2 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Menggunakan Daun Sirih dengan Cepat

Fikrirasy.id – Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut ini bisa pula kamu lakukan dengan memanfaatkan daun sirih. Selain alami, memilih metode ini tentu sangat minim risiko, terutama dari masalah kesehatan.

Mendengar daun sirih, sebenarnya sudah tak asing lagi sebagai bahan dasar obat tradisional. Karena sejak jaman dahulu, daun sirih teruji sebagai salah satu bahan obat paling mujarab. Sementara itu, manfaat lain yang bisa kita temui pada daun sirih yaitu berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Dengan kata lain, ini adalah salah satu cara alami menghilangkan bau mulut yang dapat kamu pilih.

Dengan adanya Antioksidan pada daun sirih ini, justru mampu memberikan efek terbaik, terutama sebagai antibakterial. Tak heran jika beberapa orang di masa lalu menggunakannya sebagai salah satu obat untuk menghambat adanya pertumbuhan bakteri.

Tak hanya itu saja, sebagian besar orang saat ini juga memanfaatkan daun sirih sebagai salah satu cara untuk mengurangi tingkat produksi zat Asam yang timbul akibat bakteri.

Tingkat popularitas daun sirih dengan segudang manfaat ini bermula dari Negara China dan India. Kemudian, dari mulut ke mulut, khasiat daun sirih ini semakin dikenal luas oleh semua orang dari segala wilayah.

Dalam penelitian yang pernah dirilis oleh American Journal of Ethnomedicine, daun ini mengandung kadar minyak yang saat ini kita kenal sebagai Atsiri. Selanjutnya di dalam minyak Atsiri ini, terkandung pula sebuah zat yang disebut dengan allylpyrocatechol (APC). Dengan adanya kadar zat allylpyrocatechol (APC) pada daun sirih ini lah yang bisa membuat bakteri anaerob pemicu bau mulut menjadi terikat.

Adanya penelitian terhadap daun sirih tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa dengan memanfaatkan daun ini, tingkat produksi methyl mercaptan dan hydrogen sulfide akan mengalami penurunan. Sementara itu, methyl mercaptan dan hydrogen sulfide sendiri adalah bagian dari gas dengan aroma tak sedap yang dapat dihasilkan oleh bakteri tersebut.

Karena memiliki khasiat yang cukup ampuh, sekarang ekstrak dari daun sirih ini kerap berperan dalam komponen pelengkap pada produk-produk kesehatan gigi.

Baca Juga:  Menghilangkan Bau Mulut dengan Mengenal 4 Penyebabnya

Ketika kamu menggunakan produk obat-obatan, tentu saja cara menghilangkan bau mulut sudah tak lagi secara alami kan? Jadi, untuk membuatnya tetap alami, kamu dapat memahami semua cara alami menghilangkan bau mulut berikut ini.

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut dengan Daun Sirih

Selain untuk mengatasi masalah pada bau badan, daun sirih juga berperan penting untuk menghilangkan bau mulut yang seolah tak pernah ada habisnya. Oleh sebab itu, pertimbangkan pula untuk memahami beberapa Tips menghilangkan bau mulut dengan daun sirih berikut ini:

  1. Siapkan setidaknya satu lembar daun sirih.
  2. Cuci sampai benar-banar bersih.
  3. Kunyah lah langsung di mulut Anda dan tahan selama hitungan menit.
  4. Jika kamu merasa sudah cukup lama, segera ludahkan.

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut dengan mengunyah daun sirih seperti di atas dapat kamu lakukan secara inten. Paling tidak, lakukan rutinitas tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Tetapi jika kamu menganggap bahwa cara tersebut sangat menjijikkan, gunakan alternatif lain yaitu dengan merebus dan menggunakan airnya untuk berkumur. Metode ini sangat praktis, bahkan saya pikir kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Berikut adalah beberapa tindakan yang perlu kamu lakukan sebagai cara alami menghilangkan bau mulut menggunakan daun sirih:

  1. Siapkan 5 sampai 6 lembar daun sirih.
  2. Sediakan pula 2 gelas air bersih.
  3. Silahkan rebus keduanya sampai benar-benar mendidih dan lunak.
  4. Biarkan beberapa saat sampai berubah menjadi dingin karena suhu ruang.
  5. Saring air rebusan daun sirih secara menyeluruh.
  6. Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur.

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu perlu melakukan rutinitas berkumur tersebut sebanyak dua kali setiap hari. Yaitu, antara waktu pagi dan juga sore hari.