5 Sistem Keamanan Gedung yang Wajib Dimiliki untuk Menghindari Bahaya

5 Sistem Keamanan Gedung yang Wajib Dimiliki untuk Menghindari Bahaya

fikrirasy.id – 5 Sistem Keamanan Gedung yang Wajib Dimiliki untuk Menghindari Bahaya. Keamanan adalah masalah yang harus dipertimbangkan. Tidak hanya di rumah pribadi termasuk rumah atau apartemen, rumah bersama dan rumah bertingkat juga harus dilengkapi dengan perangkat keamanan yang rumit. Setidaknya terdapat lima struktur pengaman bangunan yang harus ada agar bangunan tersebut aman dari berbagai bahaya. Apakah mereka? Lihat statistiknya di sini.

Sistem Keamanan Gedung yang Wajib Dimiliki untuk Menghindari Bahaya

Bangunan yang aman tentunya membuat warganya merasa nyaman dan tenang. Keamanan adalah sesuatu yang dipertimbangkan melalui cara seseorang dalam memilih bangunan setelah kenyamanan. Itulah mengapa keselamatan adalah prioritas utama bagi setiap pemilik bangunan.

Tidak peduli seberapa mahal sebuah bangunan, tetapi memiliki perangkat keamanan yang buruk, maka bangunan tersebut tidak ada nilainya. Jadi struktur keselamatan apa yang harus ada dalam sebuah bangunan? Setidaknya ada lima bangunan pengaman sederhana yang harus dimiliki setiap bangunan agar terhindar dari bahaya.

1. Pos Keamanan 24/7

Hal pertama yang harus ada di setiap bangunan adalah alat pengaman berupa safety post yang siap siaga 24 jam non stop. Ini adalah standar keamanan bangunan paling sederhana, di mana banyak petugas keamanan dipekerjakan untuk melindungi tempat tersebut selama dua puluh empat jam, dengan shift biasanya 1 x 12 jam. Jadi bisa ada 2 shift dalam sehari.

Dengan perlindungan keamanan yang diwajibkan, sebuah bangunan akan terus berada di bawah pengawasan. Sebaliknya jika terjadi keadaan darurat akan lebih cepat dan lebih mudah penanganannya, karena ada petugas yang bertugas 24 jam sehari. Tentu saja hal ini menimbulkan rasa tenang dari penghuni sebuah bangunan.

2. Perangkat Kamera CCTV

Perangkat keamanan yang wajib dimiliki selanjutnya adalah kamera CCTV. Meski sudah dipasang pengaman di bagian depan gedung, kamera CCTV tetap dibutuhkan di luar dan di dalam gedung. Mengapa? Karena keamanan memasang unit tampilan video terbaik di luar dan di depan gedung, sementara CCTV menutupi semua kamar dan rumah di dalam gedung.

Karakteristik CCTV tidak bisa dianggap remeh. CCTV bisa dibilang sebagai pusat dari alat pengaman, karena semua kegiatan di dalam gedung dapat terekam dan dapat dikenali melalui pemilik gedung. Sehingga beragam tindak kriminal dan kejahatan cenderung dapat dicegah melalui sarana CCTV. Tak heran jika CCTV menjadi objek wajib bagi sebuah bangunan.

Baca Juga:  Fitur utama Realme 9 4G telah terungkap. Berikut adalah rincian lebih lanjut.

3. Alarm Kebakaran

Bangunan yang diinginkan harus memiliki alarm perapian. Alarm kebakaran adalah perintah untuk memberi tahu orang-orang di seluruh gedung bahwa kebakaran telah terjadi. Alat ini didesain sangat sensitif terhadap sensor panas, sehingga setelah ada perapian akan berbunyi secara robotik dan meluncurkan air untuk memadamkan perapian.
Alat pengaman yang satu ini harus didesain secara menyeluruh tanpa cacat sedikitpun. Karena itu adalah hitungan jumlah nyawa manusia. Tidak ada yang tahu kapan bencana kebakaran akan datang, juga tidak semua orang tahu kapan kematian akan datang. Jadi bersiap-siap dengan hati-hati adalah pilihan kelas satu.

Jika digali lebih dalam, alat pengaman bangunan dari perapian tidak hanya berupa alarm kebakaran, tetapi juga pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan.

4. Alat Darurat

Beragam perlengkapan darurat juga harus menjadi salah satu perlengkapan yang harus tersedia setiap saat agar bangunan aman dari bahaya. Ada banyak sistem darurat yang harus tersedia di setiap area, termasuk kit sumber daya yang berguna pertama, alat pemadam kebakaran, pengeras suara atau TOA dan juga telepon umum yang bebas digunakan.

Meskipun perlengkapan tersebut cukup sederhana dan terlihat sepele, perlengkapan tersebut sangat berharga dan banyak dicari saat situasi berisiko dan mendesak, termasuk pada tahap bencana alam, tindakan kriminal atau kesalahan teknis, termasuk terjebak dalam lift. sebagai penghuni gedung, kamu juga mungkin ingin menggunakan peralatan darurat secara teratur.

5. Pemeriksaan Masuk

Alat pengaman yang juga harus ada pada sebuah gedung adalah alat inspeksi sebelum masuk ke dalam gedung. Setiap orang, baik pengunjung maupun lalu lintas yang ingin masuk ke suatu gedung, harus terlebih dahulu diuji melalui petugas keamanan gedung. Tes ini terdiri dari beragam tas dan kartu identitas.
Meski terlihat rumit dan memakan waktu cukup lama, hal itu tetap dilakukan. Mengapa? Karena tidak ada yang mengetahui setiap kebutuhan manusia untuk masuk ke gedung, siapa dia, apa yang dia bawa, maka pemeriksaan di ambang pintu penting untuk memastikan dan menjaga keamanan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak lagi terjadi.