Akibat Bau Mulut yang Tak Kunjung Pergi dari Hidup Anda

Fikrirasy.id – Akibat bau mulut tentu tidak bisa kamu sepelekan begitu saja. Selain mengurangi rasa percaya diri ketika berbicara, ada akibat lain yang lebih parah selain hal tersebut. Apakah kamu tahu apa itu? Simak selengkapnya berikut ini!

Bau mulut terkadang datang tiba-tiba tanpa sepengetahuan kita. Bahkan kita tidak bisa menerima semua itu jika mengalami kondisi tersebut, walaupun dalam kenyataan-nya bahwa semua itu benar.

Itu memang kondisi yang wajar dan kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, jangan sampai kamu menghiraukan semua itu begitu saja, tanpa memikirkan tindakan khusus untuk menghilangkan bau mulut yang terus tercium hingga sekarang.

Jika kamu membiarkan bau mulut tersebut terjadi berkelanjutan, maka akan memicu akibat/efek dari kondisi tersebut. Lantas apa saja akibat bau mulut itu?

Akibat Bau Mulut

Jangan pernah membiarkan bau mulut itu tetap ada pada diri Anda jika tidak ingin merasakan beberapa akibat berikut ini:

1. Rasa Percaya diri Menjadi Berkurang

Sebagai salah satu orang yang selalu ingin menjaga harga diri, tentu saja tidak ingin rasa percaya diri mereka hilang seketika setelah mengetahui bahwa ternyata ia mengalami kondisi bau mulut yang amat tak sedap.

Jika biasanya kamu bercanda dengan teman atau rekan kerja, atau bahkan bercakap dengan orang lain, maka hari ini dengan terpaksa kamu tidak bisa melakukan rutinitas tersebut karena kondisi yang tak memungkinkan. Semakin lama kamu mempertahankan bau mulut itu tetap ada, maka rasa percaya diri itu akan semakin berkurang.

2. Dijauhi Banyak orang

Tak satu orang pun sampai detik ini yang suka dengan aroma mulut tak sedap. Entah itu anak-anak atau orang dewasa. Jika saat ini usia mu dalam masa remaja, bergaul dengan teman atau orang lain tentu saja itu sangat diperlukan.

Baca Juga:  Penyebab Bau Mulut Pada Anak Ini Jarang Orang Tahu

Tetapi jika mulut Anda bau, siapa orang yang akan mendekat. Tentu saja mereka akan memilih untuk menjauh secara perlahan, dan bisanya kejadian ini tidak pernah kamu sadari.

Coba ingat kembali rutinitas harian yang pernah kamu lakukan di waktu lampau. Ketika kamu berbicara dengan seseorang, kemudian orang tersebut menjauh dan menjaga jaraknya dengan mu, apa yang akan kamu pikirkan? Tentu saja kamu perlu menyadari bahwa ada sesuatu yang janggal yang tak kamu ketahui pada saat itu.

Mungkin orang tersebut tidak akan langsung menegur mu, dan justru memilih untuk menjauh secara perlahan. Itu merupakan salah satu contoh sikap saling menghargai. Sekarang tugas anda adalah mencari alasan yang membuat orang tersebut menjauh.

Secara umum, kasus seperti ini adalah salah satu akibat bau mulut yang berlebihan. Dan terkadang, seseorang yang mengetahui masalah bau mulut ini tidak akan langsung menjauhi mu. Tetapi, menunggu untuk pertemuan selanjutnya.

3. Menimbulkan penyakit serius

Akibat bau mulut yang terakhir adalah timbulnya penyakit serius yang mungkin saja tidak pernah kamu sadari sebelumnya. Hal ini saya jadikan alasan karena terdapat beberapa kasus penyebab bau mulut ternyata akibat dari adanya penyakit tertentu.

Gagal Ginjal, Sleep Apnea dan Diabetes merupakan sedikit contoh jenis penyakit yang bisa mengakibatkan keluarnya bau tak sedap dari mulut seseorang.

Memang kasus ini sangat jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter, terutama jika bau mulut yang kamu alami cukup aneh dan terjadi secara berkelanjutan.

Jadi, akibat bau mulut ini jangan pernah kamu abaikan ya, karena salah satunya dapat membahayakan keselamatan diri kamu sendiri.