Rp dari Modern Retail Medan. 14.000 minyak goreng ludes dalam sekejap

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah memberlakukan kebijakan harga tunggal. minyak goreng Mulai Kamis 20 Januari 2022, kami mengemas hingga Rp 14.000 per liter. Namun, sejak diberlakukannya kebijakan ini, banyak minimarket di Kota Medan Habis atau cepat habis.

“Banyak toko yang kehabisan stok dalam waktu tiga hari sejak penerapan minyak goreng bersubsidi pemerintah dengan harga Rp. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Ridho Pamungkas, Sabtu (22/1).

Ridho mengatakan beberapa supermarket non jaringan masih memiliki stok minyak goreng yang dijual dengan harga sebelumnya atau tidak disesuaikan dengan kebijakan harga tunggal.

“Menurut beberapa pegawai toko minimarket, persediaan masuk secara rutin, setiap dua hingga tiga hari sekali, tetapi ketika pasokan minyak goreng turun, konsumen membeli dalam hitungan jam. Batasi pembelian hingga dua liter untuk menghindari aktivitas grosir, ” jelasnya.

Menurut Ridho, hal itu terjadi saat situasi panic buying di tingkat konsumen, sehingga pada awal penerapannya, permintaan minyak goreng bersubsidi sangat tinggi dibandingkan dengan laju distributor yang memasok minyak goreng dari beberapa gerai ritel.

“Karena pemerintah sudah menetapkan harga, kecil kemungkinan pasokan minyak goreng tertimbun di tingkat produsen. Dengan kata lain, pembatasan pasokan tidak akan menaikkan harga di tingkat konsumen,” katanya.

Baca Juga:  Bekerja Sama dengan Mitratel, Alita Siap Bantu Operator Tetap di 5G

Ridho menambahkan, banyak pengecer yang kehabisan minyak goreng karena konsumen lebih memilih berbelanja di pengecer bersubsidi daripada supermarket atau toko tradisional yang masih menjual dengan harga lama.

“Hal ini tentunya dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi peritel modern, mengingat konsumen biasanya mempertimbangkan minyak goreng serta kebutuhan lain yang ditawarkan oleh peritel,” jelasnya.

Ridho sendiri menilai fenomena panic buying ini tidak akan berlangsung lama. Pasalnya, kebijakan harga tunggal berlangsung selama enam bulan. Konsumen tidak perlu grosir atau menimbun minyak goreng di rumah karena pemerintah menjamin stok.

“Kami mengimbau konsumen untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhannya, dan kami meminta pemasok kami untuk segera mempercepat pasokannya ke seluruh pengecer,” ujarnya.

Ridho melihat subsidi minyak goreng sebagai solusi jangka pendek, tetapi justru melihat insentif bagi produsen untuk menjaga harga tetap tinggi.

Untuk itu, KPPU KEPCO akan terus melakukan penelitian dan pengawasan terhadap sejumlah besar produsen yang mendominasi pasar minyak nabati, dan terus mengevaluasi kebijakan pemerintah yang dapat mendorong pertumbuhan industri minyak nabati agar sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut,” kata dia. untuk persaingan usaha yang sehat.”

Secara terpisah, Wahudi, warga Dongmedan-gu, Kota Medan, mengaku kaget saat mengetahui ada pengecer yang menjual minyak goreng dengan harga tinggi di Medan. Misalnya di supermarket Maju Bersama di Jalan Yos Sudarso di Medan.

“Tadi malam saya belanja di sana, harga di rak-rak minyak goreng merk Bimoli, Rose Brand dan Topical Rp 28.000 per 2 liter. Tapi raknya kosong. Sunco masih jual Rp 44.000,” ujarnya. mengeluh. .

(fnr/ain)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Rp dari Modern Retail Medan. 14.000 minyak goreng ludes dalam sekejap

Dari Situs Fikrirasy ID