7 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Paling Efektif

fikrirasy.id – 7 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Paling Efektif. Perut kembung saat hamil? Bersantai, Anda berada di perusahaan yang baik. Ada alasan logis mengapa ibu hamil sering mengalami gas di perut. Hal ini dapat terjadi karena makanan, obat-obatan, atau hanya bawaan lahir.

Cara paling ampuh mengatasi kentut saat hamil sangat mudah, kok. Ini cukup mendasar seperti mengambil segelas air atau berjalan-jalan ringan. Anda dapat melakukan semua itu tanpa menghabiskan banyak usaha.

Cara mengatasi perut kembung saat hamil

Ada banyak motivasi di balik mengapa kehamilan erat kaitannya dengan kentut. Sheryl Ross, MD., seorang ahli ob-gyn dan kesejahteraan wanita di Provision Holy person John’s Wellbeing Community di St Nick Monica, California, menjelaskan Healthline tentang penyebab kentut selama kehamilan. Paling sering terjadi, karena kadar progesteron dalam tubuh meningkat. Zat kimia ini membuat otot lebih kendur, termasuk otot saluran cerna. Selanjutnya, proses terkait perut memanggil kembali dan memungkinkan gas berkembang.

Tidak hanya itu, ketegangan dalam kerangka berpikir ke daerah perut lainnya juga memiliki hasil yang sama. Beberapa jenis makanan dan nutrisi pra-kelahiran juga memicu penyumbatan dan kentut.

Seiring bertambahnya usia, efek samping penyumbatan dan tonjolan dapat memburuk. Meskipun demikian, ada kemajuan dasar yang dapat Anda ambil untuk melawan serangan gas ini.

1. Minum lebih banyak cairan

Selama kehamilan, fokus pada asupan cairan sangat penting. Delapan sampai 10 gelas setiap hari adalah jumlah yang disarankan.

Selanjutnya, Anda benar-benar ingin fokus pada berbagai cairan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan suplemen ekstra diingat untuk menikmati gas rendah dan gula yang memicu pembengkakan, atau dikenal sebagai FODMAP. Sebagai pilihan, ada jus cranberry, anggur, nanas, dan jeruk. Selain itu fokus pada penggunaan gula, dan jauhi minuman ringan untuk mencegah pembengkakan agar tidak memburuk.

2. Bergerak

Kehamilan bisa membuat Anda lesu atau lesu untuk beraktivitas. Jeda, ini harus dijauhkan, Teman-teman! Penjelasannya, bergerak bisa menjadi pilihan untuk meredakan pembengkakan saat hamil.

Jika Anda tidak melakukan aktivitas yang sulit, misalnya berolahraga di pusat kebugaran, Anda bisa menutup jalan santai sebagai pilihan lain. Lakukan pekerjaan ini selama 30 menit secara konsisten untuk mencegah penyumbatan sambil menjaga tubuh dan jiwa Anda tetap sehat.

Bagaimanapun, menasihati pekerjaan aktif keputusan dengan seorang spesialis, ya itu bagus. Spesialis mungkin merekomendasikan kegiatan khusus yang disesuaikan dengan keadaan kehamilan.

3. Seleksi asupan makanan

Selidiki apa yang Anda makan sekali lagi. Bisa jadi, salah satu pemicu bengkak saat hamil itu ada.

Memilih daftar sumber makanan diet dapat membantu membedakan penyebab dan cara mengatasi kentut selama kehamilan. Brett Worly, MD., guru mitra divisi obgyn di Ohio State College Wexner Clinical Center melalui Healthline meminta, untuk terus mendapatkan pengakuan diet yang adil selama tahap pilihan.

Baca Juga:  Obat Bau Mulut di Apotik Terbaik dan Ampuh Buat Kamu Coba

Anda dapat menghapus jenis makanan pemicu gas, seperti kubis Brussel, kubis, brokoli, gandum, dan kentang. Selain itu, konsultasikan segala jenis diet dengan ahlinya untuk menghindari pertaruhan tukik kurang gizi, ya!

4. Penuhi kebutuhan serat

Serat berperan penting dalam kelancaran kerja lambung manusia terkait kerangka. Tidak adanya pemasukan serat dapat menyebabkan obstruksi. Pada wanita hamil, tetapi juga semua orang. Lebih tepatnya, serat membawa air ke saluran pencernaan, sehingga membuat tinja menjadi lebih rileks dan membuatnya lebih mudah untuk melewati sistem terkait perut.

Memang, plum, buah ara, pisang, sayuran, dan biji-bijian seperti gandum dan tepung rami adalah contoh sumber serat yang baik untuk tubuh. Akibatnya, menggabungkan 25-30 gram sumber makanan berserat tinggi ini dapat membantu mengatasi pembengkakan selama kehamilan.

5. Suplemen serat

Jika Anda bisa melakukannya tanpa sumber makanan yang tinggi serat, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen serat. Jelas tanya ke dokter kandungan dulu ya!

Suplemen serat menganggap bagian yang sama sebagai sumber makanan tinggi serat. Sebuah survei metodis yang didistribusikan di Cochrane Data set of Efficient Surveys mengungkapkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi suplemen serat pada umumnya memiliki pelepasan padat yang lebih terus menerus dan konsistensi tinja yang lebih baik.

Umumnya perangkat tambahan yang diberikan adalah psyllium (Metamucil), methylcellulose (Citrucel), atau polyethylene glycol 3350 (MiraLAX). Meskipun demikian, pastikan keamanannya sesuai dengan keadaan Anda terlebih dahulu.

6. Mengenakan pakaian yang nyaman

Bahkan pakaian pun bisa menjadi pembenaran mengapa ibu hamil mengalami bulging. Diungkapkan oleh Clinical News Today, pakaian yang ketat di sekitar perut bisa turun ke perut.

Pakaian semacam ini memicu pengembangan gas tambahan. Dengan demikian, wanita hamil pasti akan mengalami perut buncit.

Metode untuk mengatasinya adalah dasar. Pilih pakaian gratis yang masih nyaman untuk dipakai. Seperti itu, ketegangan berkurang dan tonjolan menghilang.

7. Mengurangi stres

Tarik napas dan hembuskan, Ibu! Orang-orang tertentu berada dalam bahaya menonjol ketika di bawah tekanan. Tekanan pikiran memperluas berapa banyak udara yang Anda telan. Oleh karena itu, Anda juga mengalami perkembangan gas, menurut Michael R Berman, MD., pengawas klinis persalinan di Mount Sinai Beth Israel Clinical Center on Healthline.

Stres juga dapat memicu kondisi bad tempered gut disorder (IBS). Efek samping termasuk pembengkakan, gas, masalah, obstruksi, dan buang air besar.

Untuk mengurangi gas karena stres, Anda bisa mengatur jadwal untuk melakukan yoga. Kendurkan otak Anda dengan melepas lelah, spa pra-kelahiran, memindahkan tugas ke orang lain, atau apa pun yang membuat Anda merasa lebih tenang.

Cara mengatasi kentut saat hamil sangat mudah bukan? Anda dapat mencoba semua itu untuk menjaga tubuh Anda tetap terbuka selama kehamilan.

Leave a Comment