Siap go digital? Ulasan Intra INT-118 & Intra Zeus Indonesia – Picel Media Group

Dengan meningkatnya permintaan antena digital terutama pada tahun 2021, Picel akan membahas antena digital indoor dan outdoor dengan merek Intra. Yang pertama adalah Intra INT-118DGT indoor dan Intra Zeus outdoor. Jadi, seperti yang kita ketahui bersama, pemerintah semakin mendesak stasiun televisi untuk beralih ke siaran digital. Menkominfo juga mengimbau agar siaran TV analog dihentikan per 2 November 2022.

Dan kita sebagai konsumen harus siap menyambut siaran digital. Dalam kebanyakan kasus, televisi dapat mengakomodasi siaran digital. Masalahnya, bagaimanapun, adalah tidak ada antena untuk menerima siaran digital.

Oleh karena itu, Picel akan meninjau kembali antena TV digital Intra untuk memberikan alternatif bagi kita yang mencari antena digital. Dan lagi, Picel mengingatkan Anda bahwa saluran yang Anda terima dapat bervariasi tergantung pada lokasi atau jarak dari setiap stasiun saluran. Untuk cakupan, lihat situs web Kominfo untuk Plot Distribusi Sinyal Digital.

Desain dan kualitas bangunan

Sekarang kita akan fokus pada bentuk kedua antena digital ini.

Untuk antena dalam ruangan atau INT-118DGT, bentuknya seperti kotak yang memanjang ke atas. Dari segi warna, produk ini didominasi warna hitam dengan finishing glossy di bagian depan dan matte di bagian belakang. Bahan yang digunakan adalah plastik. Agak mengecewakan bahwa lapisan glossy digunakan di bagian depan. Karena terlihat berkelas, namun rawan sidik jari dan lecet.

Terdapat beberapa titik di bagian belakang untuk memudahkan meletakkan perangkat ini. Ya, salah satu keunggulan produk ini adalah penempatan unit INT-118 yang fleksibel, yang mendukung tiga posisi. Yang pertama adalah kaki-kaki yang disediakan dalam paket penjualan untuk diletakkan di atas meja atau lantai. Cara kedua adalah dengan menggantungnya di dinding menggunakan lubang di tengahnya. Yang ketiga adalah pada tiang seperti kisi-kisi jendela di tengah dengan klem besi juga tersedia dalam paket penjualan.

Dan masih di belakangnya ada lampu LED merah yang menyala saat dicolokkan ke adaptor daya utama. Spesifikasi daya untuk adaptor ini adalah 5 volt 1 amp atau daya total 5 watt.

Untuk dimensi, Intra INT-118 berukuran 20 x 23,5 cm, tebal 3,3 cm tanpa kaki, atau 20 x 25 cm (tidak termasuk kaki) dengan tebal 5 cm. Bodinya berbobot 400g, tetapi dengan kabel beratnya 555g. Dan INT-118 dilengkapi dengan kabel sepanjang 10m, yang terintegrasi ke dalam bodi dan tidak dapat dilepas.

Juga, dalam hal antena luar ruangan atau Intra Zeus, umumnya bentuknya sama dengan antena TV luar ruang. Oh ya, bagi yang belum tahu antena eksternal ini terdiri dari 3 bagian utama.

Yang pertama adalah sutradara atau elemen. Merupakan plat aluminium pendek yang tersusun rapi pada tiang utama dengan total 15 lembar 14 cm.

Yang kedua adalah reflektor dengan desain vertikal di bagian belakang.

Yang ketiga adalah balun, kotak plastik hitam di antara elemen dan reflektor. Kombinasi dari tiga bagian utama inilah yang memungkinkan antena luar ruangan menerima sinyal. Namun desain seperti ini biasanya memiliki kelemahan yaitu hanya dapat menangkap sinyal satu arah saja. Ya, Anda mungkin harus bermain-main untuk menemukan lokasi sinyal terbaik.

Dari segi bahan, sebagian besar bahan ini adalah aluminium, dan ada beberapa bagian yang menggunakan plastik hitam. Tidak seperti antena luar ruangan yang murah, bahan ini kokoh dan tidak mudah bengkok atau patah.

Lokasi antena berbeda dengan model dalam ruangan, dan Intra Zeus hanya terbatas pada lokasi yang terhubung ke tiang. Jadi, Anda bisa menggunakan tiang yang ada di rumah atau membeli bambu terlebih dahulu dan memasang antena di sana.

