Perlindungan penulisan flash disk? Ikuti cara ampuh di bawah ini!

Beberapa pengguna sering mengalami masalah flash disk yang tidak dapat ditulisi. Masalah ini membuat kami tidak dapat bekerja karena kami kesulitan menyimpan, menghapus, atau mengubah data yang sebelumnya disimpan di flash drive. Lantas, bagaimana cara mengatasi write-protected disk? Lihat di sini

Apa Penyebab Munculnya Notifikasi”Disk ini dilindungi dari penulisan.“Dari Flashdisk”

Write-protect flash drive

Sepertinya file penting di flashdisk terkunci karena masalah ini, apakah membahayakan keselamatan komputer saya?

Status pemberitahuan perlindungan tulis mendadak flash tidak terlalu berbahaya secara default. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini berubah dari yang sepele menjadi sangat serius. Toh pertanyaan itu akan terus muncul, betapa berbahayanya jika dibiarkan begitu saja. Selain itu, apa tips khusus yang harus diikuti jika Anda mengalami masalah ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penjelasan pada artikel berikut ini akan lebih detail mengenai cara mengatasi flash drive write-protected secara khusus.

Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana flash drive Anda ditandai sebagai write-protected ketika Anda mencoba untuk memindahkan, menyimpan atau mengedit data? Jadi saya kira kita perlu memahami beberapa hal yang menyebabkan ini terlebih dahulu.

Silahkan simak penjelasan berikut sebagai contoh mudahnya.

  1. Penyebab pertama proteksi tulis adalah sakelar proteksi yang terpasang pada flash. Saat ini flash jenis ini sangat sedikit, namun kami tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada jenis flash seperti itu di pasaran. Jadi pastikan Anda memahaminya dengan baik saat membeli.
  2. Penyebab lain dari write-protection pada flashdisk adalah adanya aplikasi tertentu yang dirancang khusus untuk melindungi data. Selain itu, aplikasi biasanya juga memiliki fitur flash protection agar data tidak mudah masuk.
  3. Penyebab lain dari write-protected flash tentu saja adanya virus berbahaya. Virus ini mengunci flashdisk dan tidak dapat mengubah data apapun di dalamnya.
  4. Kejadian terakhir yang umum adalah kesalahan penggunaan. Saat Anda menggunakan flash drive di komputer Anda dan ada file yang masih terbaca oleh sistem, jangan langsung dikeluarkan. Jika sistem membaca file pada flash dan secara tidak sengaja menghapusnya, ada kemungkinan flash akan rusak. Yang terburuk, Anda masih bisa mengatakan Anda beruntung jika mengalami masalah ini, karena flash tidak akan tersedia lagi.

Berikut beberapa penjelasan penyebab terjadinya write-protection pada flashdisk, yang harus dianalisa terlebih dahulu. Ini pasti akan berguna nanti ketika mencoba memperbaiki disk yang dilindungi penulisan.

Jika Anda memiliki keraguan lain, kunjungi bengkel yang lebih profesional dan tidak akan ada masalah.

3 Cara untuk Memperbaiki Write Protected Flash Disk

Perlindungan penulisan flash disk?  Ikuti cara ampuh di bawah ini!

Sebagai referensi, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat mengalami write protection pada flash drive. Pelajari dan terapkan sesuai kebutuhan.

Disk Overcome dilindungi dari penulisan menggunakan aplikasi

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mendapatkannya dengan memasukkan nama Anda melalui website. Ada dua jenis aplikasi: FAT32 dan alat GUI.

Cara Anda menggunakan aplikasi ini pasti berbeda. Anda dapat memeriksanya melalui situs web resmi kedua aplikasi dan mereka menunjukkan cara kerjanya.

Jika Anda merasa metode ini terlalu rumit dan sulit bagi Anda, Anda dapat mencoba cara mengatasinya. perlindungan penulisan disk lebih di bawah.

Perbaiki Perlindungan Tulis Flashdisk dengan Editor Registri

Cara kedua adalah dengan menggunakan Registry Editor. Regedit, atau Editor Registri, adalah salah satu dari banyak metode yang sering digunakan oleh orang-orang yang mengalami masalah serupa. Ada langkah mudah untuk digunakan. Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Anda harus menekan tombol Windows terlebih dahulu diikuti dengan tombol R untuk membuka halaman Registry Editor, lalu ketik regedit dan tekan Enter untuk keluar.
  2. Jika demikian, buka bagian hkey-local-machine > System > Current Control Sets. Pada bagian ini, cari menu Control lalu pilih Storage Police.
  3. Masih menemukan menu write-protect di bagian yang sama. Jika sudah, klik kanan dan pilih Edit.
  4. Kemudian ubah data nilai menjadi angka 0 dan diakhiri dengan OK.
  5. Jika Anda melewatkan serangkaian langkah, lepaskan flash drive. Hubungkan kembali flash drive dan mulai memformat.
Baca Juga:  TikTok Mod APK Tanpa Tanda Air Download Versi Terbaru 2022

Buka kunci perlindungan penulisan Flashdisk dengan CMD

Selain kedua cara di atas, ada cara lain yang tidak terlalu penting untuk dipahami. Inilah cara ini digunakan lebih banyak oleh pengguna Flash daripada sebelumnya.

