9mm dan berat 193g, memberikan pegangan yang nyaman dan pas di tangan. Pastinya campuran yang sangat digemari generasi muda masa kini.

POCO X3 GT sendiri tersedia dalam tiga pilihan warna: Stargaze Black, Wave Blue, dan warna ketiga yang dipancarkan oleh perangkat yang kami ulas adalah Cloud White.

layar berkualitas tinggi

Layar menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan POCO X3 GT. Menurut data teknis, DotDisplay pada perangkat ini berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+. Hal ini saja menunjukkan bahwa X3 GT sangat serius dalam memberikan pengalaman Fikrirasy.ID yang maksimal kepada penggunanya.

Tidak hanya itu, layar X3 GT telah mendapatkan reputasi khusus dalam bentuk refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Dengan kombinasi ini, layar terlihat tajam dan sangat responsif saat jari Anda bermain di permukaan.

Digarisbawahi dan jenis layar yang Anda gunakan masih sebatas IPS LCD, dan ada yang menganggap masih belum optimal jika disandingkan dengan layar Super AMOLED.

Namun demikian, gamut warna DCI-P3 bawaan mampu memancarkan cukup banyak warna, dari warna primer RGB yang lebih tajam hingga warna sekunder CMYK yang cukup kaya.

Hal lain yang patut diapresiasi adalah bahwa POCO dilengkapi dengan teknologi DynamicSwitch yang secara cerdas dapat menyesuaikan kecepatan refresh layar dari 30Hs hingga 120Hz berdasarkan kebutuhan setiap konten yang ditampilkan sambil mengoptimalkan konsumsi daya maksimum.

Poin plus, POCO untuk pertama kalinya menggunakan pelindung layar paling tangguh pada X3 GT saat ini: Corning Gorilla Glass Victus. Lapisan kaca ini dapat melindungi layar dari benturan, jatuh dan goresan benda tajam.

Untuk membuktikan kekuatan teknologi ini, X3 GT juga dijatuhkan di permukaan yang keras dari ketinggian lebih dari satu meter, dan Gorilla Glass Victus terbukti sangat kuat.

Sebagai referensi, Gorilla Glass Victor saat ini terutama digunakan di smartphone flagship yang mahal, dan Poco memperkenalkannya sebagai smartphone murah.

pertama dari dimensi 1100

Selain layar, inilah keunggulan terbesar X3 GT. Xiaomi memperkenalkan chipset baru yang diharapkan masuk dalam kategori flagship smartphone kelas menengah untuk pertama kalinya di Indonesia.

POCO X3 GT merupakan smartphone POCO pertama yang didukung oleh chipset Dimensity 1100 dengan fabrikasi 6nm yang diklaim menawarkan performa yang lebih cepat dan konektivitas yang lebih baik. Melihat data dari beberapa aplikasi benchmark, skor yang diraih Dimensity 1100 bisa jauh mengungguli Snapdragon 860 dan sedikit melebihi Snapdragon 865.

Jika Anda sudah familiar dengan studi hardware smartphone, Anda mungkin sudah memahami karakteristik dan performa chipset Snapdragon seri 8xx.

Dimensity 1100 di POCO X3 GT dikonfigurasikan dengan ARM Cortex-A78 quad-core terbaru dengan kecepatan clock hingga 2,6 GHz dan ARM Cortex-A55 quad-core. Untuk mendapatkan performa maksimal terutama dalam bermain game, arsitektur CPU ini dipasangkan dengan GPU Mali-G77 9-core yang telah diupgrade yang berjalan pada 836MHz.

Menariknya, X3 GT juga dilengkapi dengan teknologi pendingin Fikrirasy.ID, LiquidCool Technology 2.0, yang mampu mendinginkan interior unit hingga 11 derajat Celcius dibandingkan pendahulunya. Sempurna untuk mereka yang bermain game sepanjang hari.

Nah, performa internal POCO X3 GT juga ditopang oleh kapasitas memori yang cukup besar. Untuk pasar Indonesia, X3 GT tersedia dalam dua model: RAM 8GB dengan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB dengan memori internal 256GB.

Menariknya, perangkat ini mendukung teknologi UFS 3.1, yang memungkinkan pemuatan aplikasi dan file lebih cepat, booting perangkat lebih lancar, dan pengoperasian lebih lancar saat berpindah aplikasi berkat latensi rendah.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah perangkat ini juga mendukung teknologi untuk meningkatkan kapasitas RAM dengan fitur RAM yang dapat diupgrade hingga 2GB. Fitur ini sebenarnya mulai banyak diadopsi di smartphone modern, baik flagship maupun mid-range.

Performa X3 GT ini memang patut diacungi jempol saat menguji berbagai jenis game mobile, dari standar hingga high-end.

Untuk urusan gaming, POCO X3 GT juga memiliki fitur Game Turbo yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan performa saat bermain game.

Bagi yang masih penasaran dengan performa POCO X3 GT secara keseluruhan, berikut adalah sedikit bocoran data benchmark menggunakan beberapa aplikasi favorit Anda. Dari semua aplikasi tersebut, X3 GT mencetak skor yang bisa dibilang wow.

Baca Juga:  Realme GT Master Edition vs Poco X3 GT, Terbaik 4 Juta HP

Baterai 5000mAh dengan pengisian turbo 67W

Selain kapasitas memori, dukungan daya juga berdampak besar pada pengalaman yang ditawarkan smartphone. Untungnya, X3 GT sangat memahami kebutuhan Anda.

Perangkat ini dilengkapi dengan baterai 5000mAh yang cukup besar untuk ukuran smartphone menengah saat ini, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan, satu isi ulang dapat bertahan hampir sepanjang hari untuk penggunaan biasa.

POCO X3 GT juga menyertakan sistem manajemen daya yang apik dengan fitur hemat daya yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga kami dapat terus menyempurnakan fitur ini.

Tidak berhenti sampai di situ, X3 GT juga menyertakan teknologi pengisian daya super cepat bernama 67W turbocharging. Menurut data teknis dan hasil pengujian, proses pengisian dari 0% hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Jika Anda menggunakan POCO X3 GT, disarankan untuk tidak melakukannya lagi jika Anda mengganti adaptor dan kabel charger secara berkala. Hal ini karena pengisian daya membutuhkan penggunaan adaptor dan kabel POCO sendiri untuk hasil yang maksimal.

Kelas Unggulan Tiga Kamera AI 64MP

Ini menekankan kinerja perangkat keras terutama untuk masalah game dan Fikrirasy.ID, tetapi sebenarnya X3 GT tetap memenuhi kebutuhan fotografi para penggemar.

Di perangkat ini, POCO memiliki tiga kamera built-in yang menurut klaim POCO, memberikan kemampuan fotografi yang sama kuatnya dengan smartphone premium.

Untuk konfigurasi, terdapat kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kamera utama perangkat dilengkapi dengan bukaan lensa besar f/1.79 dan mampu merekam gambar dengan detail tajam dan warna alami.

Bagi pecinta fotografi lanskap, kamera ultra lebar perangkat ini juga dapat menghasilkan foto yang luar biasa. Apalagi jika dipadukan dengan filter keren yang sudah tersedia.

Kemudian, bagi mereka yang menyukai fotografi makro, kamera perangkat ini juga dapat menampilkan detail yang sangat tajam pada subjek foto dunia mini.

POCO X3 GT juga menyertakan beberapa opsi menarik untuk membuat produksi foto dan video menggunakan kamera belakang. Mulai dengan Mode Pro, Mode Malam, 64MP, Klon, Video Ganda, Video Pendek, Gerakan Lambat, Selang Waktu, Pergeseran Kemiringan, waktu sebenarnya Video bokeh dan perekaman video HDR.

Bagi pecinta selfie, POCO X3 GT memiliki kamera depan 16MP built-in di layar berlubang dengan lingkaran kecil. Kamera ini memiliki aperture f/2.5 dengan teknologi AI.

luar biasa
dalam
makro
potret
modus kloning
mode malam

fitur lainnya

X3 GT juga menawarkan sejumlah inovasi baru yang sangat dibutuhkan pengguna saat ini. Pertama, perangkat ini hadir dengan platform Android 11 campuran menggunakan antarmuka POCO biasa yaitu MIUI 12.5 dan menawarkan sejumlah fitur unik yang jarang terlihat di perangkat lain.

Ketidakpuasan pengguna dengan kehadiran iklan MIUI sebenarnya adalah pekerjaan rumah terbesar yang bisa dilakukan POCO dengan sempurna. Setidaknya masih bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Ini juga mendukung speaker ganda dengan Dolby Atmos, memberikan kualitas audio resolusi tinggi saat menikmati acara Fikrirasy.ID.

Poco X3 GT juga dilengkapi dengan X-axis haptics (getaran tiga dimensi) yang setara dengan smartphone profesional. seolah-olah Anda berada di dalamnya. Setiap ketukan menghadirkan umpan balik yang realistis dan beragam di ujung jari Anda.

Bagi pengguna perkotaan di era digital, POCO X3 GT memahami kebutuhan akan akses layanan berbasis NFC. Anda dapat dengan mudah memeriksa isi saldo mata uang digital (uang elektronik) untuk diisi melalui fungsi NFC perangkat ini.

Satu hal lagi yang menarik adalah POCO X3 GT merupakan salah satu dari sekian banyak produk Xiaomi dan POCO yang didukung oleh teknologi 5G.

Teknologi masa depan yang ada di POCO X3 GT sudah mendukung dual 5G. Menurut data teknis, pita 5G dari smartphone terbaru POCO Indonesia tidak dapat mendukung semua frekuensi 5G yang dimiliki oleh operator seluler Indonesia.

Sebagai referensi, POCO X3 GT mendukung pita n3 (1800MHz) yang disediakan oleh Indosat dan XL. Di sisi lain, pengguna jaringan Telkom Cell tidak dapat menikmati layanan 5G karena perangkat ini tidak mendukung band n40 (2300MHz).

kesimpulan

Tagline “Go Turbo” yang diusung POCO X3 GT bukan hanya fiksi. Di perangkat ini, POCO bisa menunjukkan identitasnya sebagai vendor yang sangat peduli dengan performa smartphone-nya.

Dukungan chipset Dimensity 1100 membawa teknologi gaming flagship ke kelas menengah untuk pertama kalinya.

Selain performa ‘flash’, POCO X3 GT menawarkan serangkaian fasilitas yang sangat lengkap. Dimulai dengan tiga kamera 64 megapiksel yang kuat, teknologi 5G, baterai berkapasitas besar yang dilengkapi dengan turbocharger 67W, dan fungsi NFC tentu saja menarik harapan besar dari kaum muda.

Yang terpenting, semua fitur ini tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk referensi, POCO X3 GT adalah Rp. 4.399.000, Rp untuk model 8GB+256GB. 4.799.000. Konsumen bisa mendapatkannya secara online on line di ~ po.co.id, ID JD, Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak dan Akulaku. Selama offline dapat mengunjungi Toko POCO Resmi Toko Mi Resmi Toko Mi Resmi Mitra Mi.

Spesifikasi Lengkap POCO X3 GT

Poco X3 GT
sistem kerja Android 11, MIUI 12.5 untuk POCO
layar 6.6″ IPS LCD, 120Hz, HDR10, 450 nits (khas) 100% DCI-P3
berat 193g
prosesor Dimensi MediaTek 1100, 5G (6nm)
GPU Mali-G77 MC9
ram/rom 128GB RAM 8GB, 256GB RAM 8GB UFS 3.1
kamera dibelakang 64MP (f/1.8, lensa sudut lebar), 0,7µm, PDAF 4K@30fps, 1080p@30/60/12 0fps
kamera depan 16 MP (f/2.5), 1,0 m. 1080p@30fps, 720p@120fps, 960fps
Menghubung USB Tipe-C 2.0, USB-Aux
baterai 5000mAh
kartu SIM Dual SIM (Nano-SIM, Dual Standby)
ciri Sidik jari (dipasang di samping), akselerometer, gyro, kompas, spektrum warna

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Chipset baru memberikan kinerja yang kuat

Dari Situs Fikrirasy ID