Makanan Khas Sunda Legendaris, Dijamin Bikin Ketagihan!

Fikrirasy.id – Indonesia, memang punya aneka hidangan yang enak, unik dan berciri khas tersendiri, seperti semua Makanan Khas Sunda Legendaris dibawah.

Mencicipi kuliner Khas nusantara merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Apa lagi makanan khas sunda yang kamu nikmati, tentu semua itu akan meninggalkan kesan identik semasa melakukan perjalanan ke tanah sunda.

Saat ini, Nusantara Indonesia memiliki banyak varian menu dan berbagai aneka rasa yang bisa kamu cicipi. Menariknya lagi, dari menu di masing-masing daerah, tentu memiliki cita rasa khas tersendiri yang membuat makanan tersebut makin banyak di kenal masyarakat luas.

Makanan Khas Sunda misalnya, yang mana tak lepas dari pemanfaatan bahan dasar sayuran dengan rasa pedas dan di padu dengan buah-buahan segar. Pemanfaatan semua bahan dasar tersebut tidak lepas dari daerah sunda itu sendiri, yang mana sangat mudah ditemui di setiap pasar di wilayah tersebut.

Meskipun pemanfaatan bahan dasar tersebut selalu identik, ternyata ada juga lho guys makanan khas sunda yang tidak menggunakan sayuran. Walaupun tidak menggunakan sayuran, tetap saja rasanya sangat enak dan bahkan bisa membuat kamu makin ketagihan. Lantas apa saja sih semua makanan tersebut? Yuk Simak ulasan Fikrirasy berikut ini.

Makanan Khas Sunda

Berikut ini makanan khas Sunda yang bisa bikin kamu makin ketagihan:

1. Karedok

Jika kamu salah satu orang yang menyukai sayuran, maka Karedok bisa menjadi makanan favorit yang perlu kamu makan setiap hari. Makanan yang selalu identik dengan tanah sunda ini selalu memanfaatkan bahan dasar sayuran dan dikombinasi dengan rasa pedas.

Bahan-bahan yang biasa ikut berperan untuk membuat makanan ini yaitu kacang panjang, sayur kol, leunca, mentimun, dan bahkan ada pula yang menambahkan daun kemangi kedalamnya. Sekilas ini tampak seperti urapan, namun karedok di buat dengan memanfaatkan bahan matah, yang mana membuat nutrisinya masih utuh tanpa berkurang sedikit pun.

Sedangkan bumbu yang selalu menyertai makanan ini adalah saus kacang yang selanjutnya di beri sedikit kencur agar aroma dan rasanya makin nikmat.

Penyajian karedok sendiri paling cocok pada saat siang hari dalam cuaca panas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mu. Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi datang ke tanah Sunda untuk menikmati Karedok. Karena, makanan ini sudah banyak dan mudah di temui di berbagai wilayah sekitar mu.

2. Nasi Timbel

Di Jaman dulu, Nasi Timbel adalah bagian dari bekal bagi para petani untuk menyantap makanan saat di ladang. Lalu apa itu Nasi timbel? Ini merupakan nasi biasa yang yang di kemas menggunakan daun pisang selagi panas atau baru saja matang.

Baca Juga:  Ide Usaha di Kampung Berpotensi dapat Berkembang 2022

Proses pengemasan Nasi timbel dalam keadaan panas dan menggunakan daun pisang ini bertujuan untuk menciptakan aroma segar untuk nasi yang satu ini. Sehingga, lezat bila di santap langsung di sawah.

Sementara itu, beras yang digunakan dalam proses pembuatan nasi timbel ini biasanya Bagolo atau dengan kata lain beras merah yang sudah tercampur denga beras lain. Nah, perpaduan pengemasan yang unik dan bahan dasar ini membuat rasa Nasi Timbel mampu membuat banyak orang ketagiha.

Sekarang ini, Nasi timbel sebagai makanan khas Sunda ini kerap di jual di berbagai daerah. Namun, banyak penjual yang memadukan berbagai lauk pauk seperti Empal, ikan asin, ayam goreng, tawes, ikan pepes dan tahu/tempe sebagai pelengkapnya.

Hal ini berguna agar pembeli bisa merasakan nasi di era dulu yang sudah melegenda namun tetap nikmat buat di konsumsi sekarang. Nah, jangan sampai kamu melewatkan makanan yang satu ini Guys.

3. Awug

Awug menurut saya lebih cocok sebagai makanan Khas sunda tradisional yang masuk dalam kategori jajanan pasar. Mungkin kamu tidak menyadari betapa populer makanan ini sampai sekarang.

Bahan dasar pembuatan Awug sendiri adalah tepung beras. Sementara itu, bahan lainnya yang ikut berperan yakni air, gula, garam, dank kelapa yang sebelumnya telah di parut.

Proses pembuatan Awug sendiri tidak begitu sulit lho guys. Biasanya, seseorang membuatnya denga cara di kukus dan kemudian di asap. Awug, sebagai jajan khas tradisional sunda ini selalu indetik dengan bentuknya yang selalu kerucut. Tentu saja, bentuk tersebut sudah menjadi bagian ciri khasnya.

Jika kamu penasaran dengan Awug, sebaiknya membeli langsung atau belajar cara membuat sendiri rumah. Tetapi, karena makanan ini paling nikmat jika di santap dalam keadaan hangat, maka saya merekomendasikan dengan membuat sendiri.

Ketika kamu sanggup membuat sendiri di rumah, maka kamu dapat mengikuti kebiasaan suku sunda jaman dahulu yakni menikmati Awug selagi hangat bersama secangkir Teh manis di teras rumah.

Baca Juga: Makanan Khas Palembang Yang Tak Pernah kamu Makan Tetapi populer

Demikian ulasan dari Fikrirasy.id terkait Makanan Khas Sunda yang bisa kamu pahami, jangan lupa nantikan update terbaru lainnya ya, sampai jumpa.