Bendungan Landugunting Jokowi Selesai, Ini Harapan Petani Blora

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta -Petani sangat berharap dengan beroperasinya Bendungan Landugunting Kabupaten Blora di Jawa Tengah, termasuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup petani, mengingat ada bendungan yang mampu mensuplai 650 hektare sawah.

“Padi ini perlu pengairan yang optimal, jadi kami berharap bendungan Randugunting bisa menyuplai air ke bendungan Kedung Sapen sehingga bendungan Kedung Sapen bisa mengairi di daerah kami, wilayah Sumber dan Kaliori Kabupaten Rembang,” ujar salah seorang warga di Desa Rembang Sekarsari. .kata petani itu. , Sukarji, dikutip dalam keterangannya dari Biro Pers Kantor Presiden, Rabu,

Dikatakannya, para petani di daerah sekitar Kabupaten blora, Rembang dan Pati akan diuntungkan dengan adanya bendungan yang mampu menampung 14,4 juta meter kubik air.

Sementara itu, petani Syakib dari Desa Jatihadi Rembang berharap pemerintah bisa menormalkan bendungan lain yang sudah ada di perairan dangkal. Syakib mengatakan, bendungan yang dangkal memaksa petani menunggu hujan untuk mengairi sawah mereka.

Syakib mengatakan, “Jokowi, tolong normalkan bendungan itu karena dangkal sehingga orang bisa menikmati air yang bisa mengalir ke petani.”

Supardi, petani bawang merah di Desa Jatihadi, mengapresiasi keberadaan Bendungan Randugunting. Supardi berharap irigasi bendungan bisa bermanfaat bagi petani bawang merah.

“Kami mengapresiasi keberadaan Bendungan Randugunting yang sudah ditunggu-tunggu para petani,” kata Supardi.

Presiden Joko Widodo menyelesaikan pembangunan Bendungan Randugunting 2018 pada Rabu. Randugunting memiliki kapasitas tampungan air 14,4 juta meter kubik dan dapat mengairi kurang lebih 650 hektar sawah di wilayah Blora, Pati dan Rembang.

Jokowi berharap keberadaan bendungan Randugunting dapat meningkatkan ketahanan dan kemandirian pangan.

Dengan luas genangan 187,19 hektar, Bendungan Randugunting memiliki banyak fungsi, antara lain menyediakan 200 liter air baku per detik dan mengurangi banjir sebesar 81,42 m3 per detik. Bendungan Randugunting juga memiliki fungsi konservasi dan pariwisata.

Baca Juga:  Harga Emas Antam Tetap di Rp 930.000 per Gram per 13 Desember Hari Ini

“Kami juga berharap Waduk Randugunting bisa menjadi objek wisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat sekitar Kabupaten Blora,” kata Jokowi.

Baca Juga: Profil Bendungan Randugunting Rp 880 Miliar Mulai Dibangun Jokowi

Selalu up to date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk mendaftar. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bendungan Landugunting Jokowi Selesai, Ini Harapan Petani Blora

Dari Situs Fikrirasy ID