  1. Pertama, Anda perlu menghubungkan flash drive ke komputer / laptop Anda.
  2. Selanjutnya, buka prompt perintah.
  3. Masuk ke bagian disk > daftar disk > pilih perintah disk. Di bagian ini Anda perlu mengganti nama flash.
  4. Jika sudah, ketik format properti disk clear readonly dan akhiri dengan perintah clean.
  5. Ketik volume daftar dan pilih volume yang tidak dapat digunakan yang direkam sebelumnya.
  6. Setelah semua langkah ini selesai, cara selanjutnya untuk memperbaiki disk yang dilindungi penulisan adalah dengan mulai mengetik format tertentu. Anda dapat memilih berdasarkan format disk yang diinginkan, termasuk format fs=fat32 atau fs=ntfs.
  7. Jika sudah, klik tombol Keluar. Jangan lupa untuk mengklik Enter setiap kali Anda mengetik perintah sehingga Anda dapat mengaktifkan perintah untuk merekam.

Tidak dapat memformat perlindungan tulis flashdisk? Tenang, begini formatnya!

Cara memperbaiki flash disk yang dilindungi penulisan

Selain cara diatas untuk mengatasi write protection disk juga bisa diatasi dengan memformat flashdisk.

Siapa bilang proteksi tulis Flashdisk tidak bisa diformat? jangan khawatir. Masalahnya mungkin benar-benar diformat. Beberapa cara bisa Anda lewati agar tidak berjalan mulus.

Memahami cara memperbaiki masalah yang dilindungi penulisan di Flash adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan sekarang. Selain ketiga cara di atas, ada cara lain yang bisa diterapkan lebih cepat dan efektif. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Cara pertama untuk mengatasi write-protected flashdisk adalah dengan mendownload aplikasi USB write-protect. Tidak diperlukan instalasi, hanya administrator yang menjalankannya.
  • Selanjutnya, hubungkan flashdisk yang Anda miliki ke komputer/laptop Anda.
  • Saat Anda mengklik Jalankan sebagai administrator di aplikasi, status proteksi penulisan akan muncul di bagian proteksi penulisan perangkat USB. Masih di bagian yang sama, ubah status Enabled menjadi Disabled.
  • Jika proses 3 berhasil, status flash disk yang dilindungi penulisan akan ditampilkan sebagai dinonaktifkan. Jadi kita dapat mengatakan bahwa flashdisk bersih dan dapat digunakan kembali.
  • Cabut dari komputer/laptop Anda dan masukkan kembali nanti untuk memeriksa. Dipastikan flashdisk bisa digunakan kembali.

Simak juga ulasan kami yang lain: Cara Mudah Mengatasi Perangkat USB Tidak Dikenal!

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Bagaimana cara menghindari virus agar flashdisk tidak write protected?

Masalah virus yang menginfeksi Flashdisk sering dirasakan oleh pengguna. Untuk menghindari virus, jangan mengunjungi atau mengakses situs yang mencurigakan dan tidak jelas, jangan mengunduh file secara sembarangan, dan selalu optimalkan flash drive Anda dengan perangkat lunak antivirus atau Windows Defender. Anda juga dapat memformat flashdisk jika berisi file spam yang tidak dikenal.

Saya mencoba format Flashdisk tetapi gagal. bagaimana?

Jika Anda gagal memformat flash secara manual, Anda harus menggunakan metode alternatif, bantuan aplikasi seperti aplikasi HDD Low Level. format alat. Cara lain adalah dengan memformat flash drive melalui kamera DSLR dan cara sederhana lainnya adalah dengan mencoba memformatnya menggunakan laptop atau PC yang berbeda (seperti milik teman Anda).

Bagaimana cara mengatasi file di flashdisk yang sering corrupt secara tiba-tiba?

Masalah file yang rusak pada flash drive cukup umum, terutama ketika pengguna menggunakan flash drive yang tidak asli atau murah. Jika file di flashdisk rusak, coba buka di PC atau laptop lain. Jika masih rusak maka masalahnya adalah flash drive. Oleh karena itu, jangan letakkan flash drive di dekat air atau tempat kotor. Juga, karena flash memiliki masa pakai, Anda harus mengganti flash lama Anda dengan flash asli yang baru bila memungkinkan.

kata-kata terakhir

Demikian pembahasan mengenai berbagai cara format untuk mengatasi flashdisk write-protected tersebut di atas yang terbukti ampuh yang dapat kami sampaikan. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi flashdisk yang Anda miliki. Ikuti semua langkah yang disebutkan untuk membuat flash Anda kembali normal.

semoga berhasil. Semoga bermanfaat!

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Perlindungan penulisan flash disk? Ikuti cara ampuh di bawah ini!

Dari Situs Fikrirasy ID