6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid

fikrirasy.id – 6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid. Peningkatan kadar prostaglandin kimia selama menstruasi membuat banyak wanita mengalami nyeri kewanitaan. Beberapa gejala yang biasanya dapat ditimbulkan adalah rasa sakit di perut bagian bawah (dismenore), sakit kepala, kelemahan, pembengkakan, diare, dan gangguan mood.

Nah, efek samping nyeri kewanitaan bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Jika rasa sakit yang Anda alami tergolong ringan, ada beberapa sumber makanan dan minuman yang bisa membantu meredakannya.

Tak perlu bingung karena obat kewanitaan dari sumber makanan dan minuman pereda nyeri ini cukup mudah ditemukan di sekitar Anda. Lalu, ada apa, ya? Berikut rundown yang sudah selesai.

1. Pisang

Banyak wanita merasakan masalah dan kentut selama siklus bulanan. Dengan asumsi bahwa Anda adalah salah satu individu yang mengalaminya, makan pisang adalah jawaban yang tepat untuk membebaskan efek samping dari dismenore.

Produk organik berwarna kuning ini kaya akan potasium dan vitamin B6. Kedua suplemen ini diketahui mampu menjaga keseimbangan cairan, meredakan ketegangan otot, dan mengurangi kentut, seperti dilansir dari laman Regular Wellbeing.

2. Yogurt

Dikenal bermanfaat untuk sistem pencernaan, makanan matang ini ternyata juga sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Sesuai data Healthline, kandungan probiotik dalam yogurt dapat menjaga pH vagina tetap baik dan membantu mencegah penyakit jamur.

Tak hanya itu, produk susu ini juga ampuh mengurangi efek samping kondisi pramenstruasi (PMS) dan meredakan nyeri kewanitaan. Hal ini karena yogurt mengandung kalsium dan magnesium yang dapat mengurangi rasa sakit akibat kram perut.

3. Teh kamomil

Chamomile adalah tanaman bunga yang berasal dari Eropa yang sering digunakan sebagai teh rumahan. Rasanya yang manis, harum, bebas kafein, dan memiliki 1.000.000 manfaat yang membuat teh ini sangat digemari.

Mengutip Berita Klinis Hari Ini, teh chamomile mengandung apigenin yang memiliki khasiat untuk meningkatkan istirahat, mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko pertumbuhan kanker. Kandungan zat azolin di dalamnya juga mampu berfungsi sebagai pereda nyeri sehingga mengurangi nyeri kewanitaan, termasuk kentut.

Baca Juga:  15 Penyebab Gusi Hitam selain karena Kebiasaan Merokok

4. Telur

Protein merupakan salah satu suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh. Sama halnya dengan lemak dan pati, makronutrien ini juga termasuk sebagai sumber energi yang dapat membuat Anda kembali berenergi.

Hal ini karena tidak sedikit wanita yang mengeluh merasa lemas saat haid. Memang, telur merupakan sumber protein sekaligus mengandung nutrisi B6, D, dan lemak tak jenuh yang sehat seperti omega-3. Suplemen ini dapat mengurangi kekuatan siksaan wanita dan menyeimbangkan pola pikir.

5. Jahe

Minuman herbal yang diproduksi menggunakan jahe telah dikenal sejak lama, sejak lama memiliki manfaat kesehatan. Lalu, pada saat itu, apakah itu valid? Ternyata, khasiat yang didapat dari rasa-rasa ini bukan hanya khayalan saja lho.

Dilansir WebMD, minuman jahe efektif untuk mengurangi rasa mual, mendukung sistem kekebalan tubuh, mengontrol glukosa, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kandungan gingerol yang melawan siksaan dapat menekan pembentukan prostaglandin.

Pasalnya, jika kadar campuran tersebut berlebihan maka akan memicu kompresi otot dan urat rahim. Inilah alasan mengapa banyak wanita merasa tersiksa saat menstruasi.

6. Kunyit

Selain sebagai bumbu dapur, kunyit merupakan bumbu yang dikenal memiliki banyak unsur. Mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi iritasi, dan mengurangi penderitaan wanita, seperti dikutip dari laman Cleveland Center.

Perlu Anda ketahui bahwa tumbuhan yang bernama ilmiah Curcuma longa ini mengandung zat aktif curcumin. Campuran sintetik ini dapat meredakan siksaan sekaligus meningkatkan ketekunan.

Meski normal, siksaan wanita bisa memperlambat aktivitas sehari-hari. Jadi, semuanya baik-baik saja dengan asumsi Anda mengonsumsi sumber makanan dan minuman di atas. Namun jika tidak kunjung membaik atau bahkan nyerinya semakin meluas, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter terdekat untuk mencari pengobatan yang tepat.

Leave a Comment