Sri Mulyani, yang mempengaruhi perekonomian Indonesia, menyoroti faktor global tersebut.

zawafos.com – Departemen Keuangan (Kemenkeu) masih fokus pada perekonomian global, khususnya kebijakan moneter di Amerika Serikat (AS). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui keputusan bank sentral AS ini patut diwaspadai karena berdampak pada perekonomian Indonesia.

Menurut dia, pihaknya terus menekankan perkembangan rencana AS untuk mengurangi langkah-langkah stimulus. (lonjong) Dan kami akan menaikkan tarif lebih banyak lagi tahun depan.

“Kami tetap waspada dari sisi ekonomi, terutama dinamika global,” kata Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/12).

Menurut dia, ekonomi AS berpotensi mendatangkan malapetaka di pasar keuangan pekan lalu. Departemen Keuangan juga ingin memantau perkembangan kasus varian Omicron di Eropa dan Inggris yang saat ini sedang melonjak.

Sementara itu, inflasi yang tinggi dan ancaman gangguan pada tenaga kerja tidak bisa dipandang sebelah mata. Ini karena China sedang melakukan penyesuaian untuk pertumbuhan ekonomi kualitatif.

“China, ekonomi terbesar kedua pengaturan Pertumbuhan kualitatif dan pertumbuhan berorientasi hijau, gangguan sisi penawaran dan ancaman inflasi akan menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan.”

Editor: Stou Suryowati

Reporter: Romeis Vinekasri



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Sri Mulyani, yang mempengaruhi perekonomian Indonesia, menyoroti faktor global tersebut.

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Wira Global Solusi bersiap untuk maju ke BEI dengan menerbitkan 285 juta saham