Bagaimana cara menghitung dana pensiun? Lihat disini!

Salah satu hal yang saya pelajari dari pengetahuan keuangan saya adalah pentingnya dana pensiun. Dana pasca pensiun adalah dana yang akan Anda gunakan saat pensiun. Oleh karena itu, mendirikan dana pensiun sesegera mungkin akan sangat bermanfaat di masa depan.

Lalu bagaimana cara menghitung dana pensiun?

Pentingnya Mempersiapkan Uang Pensiun

Saat kita mendapatkan gaji pertama, disadari atau tidak, kita juga perlu menyiapkan posisi dana penting seperti dana darurat dan dana pensiun. Dalam hal dana pensiun, tentunya diperlukan ketika Anda sedang berusaha untuk pensiun di usia yang sudah tidak produktif lagi.

Jika Anda PNS, pensiun Anda dijamin karena rencana sistem yang jelas. Jika Anda adalah pemilik tunggal atau pengusaha, Anda perlu mengelola uang pesangon Anda dengan sangat bijaksana. jangan biarkan kami generasi sandwich Untuk generasi berikutnya.

gaya hidup pensiun

Besaran dana pensiun setiap individu tentu berbeda-beda, tidak ada jumlah yang ditetapkan. Itu semua tergantung pada gaya hidup ideal Anda. Merencanakan gaya hidup Anda memudahkan untuk membayangkan berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk pensiun.

Misalnya, jika Anda berencana untuk menghabiskan hari tua Anda sebagai Bepergian Karena waktu produktif masih sibuk bekerja. Tentu saja, Anda membutuhkan dana pensiun yang cenderung lebih besar daripada yang Anda inginkan untuk menghabiskan masa tua Anda dengan berkebun di halaman belakang rumah Anda.

Perhitungan dana pensiun

Setelah Anda memutuskan gaya hidup Anda, Anda akan tahu lebih baik bahwa Anda perlu membelanjakan uang Anda dengan bijak. Sayangnya, menabung atau berinvestasi saja tidak bisa memberi Anda angka pasti. Jadi berapa banyak yang Anda butuhkan?

Ada banyak pertimbangan dalam menghitung dana pensiun Anda, antara lain inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan gaya hidup. berdasarkan Aturan 4% dan Trinitas, dana yang perlu anda siapkan adalah :

Dana Pensiun = Pengeluaran Harian Tahunan x 25

Misalnya, Anda sekarang berusia 30 tahun dan pengeluaran tetap Anda adalah 10 juta/bulan.

Baca Juga:  DPC PROJO KOTA BOGOR Ajak Masyarakat Kota Bogor Nonton SEPEDA PRESIDEN

Maka 12×10 juta = kebutuhan harian tahunan 120 juta

Jika Anda berencana untuk pensiun pada usia 60, biaya Anda adalah 120 juta x 25 = 3 miliar.

Dengan asumsi inflasi tahunan rata-rata 3-5% dan nilai pertumbuhan investasi minimum 7% per tahun, Anda dapat menghitung dana pensiun yang dibutuhkan.

Jadi, Anda bisa menggunakan kalkulator untuk melunasi dana pensiun Anda. ini Dengan menghitung:

Jika Anda melihat kalkulator di atas, Anda bisa mendapatkan anuitas 13 miliar. wah banyak banget ya?

Tapi jangan khawatir. Jika Anda menghitung, Anda hanya perlu menghasilkan sekitar 8,7 juta per bulan. Ini mungkin tampak kecil, tetapi selalu waspada untuk berinvestasi dengan pengembalian. minimum Hingga 8% per tahun.

Salah satu investasi yang dapat mencapai tingkat pertumbuhan hingga 8% per tahun adalah valas dan derivatif emas. bagaimana? Ikuti program TMTE bersama PT Mentari Mulia Futures pada 7-8 September 2020. Klik Berikutnya untuk mendaftar. di sini!



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bagaimana cara menghitung dana pensiun? Lihat disini!

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment