Keindahan Danau Priangan Timur, Situ Gede

Situ Gede telah menjadi tujuan wisata sejak zaman penjajahan Belanda, ketika keindahan alam melumpuhkan danau atau siapa saja yang mengunjunginya.

Nama Situ Gede sendiri berasal dari bahasa daerah yang terdiri dari dua kata yaitu Situ dan Gede. Situ artinya danau dan Gede artinya besar. Tergantung pada situasinya, ada danau seluas sekitar 47 hektar dan kedalaman 6 m.

Tasikmalaya sebenarnya terkenal dengan alamnya yang sangat indah serta wisata air yang melimpah. Sebut saja wisata air terjun atau air terjun dalam kondisi masih asli.

Situ Gede merupakan salah satu tempat wisata alam lainnya yang bisa Anda kunjungi di Tasikmalaya dengan panorama keindahannya.

itu besar
Besar. Google Maps. sumber: Reza Noor Ridwan

Sejarah dan Mitologi Situ Gede Tasikmalaya

Selain alamnya yang indah, Situ Gede memiliki sejarah dan mitos yang tak lekang oleh waktu hingga saat ini. Sejarah berkaitan dengan makam di pulau yang terletak di tengah danau.

Konon seorang pria bernama Prabudillaya, yang berhasil naik takhta Kerajaan Sumedang, pergi ke Mataram untuk belajar agama.

Ia pergi bersama istrinya, Nyai Raden Dewi Kondang Hapa, dengan dua orang pembantunya.

Setibanya di Mataram, Nenek Prabudilaya terkesan dengan kemampuannya yang cepat menyelesaikan semua mata kuliah pembelajaran yang diberikan sambil belajar dengan seseorang bernama Kyai Jiwa Raga.

Akhirnya sang guru mengawinkannya dengan seorang putri bernama Dewi Cahya Karembong. Setelah menikah, Kyai Jiwa Raga meminta neneknya Prabudilaya untuk belajar agama di Tatar Sucapura.

Setelah tiga bulan menikah, Dewi Cahya Karembong bertanya kepada Nyai Raden Dewi Kondang Hapa apakah dia belum menunaikan kewajibannya sebagai seorang istri. Dan ternyata Nyai Raden Dewi Hapa yang terkenal juga mengalami hal yang sama, meski mereka baru setahun menikah.

Makam Prabudilaya
Makam Prabudillaya. Google Maps. sumber: Eddie Sutrisna

Singkatnya, mereka berdua berencana untuk membunuh Nenek Prabudilaya sampai saatnya tiba ketika mereka harus menikam keris di dadanya. Inilah penyebab meninggalnya Prabudillaya.

Jenazah Prabudillaya dipindahkan ke rawa tersembunyi dengan bantuan dua pengawal. Pada akhirnya, mereka juga dibunuh untuk menghilangkan jejak.

Seorang ibu di Sumedang prihatin dengan kondisi anaknya Prabudillaya. Sampai dia tiba di rawa tempat dia dimakamkan berkat doa yang dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa.

Ketika sang ibu berdoa agar makam putranya dilindungi, air memenuhi rawa-rawa, hanya menyisakan pulau tempat putranya dimakamkan.

Kemudian, dalam perjalanan pulang, ibu saya bertemu empat ikan. Ikan diberi tugas menjaga makam Nenek Prabudillaya.

Dan hingga saat ini, konon makam Eyang Prabudillaya dijaga oleh empat ekor ikan yang berukuran cukup besar. Dan itu selalu digunakan pada ziarah dengan juru kunci.

Baca Juga:  Wah...! Malam Tahun Baru di Yogyakarta Water Park – Fikrirasy.ID

Atraksi Situ Gede

Selain cerita sejarah dan mitos yang diulas di atas, Situ Gede Tasikmalaya juga layak dikunjungi bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

Objek wisata Situ Gede antara lain:

itu besar
Ada gowes besar. Google Maps. sumber: Aris Hendriawan

1. Kepribadian yang keren

Hamparan danau sangat indah, dihiasi dengan beberapa pohon hijau yang cukup rindang, jadi tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu.

Anda bisa duduk di beberapa platform tontonan yang tersedia sambil menikmati panorama alam yang terbentang di depan mata. Banyak pengunjung yang datang pada sore hari untuk menyaksikan proses sunset.

Jangan lewatkan untuk menemukan beberapa foto yang sangat keren dan bagus. Anda kemudian dapat memposting ke berbagai media sosial.

2. Di sekitar danau yang luas

di sekitar danau
di sekitar danau. Google Maps. sumber: Leah Nourhendriawati

Anda juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi danau atau Situ Gede. Manajemen menawarkan beberapa perahu dengan harga sewa Rp. 10.000 – per orang saja. Anda dapat bersenang-senang dengan orang yang Anda cintai. Anak-anak akan senang.

3. Berkemah

Satu atau dua jam tidak cukup untuk menikmati keindahan alam, jadi Anda akan memiliki kesempatan untuk mendirikan tenda dan berkemah di area yang disediakan.

Berkemah adalah cara yang tepat untuk menikmati Situ Gede yang lebih lama dengan suasana danau di malam hari. Juga, bersiaplah untuk melihat matahari terbit yang indah keesokan paginya.

Pemiliknya juga menyediakan jasa sewa tenda, jadi tidak perlu membawa tenda.

Menangkap keindahan danau
Menangkap keindahan danau. Google Maps. sumber: oke Randy

Lokasi dan alamat Situ Gede Tasikmalaya

Lokasi Situ Gede berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis dan tepatnya berada di Desa Linggajaya Kecamatan Mangkubumi.

Akses menuju Situ Gede sangat mudah dengan segala jenis kendaraan, baik roda dua maupun empat.

Dibutuhkan sekitar 6 km dari kota Tasikmalaya dan perkiraan waktu 20-30 menit.

matahari terbenam di sana sangat bagus
Matahari terbenam di sana sangat bagus. Google Maps. sumber: Eddie Super Eddie

Jam Operasional Shih Tzu Hebat

Situ Gede Tasikmalaya buka 24 jam setiap hari Senin sampai Minggu.

Tiket Masuk Situ Gede Tasikmalaya

Tiket ke Situ Gede sangat terjangkau dan Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000,- per orang.

Fasilitas di Situ Gede

Fasilitas Situ Gede antara lain:

  • tempat parkir kendaraan,
  • Observatorium,
  • kamar kecil,
  • tempat perkemahan,
  • Warung makan dan minum.
Digunakan oleh penduduk setempat untuk memancing
Penduduk setempat menggunakannya untuk memancing. Google Maps. sumber: Ronnie Melon

Jadikan Situ Gede sebagai objek wisata akhir pekan ini. OKE! Di sinilah Anda bisa menikmati keindahan danau Priangan Timur yang luas.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Keindahan Danau Priangan Timur, Situ Gede

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment