6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan

fikrirasy.id – 6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan saat mengonsumsi sayuran mentah dibandingkan dengan sayuran yang sudah dimasak. Anda akan mendapatkan banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh Anda.

Makan sayuran mentah juga bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk merencanakan makanan. Salah satu sayuran yang mengandung banyak manfaat bila dikonsumsi mentah adalah wortel. Wortel dapat dikonsumsi mentah atau dimasak sebagai pelengkap sup.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam manfaat mengonsumsi wortel mentah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ayo, cari tahu.

1. Menyeimbangkan hormon dalam tubuh

Kebetulan, wortel mentah mengandung serat yang sangat luar biasa yang dapat mengikat zat beracun, terutama mengikat kelebihan hormon estrogen dan melengkapinya dari tubuh dengan aman. Mengutip dari situs CNBC, serat unik ini tidak akan membunuh mikroba sehingga bisa membantu mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam perut.

Mikroba di perut adalah salah satu masalah utama yang membuat sifat hormonal tidak teratur. Kelebihan bahan kimia estrogen dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab utama yang menyebabkan efek samping seperti PMS, perubahan suasana hati, kulit berjerawat, dan keringat berlebih di malam hari.

2. Mendetoksifikasi tubuh dari endotoksin

Wortel mentah dapat membantu Anda menurunkan berat badan pada fungsi hati dengan membatasi dan melepaskan zat melalui interaksi detoksifikasi. Mengutip dari situs Seven Wellbeing, wortel mentah juga bisa membantu penyerapan dengan membunuh endotoksin.

Endotoksin adalah bagian dari lapisan luar mikroba spesifik yang ditemukan di lambung, yang dapat menyebabkan karakteristik hormonal yang tidak teratur. Ketika endotoksin memasuki sistem peredaran darah, berbagai masalah dapat terjadi karena toksisitasnya. Mengkonsumsi wortel mentah akan membantu tubuh kita mengurangi masalah endotoksinnya.

3. Kaya akan Vitamin A

Wortel adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Diungkapkan oleh Verywell Fit, Maria Frey, sofa kesehatan menjelaskan bahwa satu buah wortel berukuran sedang dengan berat 61 gram dapat mengandung 509 mikrogram vitamin A. Vitamin A yang terdapat pada wortel dapat membantu pertumbuhan lebih lanjut. kesehatan mata Anda.

Mengonsumsi wortel setiap hari adalah cara terbaik untuk melindungi mata Anda dari efek penuaan dan kerusakan alami. Vitamin A pada wortel juga dapat melindungi DNA dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan pertumbuhan kanker.

Baca Juga:  Kenapa Gigi Menjadi Sensitif setelah Ditambal

4. Mengatasi kelebihan hormon estrogen

Wortel mentah berperan dalam detoksifikasi kelebihan estrogen dari tubuh. Wortel memiliki serat yang sebagian besar beracun sehingga wortel dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen.

Mengutip dari situs Lifepack, kimiawi estrogen dalam jumlah yang tidak perlu dapat memperbesar risiko terjadinya penyakit payudara, pertumbuhan kanker ovarium, dan pertumbuhan kanker endometrium. Jadi, cobalah untuk secara konsisten mengonsumsi beberapa wortel mentah berukuran sedang setiap hari.

5. Kesehatan kulit wajah

Tak hanya meningkatkan kesehatan mata, wortel juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin A yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan mata juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit. Mengutip dari situs Baywater Ranches, wortel dapat membantu tubuh kita untuk tetap terlindung dari sinar matahari yang merusak.

Selain vitamin A, wortel juga kaya akan betakaroten, yang mengandung lebih banyak nutrisi, seperti mineral dan antioksidan. Makan wortel mentah dapat membantu mencegah jerawat dan cacat dengan mengurangi peradangan dan mendorong pergantian sel.

6. Membantu menyeimbangkan tiroid

Mengkonsumsi wortel mentah secara konsisten dapat membantu membunuh racun dalam tubuh, termasuk hati. Mengutip dari situs BiochemNordic, penting untuk memiliki hati yang sehat karena hati dapat mendetoksifikasi estrogen dan mengubah kapasitas zat kimia utama yang dihasilkan kelenjar tiroid, dari zat kimia tiroksin menjadi zat kimia triiodotironine.

Sangat penting untuk makan wortel mentah di atas wortel yang dimasak atau diperas. Memasak dan memeras wortel memisahkan serat dan melepaskan beta-karoten dalam wortel yang membuat efek antitiroid.

Anda bisa menjadikan wortel sebagai cemilan sehat. Anda bisa mengganti gigitan malang Anda dengan makan wortel. Wortel adalah sayuran yang sangat fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai masakan. Meskipun wortel dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan memakannya mentah-mentah. Jika Anda makan wortel mentah secara teratur, itu akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.