Bukit Klangon, Yogyakarta, tempat wisata di kaki Gunung Merapi

Bukit Klangon Jogja merupakan destinasi wisata di kaki Gunung Merapi. Sebuah objek wisata yang dikelola oleh pemuda setempat yang terletak di ketinggian sekitar 1.100m di atas permukaan laut. Sehingga membuat kondisi udara menjadi lebih sejuk.

Awalnya, nama tempat wisata alam Jogja ini adalah Bukit Glagaharjo. Seiring berjalannya waktu, namanya pun berubah menjadi Bukit Klangon. Semakin banyak pengunjung datang karena kios-kios itu terletak, diatur, dan dipelihara dengan baik dengan membangun jembatan kecil.

Cuaca yang sejuk dan pemandangan di kaki gunung menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin melihat puncak Gunung Merapi dari dekat.

Bukit Klangon, Yogyakarta, dimana Anda bisa melihat puncak Merapi dari dekat

Pengunjung dapat mengagumi keindahan bukit dan melihat dari dekat puncak Gunung Merapi saat cuaca cerah. Juga di Gunung Klangon Merapi di sekitar destinasi wisata di Sleman ini terlihat jelas perkebunan dan aktivitas warga yang merumput dan bercocok tanam.

Wisatawan juga bisa mendaki untuk melihat panorama alam di sekitar kaki alam Gunung Merapi. Anda juga bisa melihat keindahan puncak Merapi dari observatorium yang dibuat setelah letusan gunung berapi 2010.

Observatorium setinggi 5 meter ini bisa menjadi daya tarik wisata bagi yang ingin berfoto-foto di Gn. Anda juga dapat mendengar Fikrirasy.ID dari waktu ke waktu dan melihat satwa liar termasuk monyet, burung kepodang dan musang di sekitar.

Gulungan gantung Bukit Klangon cocok untuk berkemah

Wisatawan juga bisa berkemah di Bukit Klangon di Jogja. Daerah yang landai, datar, berbukit merupakan lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda. Suasana sejuk Bukit Klangon di malam hari sambil memandang Gunung Merapi menjadi daya tarik yang representatif dari destinasi wisata Yogyakarta ini.

Oleh karena itu, Bukit Klangon Yogyakarta menawarkan tempat perkemahan di antara halaman rumput. Atraksi lereng bukit ini cukup besar untuk mendirikan puluhan tenda. Banyak orang pergi berkemah, terutama di akhir pekan.

Ketika Anda berkemah di bukit ini, Anda akan disambut oleh udara sejuk dan sinar matahari pagi yang malu-malu. Selain itu, terdapat pepohonan yang segar di kaki Gunung Merapi, sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman.

Extreme Sport Downhill Cycling di Bukit Klangon Kaliurang Jogja

Bukit Klangon Jogja juga memiliki tempat untuk olahraga ekstrim seperti bersepeda menuruni bukit dan mendaki bukit. Pengelola setempat membangun fasilitas sirkulasi menuruni bukit sepanjang 20 meter di kaki gunung dengan lintasan menuruni jalan.

Baca Juga:  Wisata bulan madu Indonesia menarik perhatian

Lokasi olahraga ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai adrenalin. Trek yang dibangun berupa jalan menanjak dan menurun, serta beberapa bagian curam. Sudah banyak yang mencoba sirkuit downhill cycling bahkan menjadi venue event balap sepeda.

Lokasi Bukit Klangon Cangkringan Sleman Jogja

Wisata alam Yogyakarta bertema bukit ini terletak tepat di kaki Gunung Merapi. Alamatnya termasuk di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Wisatawan yang ingin berkunjung dapat menempuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Lokasinya juga mudah dijangkau dengan sepeda motor dan mobil di sepanjang arah Bukit Klangon menggunakan Google Maps.

Artikel menarik lainnya : Desa Wisata Panusupan Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah Destinasi Panorama Alam yang Indah

Harga Tiket Bukit Klangon

Pengunjung yang ingin merasakan kesejukan destinasi wisata ini hanya membayar Rp5.000 dan Rp10.000,00 per orang untuk camping. Juga Rp. 2.000.00/sepeda motor dan Rp. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3.000,00/mobil. Buka 24 jam, jadi Anda bisa berkunjung kapan saja.

Fasilitas yang tersedia cukup memadai, seperti toilet, tempat parkir, mushola, dan spot foto Instagram. Ada banyak kios yang menawarkan hidangan berat dan ringan bagi mereka yang ingin makan. Vendor menyediakan makanan dan minuman yang cukup untuk dibeli wisatawan.

Informasi Bukit Klangon, Yogyakarta, tempat wisata di kaki Gunung Merapi. Udaranya cukup dingin, sehingga wisatawan yang ingin berkunjung sebaiknya mengenakan pakaian yang tebal. Terutama bagi mereka yang ingin berkemah dan menginap.

Datanglah saat cuaca bagus dan dapatkan mobil yang bagus untuk dibawa ke tanjakan. Saat datang ke Bukit Klangon, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan mengikuti protokol kesehatan.

Artikel menarik lainnya : Destinasi wisata Pantai Pulau Pisang Lampung, Rute yang dikeluarkan wisatawan dan harga tiket

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bukit Klangon, Yogyakarta, tempat wisata di kaki Gunung Merapi

Dari Situs Fikrirasy ID