Menhub: Pelabuhan Depapre di Jayapura akan menjadi hub Indonesia bagian timur.

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan: Pelabuhan Depapre yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua, akan menjadi hub Indonesia bagian timur. Pelabuhan Depapre akan menyediakan kegiatan peti kemas dan lalu lintas kapal penumpang perintis di dalam dan sekitar Papua.

Ia mengatakan, “Saya berharap seluruh pemangku kepentingan dari instansi terkait seperti kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dapat bersinergi untuk meningkatkan kinerja Pelabuhan Depafre melalui peran aktif dan kerjasama.” tolong kariya Dalam keterangannya pada Selasa, 11 Januari 2022.

Pelabuhan Depapre dibangun Kementerian Perhubungan sejak 2015 hingga 2020. Terletak di Teluk Tanah, pelabuhan adalah Rp. Diperlukan investasi sebesar 175 miliar.

Budi Karya mengatakan pembebasan lahan untuk pelabuhan itu dilakukan secara bertahap sejak 2007 hingga 2013 dengan luas 24,83 hektare dari total kebutuhan 74 hektare. Sedangkan pekerjaan reklamasi lahan telah selesai setelah dilakukan pembangunan di atas lahan seluas 15,67 hektar.

Sesuai rencana induk pelabuhan nasional, pelabuhan Depapre akan terus dikembangkan. Budi Karya mengklaim lokasi pelabuhan tersebut strategis karena berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, pintu gerbang perdagangan internasional, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Dia mengatakan, pemerintah sedang membangun Jalan Sentani Depapre untuk mengakses pelabuhan guna memperlancar lalu lintas darat. Sementara itu, pada tahun 2021, Pelabuhan Depapre mulai menyediakan jalur laut baru yang menghubungkan Papua dengan wilayah Papua bagian barat.

Budi Karya merupakan pusat pembangunan oleh Kabupaten Jayapura. Papua Ini akan menjadi pusat ekonomi baru. Dijelaskannya, selain Pelabuhan Depapre, Jayapura juga memiliki bandara Sentani di Jayapura.

Ia berharap keberadaan simpul pelayaran dari angkutan laut ke udara dapat mempermudah pengiriman barang-barang utama di Papua untuk kebutuhan ekspor dan domestik. “Papua memiliki banyak potensi untuk berbagai komoditas antara lain ikan, rumput laut dan kayu,” katanya.

Baca Juga:  Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor, Kemendag Aktifkan Produk Kompetitif

Francisco Christie Rosana

Baca lebih lajut: Saham Allo Bank Melonjak, Analis: Orang Lihat Chairul Tanjung

Selalu up-to-date dengan informasi terbaru. Lihat berita terbaru Berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menhub: Pelabuhan Depapre di Jayapura akan menjadi hub Indonesia bagian timur.

Dari Situs Fikrirasy ID