Baca Juga:  11 Aplikasi Pengolah Kata PC Terbaik Tahun 2022

Untuk dimensi, Intra Zeus berukuran 148 x 38 dan tebal 32 cm. Bodinya memiliki berat 649g, tetapi dengan kabel beratnya 963g. Secara dimensi, tidak masalah karena berada di luar, jadi tidak masalah jika sedikit lebih besar. Dan Intra Zeus juga dilengkapi dengan kabel yang dapat dilepas sepanjang 13 meter.

ciri

Secara spesifikasi, kedua antena ini mendukung frekuensi VHF, UHF dan FM. Rentang VHF yang didukung adalah 87,5 hingga 230 MHz, dan frekuensi UHF adalah 470 hingga 862 MHz. Rentang frekuensi ini adalah standar di antara antena di pasar.

Dalam hal keuntungan, ada perbedaan antara INT-118 dan Intra Zeus. Gain maksimum pada Intra Zeus adalah 28dB dan Int-118 adalah 30dB. Perbedaan penguatan ini menentukan fokus energi yang dapat ditangkap oleh antena ini, sehingga Int-118 akan lebih fokus untuk menangkap sinyal. Namun demikian, INT-118 terletak di dalam ruangan, sehingga tidak seefektif antena luar untuk menangkap sinyal.

Secara fungsional, dapat menangkap sinyal digital, analog dan bahkan FM. Untuk menggunakan siaran digital, pastikan TV Anda juga mendukung siaran digital. Jika tidak, antena dapat menangkap siaran digital, tetapi tetap tidak dapat menyiarkannya. Anda juga dapat mengacaukan pengaturan TV Anda yang Anda tahu biasanya memiliki logo DVB di kotak penjualan TV mereka, atau memiliki opsi. Tidak ada perbedaan dari tampilan di TV, dan banyak orang akan bingung karena terlihat seperti port antena analog.

Sekarang yang perlu Anda lakukan hanyalah memindai saluran untuk melihat apakah TV Anda mendukung siaran digital. Anda dapat menelusuri siaran digital dan analog langsung di TCL 55A8, TV yang digunakan oleh Picel. Semua saluran yang dapat diidentifikasi ditampilkan di layar secara real time. Sobat, sinyal yang dapat ditangkap tergantung pada banyak faktor, seperti jarak antara antena dan menara pemancar, orientasi antena, dan lokasi di dalam atau di luar ruangan. Untuk Picel, Anda perlu memutarnya untuk menemukan sudut terbaik dengan siaran yang ada. Jadi, kalau ditanya apakah siaran ini ada, jawabannya ‘ya’ dan terlalu banyak ‘faktor pembeda’, jadi harus cek sendiri.

Secara umum, kedua antena ini (Intra Zeus dan INT-118) bagus dalam menangkap sinyal analog dan digital. Tidak terlalu banyak acara di Picel seperti RTV, Daai TV, Gramedia TV, Kompas TV, dan yang pasti TVRI dan TVRI Sport. Di sini, Picel ingin memamerkan siaran digital yang bisa ditangkap menggunakan antena Intra Zeus atau INT-118 daripada penasaran.

Ringkasan

Secara keseluruhan, dua antena Intra, Intra INT-118 dan Intra Zeus, merupakan alternatif yang menarik bagi mereka yang mencari antena digital saat ini. Dari segi spesifikasi dan build quality, Pissel tidak memiliki masalah.

Yang paling bermasalah, menurut Picel, adalah kurangnya kejelasan informasi tentang jangkauan sinyal digital setiap siaran. Jadi sepertinya ada banyak saluran yang belum siap untuk bermigrasi ke sinyal digital. Pemerintah harus “memaksa” saluran untuk segera bermigrasi ke sinyal digital, sehingga konsumen akhir dapat memperoleh manfaat dari migrasi ini. Ya, Menkominfo mengatakan November 2022 adalah batas terakhir sinyal analog. Mari kita lihat apakah dia kembali atau tidak.

Antena Intra Int-118 dihargai 100.000, dan antena luar ruang Intra Zeus dihargai 150.000. Murah termasuk dalam harga ini.

Itulah ulasan Picel tentang antena Intra: Int-118 dan Intra Zeus. Dan video review ini dapat dilihat melalui link berikut.

video Youtube

Siap go digital? Ulasan Intra INT-118 & Intra Zeus Indonesia

galeri

Leave a Comment