Ulasan Alienware M15 R5 Ryzen Edition

  • Share

Alienware akhirnya kembali ke Indonesia. Setelah lama absen, Dell secara resmi meluncurkan Alienware M15 R5 Ryzen Edition untuk menyambut para gamer domestik. Ini adalah laptop gaming 15″ pertama Alienware yang menampilkan layar QHD 240Hz.

Penasaran dengan performa Alienware M15 R5 Ryzen Edition Anda? Ayo., simak saja ulasannya!

Desain futuristik premium

Konon, Alienware selalu menjadi merek laptop impian bagi para gamer termasuk saya. Selain spesifikasinya, salah satu hal yang selalu membuat saya terpesona adalah desainnya yang futuristik, seperti perangkat dari luar angkasa. Alienware M15 R5 Ryzen Edition masih memiliki DNA serupa.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition

Laptop ini terlihat berkelas. Nuansa permainannya terlalu berbeda, tetapi tidak terlalu kuat. Warnanya disebut Dark Side of the Moon dan memiliki hasil akhir yang halus seperti sutra dan lapisan bening yang sangat tahan lama. Perpaduan yang terasa sejuk dan nyaman di kulit. Catnya sendiri tahan kotoran, jadi Anda tidak perlu khawatir laptop Anda mudah kotor dengan bekas jari.

Kualitas bangunan cukup baik. Bagian belakang memiliki ventilasi besar untuk membuang panas dan dikelilingi oleh pencahayaan RGB. Anda juga dapat menemukan efek pencahayaan RGB pada logo Alienware yang ikonik.

Saat layar dibuka, terdapat rangkaian ventilasi untuk aliran udara antara keyboard dan engsel. Dengan ventilasi udara masuk dan keluar seperti ini, Anda dapat mengharapkan Alienware M15 R5 Ryzen Edition memiliki manajemen termal yang baik.

Keyboardnya juga favorit saya. Menurut Alienware, mereka membenamkan keyboard mekanik mini yang dikembangkan oleh Cherry. Keyboard ini memiliki fitur travel 1,8mm, teknologi rollover N-key, dan fitur AlienFX yang memungkinkan Anda menyesuaikan efek pencahayaan setiap tombol dengan mudah. Selama pengujian, saya menemukan keyboard Alienware M15 R5 sangat nyaman untuk bermain game dan mengetik.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition bukanlah laptop gaming yang ramping. Beratnya hampir 2,5 kg dan memiliki ketebalan maksimum 22,85 mm. Ukuran adaptor daya juga besar (240W) sekitar 780g. Jika Anda berencana untuk bepergian, Anda juga harus membawa koper besar.

Baca Juga:  Review Xiaomi Mi 10T Pro Indonesia

Sedangkan untuk ketersediaan port, hanya ada port Ethernet dan jack audio 3.5mm di sebelah kiri. Di sebelah kanan ada dua port USB-A 3.2 Gen1. Sisanya ada di bagian belakang: port pengisian daya, HDMI 2.1 untuk bermain game pada 4K/120fps menggunakan layar eksternal, USB Type-C 3.2 Gen 2 dengan Power Delivery, dan USB-A 3.2 Gen 1.

Ada baiknya untuk menempatkan beberapa port penting di bagian belakang menurut saya, karena letak kabel tidak akan mengganggu Anda nantinya. Terakhir, untuk konektivitas, laptop ini dilengkapi dengan Killer Wi-Fi 6 AX1650.

Layar QHD 240Hz

Alienware M15 R5 memiliki tiga opsi layar. Apa yang kami ulas dalam posting ini adalah model dengan layar QHD (2560 x 1440) 15,6 inci dengan waktu respons 1 ms dan kecepatan refresh 240Hz yang stabil, dengan teknologi ComfortView Plus yang juga didukung oleh Alienware untuk permainan kompetitif. , Nvidia G-SYNC dan Optimus Lanjutan.

Layar menawarkan kecerahan hingga 400 nits dan gamut warna DCI-P3 100%. Ya, selain untuk bermain game dan menikmati konten Fikrirasy.ID lainnya, Alienware M15 R5 Ryzen Edition sangat cocok untuk menunjang kebutuhan kreator seperti editing foto dan video.

Bagaimana dengan audionya? Saya dapat mengatakan: Saya puas. Speaker stereo Alienware M15 R5 dapat menghasilkan Fikrirasy.ID yang jernih, keras, dan bertenaga.

kinerja game cepat

Alienware M15 R5 Ryzen Edition dilengkapi dengan prosesor 8-core 16-thread AMD Ryzen 7 5800H. Selain tipe yang kami ulas, ada juga model lain dengan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX yang lebih mahal.

Masalah grafis didelegasikan ke GPU Nvidia GeForce RTX 3060 6GB GDDR6. Itu harus digarisbawahi dan kekuatan grafis maksimum adalah 125W. Alienware M15 R5 Ryzen Edition juga merupakan laptop Alienware 15 inci pertama dengan memori DDR4 3200MHz. Ini memiliki dua slot SO-DIMM (2x16GB dalam ulasan sampel kami). Sementara itu, ia menawarkan SSD 1TB M.2 PCIe NVMe untuk penyimpanan.

Berikut beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark.

Bagaimana dengan fitur gamenya? Lihatlah hasil pengujian saat menjalankan beberapa game populer.

Baca Juga:  Ulasan Lenovo Legion 5i Pro

1. Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Romb Raider dapat bermain dengan mulus pada resolusi 1440p dan bahkan dengan ray tracing diaktifkan. Rata-rata FSP yang dicapai dengan bantuan Nvidia RTX DLSS adalah 93. Ya, kuncinya adalah memanfaatkan DLSS.

2. Red Dead Redemption 2

RDR 2 andal dapat memutar ulang pada kecepatan bingkai yang cukup tinggi, bahkan pada pengaturan grafis tinggi.

3. Gigi 5

Kemudian saya mencoba memainkan Gears 5 lagi pada resolusi 1440p. Anda dapat melihat pengaturan grafis yang digunakan pada tangkapan layar di bawah ini. Hasilnya, Anda mendapatkan FPS rata-rata 77.

Lihat juga

4. Metro Exodus: Edisi yang Disempurnakan

Saya telah memainkan Metro Exodus: Enhanced Edition dengan resolusi 1080p, kualitas grafis ultra, dan penelusuran sinar reguler. Maaf. Saya lupa mengaktifkan DLSS. Bahkan tanpa DLSS, rata-rata frame rate 56 masih baik-baik saja. Jika DLSS diaktifkan, FPS pasti akan lebih tinggi.

5. Pengepungan Enam Pelangi

Game kompetitif seperti Rainbow Six Siege juga dapat dimainkan dengan lancar di Alienware M15 R5. Dengan pengaturan grafis rata kanan, frame rate yang dihasilkan tidak boleh melebihi 200, tetapi Anda juga dapat memaksimalkan refresh rate 240Hz di laptop ini.

6. Valorant

Valorant dapat berjalan tanpa masalah bahkan dengan pengaturan grafis yang diperbaiki dengan benar. Tapi karena saya penggemar berat game ini dan saya sering bermain berjam-jam, saya lebih suka mengunci FPS ke 144 agar suhu laptop saya tetap dingin.

Sistem pendingin dan aplikasi Pusat Komando Alienware

Alienware M15 R5 Ryzen Edition menggunakan sistem pendingin Cryo-Tech untuk mengontrol panas. Saat memainkan game dengan pengaturan grafis tinggi yang membutuhkan kinerja tinggi, Anda mungkin merasakan kenaikan suhu termasuk bagian keyboard. Terkadang suhu menjadi hangat, yang sedikit mengganggu kenyamanan tangan Anda yang bersentuhan langsung dengan keyboard. Untungnya, itu tidak mempengaruhi kinerja.

Jangan khawatir, Pusat Komando Alienware memungkinkan Anda memaksimalkan pengoperasian kipas. Suhu turun lebih cepat saat disetel ke kecepatan penuh. Tapi alhasil, kipasnya berisik banget.

Anda juga dapat mengubah beberapa pengaturan ke audio, seperti power, overclock, dan efek pencahayaan RGB melalui aplikasi Alienware Command Center.

Baca Juga:  Ponsel terjangkau dengan semua fitur, ulasan Samsung Galaxy A01

kesimpulan

Kembalinya merek Alienware dengan laptop Alienware M15 R5 Ryzen Edition Hal ini akan semakin memperkaya pilihan para gamers di Indonesia. Kami juga percaya bahwa produk Alienware akan sering menjadi laptop impian mereka yang telah lama mengagumi merek ini.

Salah satu produk pertama setelah kembali ke rumah, Alienware M15 R5 Ryzen Edition, dapat sepenuhnya memenuhi harapan saya. Desainnya bagus, kinerjanya stabil, dapat mengungguli berbagai judul game AAA, dan didukung oleh layanan purna jual premium Dell.

Namun satu hal yang perlu diingat adalah meminta Alienware berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang. Alienware M15 R5 Ryzen Edition dibanderol mulai dari Rp 38 jutaan.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition cocok untuk:

  • Gamer Kasual: Alienware M15 R5 Ryzen Edition dapat menjalankan game AAA terbaru dengan lancar. Cocok untuk Anda yang senang bermain game sebagai Fikrirasy.ID dan bersantai setelah beraktivitas.
  • Pemain kompetitif: Pengguna yang sering bermain game kompetitif seperti Valorant, Rainbow Six Siege dan DOTA 2 juga dapat menggunakan Alienware M15 R5 Ryzen Edition. Selain performanya yang cepat, laptop ini memiliki layar 240Hz.
  • Pembuat Konten: Dengan layar gamut warna DCI-P3 100%, Alienware M15 R5 sangat ideal untuk pembuat konten yang membutuhkan alat pengeditan foto dan video.

Keunggulan Alienware M15 R5 Ryzen Edition:

  • Desain keren dan mewah
  • tidak mudah kotor
  • QHD 240Hz menampilkan 100% gamut warna DCI-P3
  • kinerja game cepat
  • keyboard yang nyaman
  • Audionya cukup kuat
  • Masih dilengkapi dengan webcam.
  • Efek pencahayaan RGB yang menarik
  • Pusat Komando Alienware untuk akses mudah ke berbagai fungsi

Kekurangan Alienware M15 R5 Ryzen Edition:

  • Suhu menjadi sedikit panas saat bermain game berat, termasuk bagian keyboard.
  • Kipas kencang dengan kecepatan penuh
  • Tidak ada pembaca kartu
  • Ukuran/berat laptop dan charger membuatnya kurang praktis untuk dibawa-bawa.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition

Laptop gaming ini memiliki desain yang hebat, performa gaming yang solid, dan layar yang menawan.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan Alienware M15 R5 Ryzen Edition

Dari Situs Fikrirasy ID

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *