Ada transmisi lokal Omicron transmisi di Jakarta. Tanggapan ahli.

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Kementerian Kesehatan mengumumkan penemuan pertama transmisi daerah mutan Omikron. Artinya, penularan mutan terjadi antar komunitas di suatu daerah, yang terjadi pada warga Medan yang berkunjung ke Jakarta.

Seorang juru bicara vaksin mengatakan pada konferensi pers online. covid-19, Siti Nadia Tarmizi menggambarkan pria yang terinfeksi itu sebagai pria berusia 37 tahun yang tinggal di sebuah apartemen di Jakarta utara pada 6-19 Desember 2021. “Sekarang sudah dibawa ke rumah sakit Sullanti Saro,” katanya, Selasa. , 28 Desember 2021.

Menanggapi kabar tersebut, Profesor Tjandra Yoga Aditama, Departemen Ilmu Penyakit Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), menjelaskan setidaknya ada lima hal yang akan dibahas.

Pertama, sebelum penemuan baru ini, dilaporkan bahwa dua pejabat atlet Kemayran telah tertular infeksi dari seorang pasien dan menularkannya kepada orang-orang yang tidak bepergian ke luar negeri.

“Tentu bisa kita bayangkan potensi penularannya di masyarakat luas. Selain itu, ada kabar pasien varian Omicron yang lolos dari penahanan,” ujarnya, Selasa.

Kedua, Tjandra hanya dikarantina selama tiga hari, belum lagi kemungkinan ada pengunjung dari negara terinfeksi yang masuk ke Indonesia antara 9 hingga 29 November. Jika Anda memiliki varian virus dengan kode B.1.1.529, mungkin tidak terdeteksi dan dapat menyebar lebih awal. “Mudah-mudahan semuanya dikonfirmasi dan sebenarnya tidak ada infeksi pada saat itu.”

Respon ketiga, selama periode 2018-2020, Direktur Epidemiologi WHO untuk Asia Tenggara mengatakan terjadi penularan lokal di masyarakat. Jadi dia menyarankan agar kami memaksimalkan aktivitas pengujian dan pelacakan kami, seperti yang kami lakukan pada Juni atau Juli 2021.

Tjandra mengatakan, “Jadi sebaiknya juga dilakukan penggunaan aplikasi PeduliLindung untuk tracking seperti di luar negeri.”

Baca Juga:  Bocoran ke-25 Detektif Conan, dirilis pada 2022

Keempat, jika jumlah pasien Omicron terus meningkat, maka perlu penguatan postur kesiapan fasilitas kesehatan dari institusi medis primer, rumah sakit konsinyasi hingga Pusquesmas. Formulir ini dapat berupa tenaga kesehatan, ruang perawatan, obat-obatan, oksigen dan alat kesehatan lainnya serta sistem informasi dan rujukan.

Kelima, Tjandra yang kini menjadi mahasiswa pascasarjana Universitas YARSI Jakarta mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 5M secara ketat. Jika Anda mencurigai kontak dengan proton, lakukan tes sesegera mungkin dan jangan takut.

“Jika Anda biseksual, tolong beri tahu semua orang yang telah Anda hubungi dalam beberapa hari terakhir untuk memverifikasi diri sendiri. Kemudian yang belum divaksin lengkap segera divaksin,” tambah Tjandra.

Untuk membaca:
Kasus Omicron Indonesia, Dokter dan Pakar Bicara Soal Gejala

Selalu up-to-date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk mendaftar. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ada transmisi lokal Omicron transmisi di Jakarta. Tanggapan ahli.

Dari Situs Fikrirasy ID