Curug Cina Cocok Untuk Penyembuhan, Wisata Alam Subang yang Instagramable

Curug Cina bisa jadi pilihan untuk mengisi liburan akhir pekanmu dengan pilihan tempat wisata yang instagramable, terutama air terjun Subang.

Curug Cina merupakan bagian integral dari pariwisata Sagalaherang. Seperti pada artikel sebelumnya, ada beberapa rekomendasi tempat wisata di kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang.

Dan pada artikel-artikel sebelumnya, penulis telah beberapa kali mengomunikasikan tentang dilema wisata air terjun, terutama berwisata ke tempat airnya berasal dari sungai di atasnya.

air terjun cina
air terjun cina. Google Maps. sumber: gosip indonesia

Lihat juga: Seewading Falls

Dilema berkaitan dengan indra yang diberikan oleh pemandangan dan air terjun. Selama musim kemarau, drainase biasanya lebih sedikit, yang mengurangi nilai dramatisnya dan tidak memiliki nuansa Instagrammability.

Tapi kalau lagi musim hujan, pemandangannya pasti bagus. Namun, sulit untuk trekking ke lokasi utama karena licin. Bahkan, beberapa objek wisata air terjun mengharuskan pengunjung untuk meninggalkan area utama air terjun.

Begitu juga dengan pemandangan Curug Cina Subang yang semakin Instagramable, apalagi saat musim hujan. Biasanya penulis suka datang lebih awal dan pulang sebelum Ashar jika mengunjungi objek wisata air terjun saat musim hujan.

Ada baiknya menunggu selama tidak hujan sepanjang hari. Dan inilah ulasan tentang Wisata Culook Cina Subang yang telah muncul sebagai destinasi wisata Instagrammable di Subang.

lokasi air terjun cina

Lokasi Curug Cina beralamat Kp. Sinapool, Desa Kurugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Jalan ke Air Terjun China
Dalam perjalanan ke Air Terjun China. Google Maps. sumber: Susan Marcheviola

Lihat juga: mata air cimincul

Jalan menuju Curug Cina Subang pada dasarnya adalah kendaraan roda dua dan roda empat menuju tempat parkir.

Namun, jika Anda menggunakan Google Maps, ada baiknya bertanya kepada penduduk setempat. Secara umum, cara kerja Google Maps karena lebih fokus pada pengurangan jarak tempuh, bahkan saat kondisi jalan buruk.

Jika Anda berangkat dari Subang Plaza, jaraknya sekitar 20 km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai tempat parkir.

Dan dari Tangkuban Perahu jarak tempuhnya sekitar 27 km dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit.

pemandangan air terjun cina
Pemandangan air terjun Cina. Google Maps. sumber: baik R12

Lihat juga: Bukit Sant’ion

Setelah sampai di tempat parkir wisata Curug Cina Subang, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau trekking di sepanjang rute yang telah ditentukan.

Kondisi jalur trekking di awal perjalanan baik. Namun setelah itu, kondisi jalan masih didominasi oleh lapisan tanah.

Beberapa persimpangan memiliki rambu-rambu. Jarak dari tempat parkir mobil ke lokasi utama Curug Cina sekitar 30 menit.

Trekking ke lokasi utama Curug Cina Subang sangat menyenangkan saat cuaca cerah. Sempurna untuk mereka yang membutuhkan penyembuhan karena pemandangan dan udara sangat membantu.

Ya, pengunjung harus mempersiapkan diri terlebih dahulu agar bisa menikmati di venue utama. Karena tidak ada warung yang menjualnya di sekitar air terjun. Anda juga dapat memilih opsi pembelian dari toko tepat di persimpangan rute trekking.

bermain air tawar
Bermain di air tawar. Google Maps. sumber: Sunardi Galon

Lihat juga: Resor Dataran Tinggi Siater

harga tiket air terjun cina

  • Curug Cina Rp. 10.000 won per orang.
  • Tiket Parkir Motor Curug China Rp. 3.000
  • Tiket Parkir Curug China Rp. 5.000

Jam buka Air Terjun China

  • Curug Cina Subang buka pukul 06:00 – 17:00.
  • Curug Cina Subang buka setiap hari.

Fasilitas Air Terjun China

Semua fasilitas wisata di Curug Cina Subang terpusat di dekat tempat parkir. Oleh karena itu, tidak ada fasilitas umum seperti toilet di kawasan utama Curug Cina.

Tempat wisata alam di Subang
Tempat wisata alam Subang. Google Maps. sumber: Dia Fitria

Lihat juga: Kolam Tirta Citapen

Sejarah Air Terjun Tiongkok

Ini mewakili situasi kuno sehubungan dengan sejarah air terjun Cina, terutama sejarah penamaan. Saat itu kawasan Curug Cina Subang sering dijadikan tempat berburu orang Tionghoa. Hingga suatu hari, salah satu pemburu tewas dalam bencana.

atraksi air terjun cina

Curug Cina Subang sangat populer, terutama saat musim hujan, menjadikannya salah satu objek wisata Subang yang paling Instagramable.

Pemandangan air terjun yang begitu dramatis bisa menjadi background foto yang sangat bagus dan layak untuk di posting di media sosial.

Curug Cina tingginya sekitar 20 m dan memiliki beberapa anak tangga. Area utama didominasi oleh bebatuan.

nikmati indahnya air yang mengalir
Nikmati aliran air yang megah. Google Maps. sumber: Wawa Rusunawan

Lihat juga: peternakan ciater

Debit airnya sangat deras, jadi lebih baik memilih berenang atau bermain air di titik lain. Masih banyak tempat yang cocok untuk melakukan aktivitas tersebut di sekitar air terjun.

Perlu diketahui bahwa lokasi utama dan jalur trekking Curug Cina masih minim fasilitas tempat sampah. Jadi kami ingin pengunjung kami bisa menjaga kebersihannya. Secara khusus, jangan membuang sampah plastik di sembarang tempat.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Curug Cina Cocok Untuk Penyembuhan, Wisata Alam Subang yang Instagramable

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Cara mendaftar online untuk membuka Kebun Binatang Lagunan setelah Tahun Baru