6 Fakta Tentang Wasabi, Negeri Matahari Terbit

Fikrirasy.ID – Hingga saat ini, wasabi dikenal sebagai lauk sushi yang memiliki rasa yang sangat pedas. Namun selain itu, ternyata lobak juga memiliki beberapa fakta unik. Apa Fakta Wasabi yang Belum Anda Ketahui Sebelumnya?

Berikut beberapa fakta unik tentang wasabi, si hijau pedas yang berasal dari negeri matahari terbit.

Wasabi sulit tumbuh.

kutipan dari halaman Jepang Live, meski sering dijadikan pendamping berbagai makanan Jepang, ternyata wasabi tidak mudah ditanam di Sakura Nara.

Baca juga:
Tips membuat sushi di rumah, bisa langsung disantap

Ilustrasi Wasabi (stok rana)

Habitat wasabi diketahui ada di lembah sungai yang terlindung dari sinar matahari langsung, dan akarnya dapat bersentuhan langsung dengan aliran sungai yang mengalir di bawah tanah.

Wasabi hanya dapat tumbuh pada suhu antara 8 dan 20 derajat Celcius dan pada ketinggian antara 1300 dan 2500 meter di atas permukaan laut.

Wasabi membantu mencegah keracunan makanan.

Selama ini wasabi hanya dikenal memberi rasa pedas pada masakan sushi. Padahal, fungsi utama wasabi adalah mencegah keracunan sashimi, bahan utama dalam sushi.

Hal ini karena wasabi mengandung bahan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Rasa pedas dari wasabi menghilang dalam sekejap.

Baca juga:
10 Tempat Nongkrong Di Tangerang Dari BSD Sampai Bintaro

Jika Anda memiliki kesempatan untuk mencicipi wasabi, Anda harus memakannya segera setelah keluar. Ini, tentu saja, masuk akal. Jelas wasabi asli parut akan kehilangan rasanya dengan cepat jika dibiarkan di luar ruangan selama 15 menit.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan wasabi pedas meski sudah lama dibiarkan di luar ruangan, Anda perlu curiga mengingat saat ini banyak beredar wasabi palsu.

Wasabi itu mahal

Baca Juga:  Apakah Anda salah satu generasi sandwich? Lihat disini!

Fakta wasabi berikut ada hubungannya dengan uang. Salah satu alasan wasabi begitu banyak dicampur adalah karena harganya yang mahal.

Tentu saja wasabi membutuhkan khasiatnya dalam berbagai makanan Jepang yang menggunakan bahan baku, namun karena sulit tumbuh.

Meskipun demikian, wasabi masih populer. Penggemar wasabi akan dengan senang hati merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan wasabi asli.

Ilustrasi sushi dengan wasabi (Pixabay/milivigerova)
Ilustrasi sushi dengan wasabi (Pixabay/milivigerova)

Umur Simpan Wasabi Tinggi

Tidak seperti wasabi parut, wasabi mempertahankan rasanya meskipun disimpan dalam waktu lama.

Karena itu, jika Anda ingin menggunakan wasabi sebagai lauk, lebih baik membeli seluruh wasabi dan menggilingnya hanya saat menggunakannya.

Saudara Kubis dan Wasabi

Wasabi adalah tanaman milik keluarga silangan. Bagi Anda yang belum tahu, ada beberapa jenis sayuran yang biasa ditemukan di Indonesia, seperti sawi putih dan lobak, dalam satu rumah tangga.

Itulah beberapa fakta wasabi menarik yang harus Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor: Hilary Sekar Farwestry



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 6 Fakta Tentang Wasabi, Negeri Matahari Terbit

Dari Situs Fikrirasy ID