PHK besar-besaran 1.400 karyawan Bukopin, digitalisasi mengancam pekerjaan teller dan customer service

Fikrirasy.ID – Sebanyak 1.400 karyawan PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) mengundurkan diri berhenti Pasalnya, perusahaan telah meluncurkan program ‘pensiun dini’ yang tersedia bagi seluruh karyawan.

Nailul Huda, peneliti ekonomi digital di Institute for Economic and Financial Development (Indef), mengatakan arus digitalisasi yang cepat dan tak terbendung telah memaksa banyak perusahaan untuk menerapkan program pensiun dini bagi karyawannya.

“Arus digitalisasi bank ini sangat kuat. Hal ini dijelaskan dengan penutupan banyak cabang dan penurunan jumlah ATM dari 110.000 menjadi 90.000.” Fikrirasy.IDJumat (18 Januari 2022).

Dia mengatakan, situasi tersebut berdampak besar pada sektor ketenagakerjaan. Di era digitalisasi, kebutuhan bisnis untuk memanfaatkan layanan manusia semakin berkurang.

Baca juga:
1.400 pegawai unggulan Bank Bukopin mengundurkan diri sekaligus, Dirut : Suspension of Service

Akibatnya, PHK terjadi di mana-mana. “Digitalisasi mempengaruhi penggunaan tenaga manusia,” katanya.

Tak heran, kata Nailul, era digitalisasi ini akan memaksa banyak bisnis menyesuaikan diri untuk mengikutinya.

“Ya, suka atau tidak suka, karena perbankan saat ini menggunakan layanan tersebut. pembicara Dikurangi karena ada bank yang menggunakan robot juga CS (pelayanan pelanggan)“Dia berkata.

Untuk itu, pemerintah merekomendasikan langkah-langkah khusus untuk merespon gejolak di era digitalisasi di sektor ketenagakerjaan.

“Kalau mereka siap dan tidak berpikir, SDM ini tentu akan menganggur,” ujarnya.

Baca juga:
INDEF: 91% penyandang disabilitas Indonesia tidak memiliki akses internet.

CEO Changsoo Choi dari KB Bucopin mengatakan, “Kami akan fokus pada pertumbuhan berbasis teknologi dengan membangun ekosistem TI yang disebut NGBS (Sistem Perbankan Generasi Baru).”



Terimakasih Ya sudah membaca artikel PHK besar-besaran 1.400 karyawan Bukopin, digitalisasi mengancam pekerjaan teller dan customer service

Baca Juga:  Nyanyikan Metaverse Technology, Elon Musk: Akankah Seperti Masa Depan?

Dari Situs Fikrirasy ID