7 Manfaat Bekam, Pengobatan Alternatif Populer di Indonesia

Fikrirasy.ID – Bekam masih menjadi pengobatan alternatif yang populer di Indonesia. Tentu saja, ini bukan tanpa alasan mengingat bekam dianggap sangat efektif.

Bekam diklaim dapat meredakan berbagai penyakit, antara lain sakit kepala, saluran pernapasan, dan saluran pencernaan.

kutipan dari halaman Halo AnjingBekam dimulai dengan memasukkan bahan-bahan seperti alkohol, kertas, atau daun herbal yang mudah terbakar ke dalam cangkir dan kemudian menyalakannya.

Ilustrasi Pengobatan Bekam Sebagai Metode Pengobatan Alternatif (Envato Elements)
Ilustrasi Pengobatan Bekam Sebagai Metode Pengobatan Alternatif (Envato Elements)

Setelah dimatikan, cangkir langsung diletakkan di atas kulit. Jadi, ketika suhu di dalam cangkir mendingin, kulit secara otomatis tertarik ke atas dan berubah menjadi merah. Cangkir biasanya dibiarkan selama 3 menit. Nah, bekam selama proses ini dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit.

Baca juga:
Penyebab Jerawat Batu dan Cara Efektif Mengatasi Masalah Kesehatan Kulit Ini

Berikut 7 manfaat bekam yang dirangkum dari berbagai sumber:

Manfaat bekam untuk kesehatan fisik

pereda sakit

di jurnal Livista Latina Americano de Impermazem seperti yang dirilis berita medis hari ini, Bekam dikatakan dapat membantu meredakan nyeri punggung. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki lebih lanjut efek bekam pada rasa sakit.

melancarkan peredaran darah

Baca juga:
Manfaat daun kelor atau Moringa leaf untuk diabetes dan kanker

Awal resolusi kolaborasi kesehatan, Manfaat kesehatan dari bekam adalah meningkatkan sirkulasi ke area di mana cangkir berada.

Peningkatan sirkulasi darah dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan perbaikan sel dalam tubuh. Selulit juga dapat dikurangi dengan meningkatkan sirkulasi darah.

melembutkan saluran pernapasan

Bekam juga dapat memulai pernapasan dengan mengatasi penumpukan cairan atau dahak di paru-paru yang disebabkan oleh gangguan kesehatan pernapasan seperti pilek dan asma. Ketika cangkir ditempatkan di atas getah bening dada, darah diangkut ke paru-paru untuk memfasilitasi pernapasan.

Baca Juga:  4 Cemilan Sehat Makan Popcorn, Teman Nonton Film

Meredakan sakit kepala ringan dan migrain

Manfaat bekam selanjutnya adalah meredakan sakit kepala ringan dan sakit kepala atau migrain. Namun, karena titik penyembuhan ini berada di leher dan kepala, Anda harus mencukur rambut terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa menempelkan bekam.

gambar bekam.  (elemen envato)
gambar bekam. (elemen envato)

Stretch mark dan menghilangkan bekas luka

pada Jurnal Perawatan Kesehatan yang Komprehensif, Bekam juga dikatakan digunakan untuk mengurangi jaringan parut. stretch mark.

Sirkulasi darah yang baik membantu membersihkan tubuh dari racun, mengembalikan sirkulasi limfatik, dan menghilangkan kelebihan cairan (edema). Ini dapat membantu meminimalkan kemungkinan munculnya jaringan parut selama proses penyembuhan luka.

Efek bekam bisa Anda rasakan tidak hanya di area tempat cangkir diletakkan, tetapi juga di area lainnya. stretch mark atau terluka.

mengatasi kelelahan

Seperti halnya pijat, bekam juga dapat digunakan untuk mengatasi kelelahan. Saraf kaku yang menyebabkan kelelahan dihilangkan dengan bekam. Namun tentunya cara ini juga harus dibarengi dengan pola istirahat yang tepat.

pencernaan lembut

Menurut khasiat bekam untuk melancarkan peredaran darah, tak terkecuali pada saluran pencernaan. Bekam juga dapat mengatasi penyumbatan usus besar dengan merangsang fungsi sistem pencernaan. Hal ini juga disebabkan oleh peningkatan kinerja peristaltik karena kelancaran peredaran darah.

Kontributor: Hilary Sekar Farwestry



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 7 Manfaat Bekam, Pengobatan Alternatif Populer di Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment