Wakatobi, singkatan dari Empat Pulau, telah diidentifikasi sebagai tujuan wisata utama di Indonesia bagian timur.

Destinasi Wisata Wakatobi sebenarnya merupakan akronim dari nama empat pulau yang ada di Sulawesi Tenggara: Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Sebuah pulau yang dijuluki ‘Karibia Van Celebes’ oleh orang-orang di Indonesia bagian timur.

Wakatobi adalah “surga kecil” yang terkenal dengan wisata daratan dan keindahan serta pesona alam bawah lautnya. Gugusan pulau ini merupakan bagian dari Segitiga Emas Karang Dunia, yang mencakup enam negara yang terbentang dari Thailand, Malaysia, Filipina, Indonesia (Wakatobi, Bali, Kalimantan, Lombok dan Papua), Timor Timur dan Papua Nugini. Kepulauan Solomon di Samudra Pasifik.

Bahkan, Wakatobi menjadi taman nasional di Indonesia dan Cagar Alam Dunia terkait biosfer laut oleh UNESCO pada tahun 1996. Hal ini juga telah ditetapkan sebagai bagian dari Sepuluh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) oleh Presiden Joko Widodo. 10 tempat wisata terbaik di indonesia.

Hal ini menjadikan Wakatobi sebagai salah satu destinasi paling menarik bagi para penyelam di seluruh dunia. Setidaknya ada 942 spesies ikan dan 750 spesies karang di dunia bawah laut. Namun tidak hanya itu, ada tempat wisata lain yang juga akan mengejutkan wisatawan. Berikut adalah beberapa kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan di Wakatobi.

Aktivitas Menyelam Nirvana Bawah Air Tomia dan Onemohut

Wisata utama Wakatobi adalah menyelam bawah laut untuk menikmati keindahannya. Hanya membayangkan. Sebagian besar perairan Wakatobi bisa menjadi daya tarik wisata bagi para penyelam. Yang paling terkenal adalah Onemohute di Wangi-Wangi dan Roma (Roma’s Reef) di Tomia, gugusan karang “tersibuk” dibandingkan karang lainnya.

Baca Juga:  Pemeliharaan dan Pengembangan Sastra Mantra Lisan di Pulau Tidore, Maluku Utara – Fikrirasy.ID

Pada kedalaman 15 sampai 25 meter, wisatawan dapat melihat terumbu karang dengan warna yang berbeda dan melihat berbagai jenis ikan dan hewan laut yang indah lainnya. Tempat menyelam menarik lainnya di Tomia adalah Cornucopia dan Coral Gardens.

Berinteraksi dengan Suku Bajo (Gipsi Laut) di Desa Pajam, Pulau Caledupa

Masyarakat di pesisir Pulau Caledupa adalah desa Bajo Sampela yang didiami oleh Suku Bajo. Awalnya, mereka adalah Sea Gypsies, atau suku nomaden laut tertua di Wakatobi. Seiring berjalannya waktu, ia tinggal di daerah pesisir dengan perkembangan zaman. Mereka tinggal di pemukiman di atas air laut dan kehidupan tidak dapat dipisahkan dari perairan Sulawesi.

Nikmati Tur Gourmet Tradisional Wakatobi

Tidaklah benar pergi berlibur tanpa makan, jadi cobalah masakan tradisional penduduk lokal Wakatobi. Cobalah makanan seperti kasuami, parende, dan transportasi. Casuami menggunakan singkong (singkong atau singkong) sebagai bahan utama, dan singkong yang diparut dikukus dan dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk kerucut. Kemudian masak selama kurang lebih 15 menit.

Berbeda dengan parende, sajian khas butonez di Sulawesi Tenggara ini menggunakan bahan ikan segar dan diolah menjadi kuah bumbu kuning. Jika makanannya laluta atau nasi bambu, ditaruh di irisan bambu dan dibakar sampai matang. Bahan-bahan yang dibutuhkan oleh alam, seperti bambu, daun pisang, dan kayu bakar.

Perjalanan ke Puncak Surga di Pulau Tomia

Tempat wisata Puncak Kahyangan yang terletak di Pulau Tomia merupakan tempat wisata berbentuk bukit berumput dimana anda bisa menikmati indahnya pemandangan Wakatobi dari tempat yang tinggi. Lokasi memakan waktu sekitar 30 menit dari Usuku (Tomia Timur).

Ini biasanya menjadi tujuan favorit para fotografer yang ingin melihat matahari terbenam. Anda juga bisa bermalam di bukit untuk mengagumi langit tomida dan menyaksikan matahari terbit dari langit-langit.

Baca Juga:  Sedecan River Tubing, Update Wisata Ciamis Terbaru

Wisata Pulau Seribu Penyu, Pantai Pulau Anano Wakatobi

Di Waktobi, wisatawan bahkan bisa melihat penyu di pantai-pantai Pulau Anano. Bukan tempat yang disebut Pulau Seribu Penyu. Seribu Penyu mendapatkan namanya karena di sanalah penyu hijau dan penyu elang bertelur.

Bisa dikatakan kondisi pantainya sangat asri dan terdapat pasir putih yang halus. Air di pantai ini begitu jernih sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama sambil menikmati pemandangan dari Pantai Anano.

Jadi penjelasan Wakatobi ternyata merupakan singkatan dari empat pulau. Daerah ini merupakan tujuan wisata utama di Indonesia bagian timur.

Artikel menarik lainnya: Hobi Mendaki, Mengunjungi Gunung Rinjani Lombok

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Wakatobi, singkatan dari Empat Pulau, telah diidentifikasi sebagai tujuan wisata utama di Indonesia bagian timur.

Dari Situs Fikrirasy ID