Pertamina membantu UMKM go global dan memberdayakan perempuan.

zawafos.com – PT Pertamina (Persero), perusahaan energi milik negara, juga turut andil dalam mendukung UKM menjadi produk unggulan dan ekspor di tingkat global. Nicke Widyawati, Presiden Direktur PT Pertamina (Persero), mengatakan ini merupakan peran perusahaan dalam membina usaha kecil sekaligus mendukung perekonomian di masa krisis seperti saat ini.

Berbicara di Balikpapan pada Sabtu, 1 Agustus, Nick mengatakan, “Kami mendidik dan melatih UMKM menjadi modern, digital dan global.”

Nick mengatakan, jumlah UMKM sejauh ini mencapai 64,2 juta UMKM secara nasional. Jumlah tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 61% dari produk domestik bruto (PDB). Ini juga menyerap hingga 91% tenaga kerja, membantu pemulihan ekonomi yang lesu saat ini.

“Semuanya masih harus bergerak, jadi ini bantalan yang harus kita jaga,” katanya.

Sementara mendukung sektor UMKM, Nick mengatakan pihaknya meningkatkan alokasi anggaran ke sektor tersebut melalui program Mitra Binaan Pertamina. “Tahun lalu, 187 usaha kecil mengglobal,” katanya.

Nicke juga menambahkan, perusahaan mendorong jumlah dan pemberdayaan usaha kecil, khususnya perempuan, untuk terus berkembang. Saat ini jumlah UKM perempuan telah mencapai 35% dan akan terus meningkat.

“Pandemi belum berakhir, namun peran Pertamina dalam pengembangan UMKM tetap kuat,” pungkasnya.

Editor: Eddie Pramana

Reporter: Romeis Vinekasri



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pertamina membantu UMKM go global dan memberdayakan perempuan.

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Bendungan Landugunting Jokowi Selesai, Ini Harapan Petani Blora

Leave a Comment