Pemilik Anabul tidak tahu. Berikut 7 ciri kucing sakit yang harus Anda ketahui.

Fikrirasy.ID — Seperti manusia, hewan peliharaan bisa sakit. Jika Anda tidak segera mengobati gejala kucing yang sakit, kucing kesayangan Anda bisa mati karena penyakit yang dideritanya.

Untuk melakukan itu, lebih baik mulai mempelajari ciri-ciri kucing sakit yang dimiliki Bob, daripada terlambat. Ini agar Anda dapat mengambil tindakan pencegahan jika kucing kesayangan Anda menunjukkan ciri-ciri tersebut.

Mari kita pelajari bersama ciri-ciri kucing sakit berikut ini demi pemilik Anable.

Ciri-ciri kucing sakit yang harus diketahui

1. Perubahan perilaku

Tanda pertama kucing sakit adalah perubahan perilaku Anabul kesayangannya. Sifat kucing yang sakit ini akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang bagaimana kucing Anda berperilaku setiap hari.

Jika kucing Anda biasanya aktif, tetapi kemudian tiba-tiba banyak bersembunyi dan menjadi pendiam, ini bisa jadi pertanda. Beberapa kucing lebih pilih-pilih dan lengket atau membutuhkan perhatian dari biasanya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memperhatikan pergerakan Anabul. Jika ia tampak terpincang-pincang dan berjuang untuk bergerak seolah-olah tidak bisa berlari, kucing Anda mungkin mengalami masalah suplai.

Setelah melihat perilaku yang tidak biasa pada hewan peliharaan Anda, segera bawa dia ke dokter hewan terdekat. Jangan lupa juga untuk menjelaskan gejala yang Anda lihat pada hewan peliharaan Anda.

Perubahan sifat perilaku pada kucing yang sakit
Ubah perilaku melalui pexels.com/@thirdman

2. Muntah dan tidak mau makan

Muntah dan kehilangan nafsu makan adalah beberapa gejala yang bisa terjadi saat Anda tidak sehat. Sama seperti manusia, kucing juga mengalami gejala ini saat sakit.

Gejala pada kucing yang sakit, seperti muntah, biasanya berhubungan dengan sakit perut ringan pada kucing. Selain itu, muntah kucing sering disebabkan oleh keracunan makanan, mabuk perjalanan, dan alergi makanan.

Adapun ciri-ciri lain dari kucing yang sakit, seperti nafsu makan, Anda harus memperhatikan rutinitasnya sebagai pemiliknya. Kadang-kadang, kucing mungkin melewatkan makan, tetapi ini biasanya dalam kisaran normal.

Jika kucing Anda tidak memakan semuanya atau hanya makan sedikit, jangan abaikan. Kunjungi dokter hewan Anda untuk mencari tahu apa yang menyebabkan kucing Anda muntah dan kehilangan nafsu makan.

Saya benci memakan ciri-ciri kucing yang sakit
Tidak mau makan via pexels.com/@roman-odintsov

Baca juga: Gatal saat tidur? Hati-hati dengan kutu kucing! Berikut ciri-ciri dan cara menghilangkannya.


3. Penurunan Berat Badan

Nafsu makan yang berkurang mempengaruhi berat badan kucing Anda. Tidak heran jika penurunan berat badan menjadi salah satu ciri kucing sakit yang harus Anda ketahui dari Anabul tercinta.

Faktanya, bukan hanya penurunan berat badan yang berbahaya bagi kucing. Kenaikan berat badan juga bisa menjadi perhatian. Namun, menurunkan berat badan dalam jangka pendek lebih berbahaya.

Secara umum, kucing yang kehilangan berat badan adalah tanda penyakit tertentu. Salah satunya adalah hepatic lipidosis, di mana tubuh kucing Anda memecah terlalu banyak lemak terlalu cepat.

Untuk melakukan ini, kami sarankan untuk memeriksa berat badan hewan peliharaan Anda secara teratur. Jika Anda tidak yakin dengan ciri-ciri kucing sakit ini, Anda bisa membuat janji dengan dokter hewan sebelumnya.

Tanda-tanda Penurunan Berat Badan Kucing Sakit
Menurunkan berat badan melalui pexels.com/@pixabay

4. Bau mulut

Bau mulut adalah tanda lain dari kucing sakit yang membutuhkan perhatian khusus. Alasannya mungkin karena Anda tidak terlalu memperhatikan saat hewan peliharaan Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap dari mulutnya.

Ciri-ciri kucing yang sakit biasanya dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti masalah gigi, ginjal, pernapasan, dan diabetes. Fakta ini tentu memaksa Anda untuk bertindak cepat.

Baca Juga:  Ingin menginap di Jakarta? Yuk simak rekomendasinya.

Jangan lupa juga untuk mewaspadai air liur atau pendarahan yang berlebihan dari mulut Anda. Infeksi mulut dapat membuat seluruh tubuh Anda terpapar bakteri. Untuk melakukan ini, bawa dia ke dokter hewan segera.

Seperti disebutkan sebelumnya, bau mulut yang parah sering dikaitkan dengan penyakit serius. Anda bisa menggunakan sikat gigi kucing dan pasta gigi kucing untuk mencegah bau mulut di kemudian hari.

Bau mulut, gejala kucing sakit
Bau mulut via unsplash.com/@timothymeinberg

Baca juga: Apakah Anda ingin bepergian dengan Anabul favorit Anda? Berikut cara mendapatkan kucing di pesawat.


5. Tampilan Lemah

Kucing sering bersembunyi saat ingin menikmati hari tanpa diganggu. Kucing juga menghemat energi, seperti tidur di siang hari, hingga melakukan aktivitas seperti berburu.

Namun, Anda perlu waspada jika tiba-tiba bersembunyi lebih dari biasanya. Kucing peliharaan Anda mungkin sebenarnya sedang menderita dan ini akan bermanifestasi sebagai kelemahan yang merupakan salah satu ciri kucing yang sakit.

Seekor kucing yang tiba-tiba bersembunyi dari rasa sakit dan stres. Sementara itu, kucing yang tampak lemah disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti abses gigitan dan masalah yang lebih serius.

Untuk melakukan ini, amati perilaku kucing Anda. Jika kucing Anda terlihat lesu selama lebih dari 24 jam atau terus bersembunyi secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, hubungi dokter hewan terdekat.

Ciri-ciri kucing lemah yang terlihat sakit-sakitan
Terlihat lemah via pexels.com/@pixabay.

6. Sering minum

Minum terlalu banyak air adalah pertanda buruk bagi kucing Anda dan harus dipertimbangkan. Pasalnya, saat kucing sakit, ia sering mengalami dehidrasi dan banyak minum air putih.

Ciri kucing yang sakit biasanya karena hewan peliharaannya tidak mau memakannya. Jika Anda minum terlalu banyak air, kucing Anda akan terlihat sangat lemah dan cenderung sering tidur.

Sangat mudah untuk menentukan apakah kucing Anda mengalami dehidrasi. Peras dengan lembut kulit di dekat tulang belikat. Tarik ke atas dari tubuh Anda dan lepaskan tarikannya.

Jika tidak segera kembali, itu tandanya dehidrasi. Jika Anda mengalami gejala kucing sakit, segera bawa ke dokter terdekat. Fungsi ini dapat mengindikasikan penyakit ginjal, diabetes atau tiroid.

Tanda-tanda kucing dehidrasi pada kucing yang sakit
Kucing dehidrasi melalui unsplash.com/@dorographie

Baca juga: apakah kamu punya kucing? Ketahui 7 Arti Posisi Ekor Kucing Anda Berikut Ini


7. Mengubah manajemen diri

Tanda terakhir kucing sakit adalah perubahan cara kucing merawat dirinya sendiri. Pasalnya, kucing pada umumnya adalah hewan yang bersih dan selalu menjaga dirinya sendiri.

Jika kucing Anda tiba-tiba tidak merawat dirinya sendiri, ada baiknya Anda memeriksakan kesehatannya. Ini bisa menjadi tanda stres dan juga bisa menunjukkan masalah lain, seperti radang sendi pada kucing Anda.

Jika Anda memperhatikan area mata kucing, Anda bisa memastikan ciri-ciri kucing sakit ini. Penumpukan debu di mata Anda dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang perlu ditangani.

Bahkan jika terlihat kecil, itu bisa berkembang menjadi kondisi yang serius. Jika tidak hilang dalam waktu 24 jam atau jika kucing Anda menyipitkan mata, ada baiknya Anda segera menemui dokter hewan.

Perubahan karakteristik perawatan diri kucing yang sakit
Perubahan yang Dikelola Sendiri melalui pixabay.com/users/dimitrisvetsikas1969-1857980/

Jika Anda memiliki kucing di rumah, maka ciri kucing sakit yang harus Anda waspadai.

Baca juga artikel-artikel menarik Bob lainnya yang bisa Anda baca di sini.

Selamat tinggal? Ya di Fikrirasy.ID

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Jika Anda menginap di Fikrirasy.ID, Anda bisa merasakan akomodasi yang berbeda.

Pasalnya, Fikrirasy.ID sendiri menyediakan fasilitas yang membuat Anda serasa berada di masa depan. Tak heran jika banyak orang merasa senang setelah menginap di Fikrirasy.ID.

Informasi lebih lanjut tentang pesanan Anda POLONGDapat diunduh dari aplikasi Fikrirasy.ID, yang dapat diunduh melalui https://www.Fikrirasy.ID.com. Link ini.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pemilik Anabul tidak tahu. Berikut 7 ciri kucing sakit yang harus Anda ketahui.

Dari Situs Fikrirasy ID