Cara Membuat Bot Telegram Dengan Mudah Tanpa Coding 2022

Fikrirasy.id – Untuk yang sudah lama menggunakan Telegram, pasti tidak asing dengan yang namanya bot telegram. Tapi untuk kamu yang masih baru menggunakan telegram pasti masih sangat awam dengan hal-hal yang seperti ini.

Aplikasi telegram sebenarnya sudah lama ada, dan seiring perkembangan jaman, Telegram terus di perbaharui sehingga saat ini Telegram semakin populer. Bahkan banyak juga pengguna telegram lama yang masih bertahan menggunakan aplikasi telegram sebagai media komunikasi.

Bukan tanpa alasan, hal itu karena telegram menyediakan fitur yang sederhana dan mudah digunakan layaknya aplikasi chattingan whatsapp.

Demi kenyamanan dan keamanan dalam berkomunikasi, telegram menyediakan beragam fitur yang dapat kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Salah satunya adalah fitur Bot yang ada pada telegram.

Fitur Bot telegram dapat kamu gunakan untuk mempermudah kamu dalam berkomunikasi dan juga dapat kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya.

Fungsi Bot Telegram

Banyak dari kita mungkin bingung mengenai fungsi dan kegunaan dari Bot Telegram. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskan sedikit Fungsi dan kegunaannya.

Cara Membuat Bot Telegram Dengan Mudah Tanpa Coding 2022

  • Bot Telegram dapat memberikan informasi sesuai dengan artikel yang kamu buat
  • Bot Telegram bisa menjadi media pengantar seperti berita pada suatu website, contonya Wiki bot, Youtube Bot, Github Bot, Gmail Bot, Image Bot Gif Bot dan masih banyak bot lainnya.
  • Bot Telegram juga bisa berguna sebagai kasir untuk kamu yang melakukan pembayaran secara virtual
  • Kamu juga bisa meciptakan sebuah game dari Bot Telegram, akan tetapi untuk membuat Bot seperti ini kamu memerlukan keahlian dalam memahami bahasa pemograman dan ilmu Coding yang lebih handal.

Dapat disimpulkan bahwa fungsi dan kegunaannya adalah dapat melakukan sesuatu hal secara otomatis melalui Bot yang di kontrol dan dijalankan oleh computer.

Cara Membuat Bot Telegram

Kamu hanya perlu duduk manis dan baca tutorial berikut secara keseluruhan agar kamu tidak salah paham dalam mempraktekkannya sehingga bisa menghasilkan bot telegram yang sempurna.

  1. Berikut adalah langkah-langkah cara mudah membuat Bot telegram yang dapat membalas dengan cara otomatis, disimak penjelasannya.
  2. Pertama yang perlu kamu sediakan adalah sebuah ponsel yang sudah terintall aplikasi telegram
  3. Buka aplikasi telegram dan cari “BotFather” melalui kolom komentar yang ada pada telegram
  4. Kamudian kamu akan diarahkan kedalam chattingan bersama “BotFather” lalu kirim isi chat dengan tulisan “/newbot”
  5. Lalu kamu akan disuruh untuk mengisi nama Bot yang ingin kamu buat
  6. Pertama isi dengan nama yang kamu ingin buat, kemudian isi lagi nama yang kamu buat tersebut dengan tambahan “_bot” pada ujung nama yang kamu buat.
  7. Setelah berhasil, kamu bisa langsung “Menyalin” text yang dikirim oleh akun “BotFather”
  8. Kembali ke menu pencarian lalu cari “Manybot”
  9. Buka chattingan dengan “Manybot” dan klik “Mulai”
  10. Selanjutnya pilih “bahasa” yang ingin kamu gunakan
  11. Kemudian pilih “Creat New Bot”
  12. Disini kamu bisa langsung memasukkan text yang sudah kamu salin tadi dari “BotFather”
  13. Masukkan Pesan apa yang ingin kamu munculkan saat memulai chattingan dengan Bot Telegram kamu
  14. Disini kamu sudah selesai membuat Bot kamu sendiri, dan kamu bisa langsung membuka Bot kamu melalui tautan yang tersedia. Kemudia klik “Mulai” untuk memulai percakapan dengan bot yang sudah kamu buat.
  15. Maka secara otomatis “Bot” tersebut akan membalas dengan pesan yang sudah kamu masukkan sebelumnya diawal saat memulai Chat Bot
Baca Juga:  Pengertian, Sejarah, Cara Kerja, Perbedaan dari POP

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai bot telegram serta cara membuatnya. Terima kasih sudah mengunjungi blog fikrirasy.id, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.