7 Manfaat Agar-Agar Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Agar-Agar Untuk Kesehatan Tubuh

fikrirasy.idAgar-agar merupakan makanan yang diperoleh dari pengolahan rumput laut atau rumput laut merah. Beberapa orang suka mengkonsumsinya secara langsung. Namun, tak sedikit juga yang suka mencampurkannya dengan sirup atau susu. Tekstur agar-agar umumnya mirip dengan agar-agar.

Kandungan gizi yang terkandung dalam agar-agar cukup tinggi. Agar-agar mengandung berbagai nutrisi yang meliputi:

  • Karbohidrat kompleks
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin, seperti vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K
  • Mineral, termasuk kalsium, yodium, besi, kalium, magnesium, selenium, dan zinc

Selain berbagai nutrisi di atas, agar-agar juga mengandung sedikit nutrisi lain, seperti omega-3, kolin, fosfor, dan tembaga. Agar-agar yang diekstrak dari rumput laut juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa Manfaat Agar-Agar Bagi Kesehatan
Banyaknya manfaat agar-agar bagi kesehatan tidak lepas dari kandungan gizinya yang beragam. Berikut ini adalah beberapa manfaat agar-agar bagi kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan

Dalam 1 porsi agar-agar (sekitar 100 gram), mengandung serat kurang lebih 8 gram. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, agar-agar dapat merangsang usus untuk bergerak lebih aktif. Manfaat agar-agar baik untuk pencernaan dan mencegah serta mengatasi buang air besar.

Jika kamu mengalami susah buang air besar atau konstipasi, sekarang cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan berserat tinggi, salah satunya agar-agar.

2. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

Agar-agar merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung kalsium selain susu dan olahannya. Karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, agar-agar bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi.

3. Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular

Agar-agar yang tinggi serat, antioksidan, serta mineral potasium dan kalsium, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Berbagai nutrisi yang terdapat pada agar-agar membuatnya bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal, menurunkan kolesterol, serta mencegah penyumbatan dan kerusakan pembuluh darah dalam tubuh.

Baca Juga:  8 Bahaya Vape bagi Kesehatan Dan Tingkatkan Potensi Kanker

Oleh karena itu, konsumsi agar-agar bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Agar-agar banyak mengandung zinc, protein, dan antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi agar-agar secara rutin dalam jumlah yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuhmu untuk melawan kuman dan virus penyebab infeksi.

5. Menurunkan berat badan
Jika kamu kelebihan berat badan, makan agar-agar bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Menurut sejumlah penelitian, agar-agar dapat membuat tubuh cepat merasa kenyang, sehingga nafsu makan akan lebih mudah dikendalikan.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu mengiringinya dengan pola makan yang benar dan olahraga teratur.

6. Menjaga fungsi tiroid

Agar-agar yang terbuat dari rumput laut secara alami mengandung banyak yodium. Mineral ini berperan penting dalam memproduksi hormon tiroid agar metabolisme dan kinerja organ tubuh dapat berjalan dengan baik.

Namun hati-hati, bagi kamu yang memiliki gangguan tiroid atau sedang menjalani pengobatan penyakit tiroid, sebaiknya konsumsi agar-agar dibatasi agar tidak menghilangkan kondisi tersebut.

7. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Agar-agar juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Ini berkat protein, kolagen, mineral, dan asam hialuronat alami yang terkandung di dalamnya. Agar-agar dikenal baik untuk membuat kulit lebih kencang, lembab, dan awet muda.

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi agar-agar juga perlu dibarengi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga teratur, mengurangi stres, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, agar manfaatnya bisa maksimal.

Penting untuk diingat bahwa beberapa produk jeli, terutama jeli instan, telah menambahkan gula, pewarna, bahkan pengawet.

Sebisa mungkin hindari membeli agar-agar yang mengandung ketiga bahan tersebut dan pilihlah agar-agar murni yang kualitasnya terjamin. Untuk menjaga khasiatnya, usahakan untuk tidak menambahkan banyak gula saat mengolah agar-agar.