Harapan Luhut Pusat Penelitian Jamu dan Hortikultura Pollung

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Koordinator Investasi Kelautan (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menggelar peletakan batu pertama Taman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jamu dan Hortikultura (TSTH2) di Pollung, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Kamis, 23 Desember 2021.

“Kami menyambut baik inisiatif Del Institute of Technology (IT Del) untuk mendirikan Pusat Penelitian Herbal dan Hortikultura di Amerika Serikat. Sumatera Utara Sejak itu mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan memberikan izin untuk mengelola sekitar 500 hektar kawasan hutan,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Luhut juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung pembangunan batu pertama TSTH2.

“KHDTK telah melalui banyak hal selama ini. terobosan. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah memberikan IT Del Pengelolaan Kawasan Hutan Tujuan Khusus (KHDTK) dan pengesahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Nanti saya bimbing IT Del dalam pengelolaan KHDTK,” ujarnya.

Luhut juga mengucapkan terima kasih atas dukungannya. Menteri Pertanian dan Kehutanan Dokumen analisis dampak dari Departemen ATR/BPN, BRIN, LPPM ITB dan IT Del, Design Engineering Details (DED) dan Environmental TSTH2 yang telah menyetujui kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang berupa pelaksanaan survei kualitas tanah dan air.

Luhut yang juga Pendiri dan Ketua Del Foundation menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, Wakil Menteri Koordinator Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Rektor IT Del.

Baca Juga:  Kenaikan tarif cukai hasil tembakau sebesar 12% semata-mata untuk kepentingan ekonomi negara

Luhut berharap TSTH2 dapat mendukung pelaksanaannya. real estat makanan Di tingkat nasional akan menjadi pusat penelitian genomik internasional di Indonesia dan pusat penelitian jamu Indonesia.

“Saya juga berharap TSTH2 menjadi laboratorium berstandar internasional dan bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat sesuai prinsip green building,” ujarnya.

Kawasan yang akan digunakan sebagai pusat penelitian pertanian, pusat penelitian pengembangan obat herbal, dan pusat penelitian genom ini akan menempati areal seluas sekitar 30 hektar.

Lokasi TSTH2 di Pollung dipilih mengingat keanekaragaman hayati Sumatera bagian utara sangat tinggi.

Lokasi TSTH2 dekat dengan lokasi real estat makanan Sumatera Utara selama ini memiliki keunggulan dalam melaksanakan penelitian di bidang hortikultura.

Masyarakat sekitar wilayah Pollung yang mengembangkan perhutanan sosial berupa perhutanan akan mendapatkan manfaat dari ekstraksi kemenyan dari TSTH2, dimana dilakukan peletakan batu pertama oleh Luhut.

di antara

BACA JUGA: Kabar Terkini Mogok, Serikat Buruh Pertamina Bergabung dengan Manajemen

Selalu up to date dengan informasi terbaru. Lihat berita terbaru Berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Harapan Luhut Pusat Penelitian Jamu dan Hortikultura Pollung

Dari Situs Fikrirasy ID