Ahli: GISAID melaporkan delapan kasus omicron di Indonesia.

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Tjandra Yoga Aditama, Guru Besar Kedokteran Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mengatakan, “Varian kasus COVID-19 adalah Omikron Indonesia sudah memiliki delapan. Ini didasarkan pada data dari situs web Inisiatif GISAID, sebuah organisasi nirlaba internasional yang meneliti virologi.

“Pagi ini GISAID Di Indonesia sudah ada delapan kasus infeksi Omicron,” katanya melalui pesan WhatsApp, Kamis, 23 Desember 2021.

Untuk periode 2018-2020, Direktur Epidemiologi WHO di Asia Tenggara mengatakan tes dilakukan di Jakarta. rumah pemain Kemayoran, di mana contoh pertama Omicron ditemukan. Namun, akan lebih baik jika disajikan data jumlah uji SGTF (S-gene Target Failure) yang telah dilakukan selama ini.

Telah dilaporkan bahwa tes SGTF dapat mengidentifikasi kemungkinan kasus mutasi omicron. Ia menambahkan, “Hal ini perlu disampaikan karena dapat menjelaskan kemungkinan transmisi oh-mikron yang ada melalui pemantauan intensif, termasuk data sekuensing genom yang telah dilakukan selama ini.”

Sebelumnya, hingga 20 Desember, hanya ada tiga kasus infeksi dengan varian kode B.1.1.529. Kasus pertama dikonfirmasi Kementerian Kesehatan pada 16 Desember lalu di seorang pemulung di Wisma Atlet Kemayoran.

Kasus kedua dipastikan terjadi keesokan harinya pada seseorang yang kembali ke Jakarta dari sebuah acara di London, Inggris. Orang ini transit di Doha, Qatar dalam perjalanan. Kasus ketiga juga dikonfirmasi bersamaan dengan kasus kedua, yang terjadi pada seseorang yang masuk Jakarta dari Amerika Serikat.

Pada Selasa, 21 Desember, Siti Nadia Tarmizi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, mengatakan bahwa 250 kontak dekat telah terlacak. Nadia mengatakan pada hari Selasa bahwa “pelacakan menunjukkan bahwa 10 orang positif COVID-19 dan menguji sekuensing seluruh genom (untuk menentukan apakah mereka terinfeksi dengan mutasi mikron),” kata Nadia, Selasa.

Baca Juga:  Halodoc luncurkan aplikasi bidan untuk menjangkau pelosok Indonesia

Nadia menjelaskan, strategi contact tracing sebelumnya telah dilakukan dengan mengambil sampel dari beberapa penumpang di dalam kendaraan yang sama dan dalam hal ini pesawat. Pasalnya, tiga kasus yang ditemukan di Omicron disebut-sebut merupakan kasus impor.

Nadia berkata, “Tentu saja, selama perjalanan, siapa pun yang Anda hubungi selama perjalanan akan dilacak, dan sisi positifnya biasanya dua baris pertama dan dua baris terakhir.”

Untuk membaca:
Ahli: Puncak gelombang omicron Afrika Selatan mereda.

selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Dari saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ahli: GISAID melaporkan delapan kasus omicron di Indonesia.

Dari Situs Fikrirasy ID