Jadwal pemilu akan diselesaikan sebelum uji kelayakan KPU-Bawaslu.

Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Ketua Komite II DPR RI; Lukeman Hakim Saya harap ada masalah dengan jadwal pemilu 2024 Hal itu dilakukan sebelum partai politiknya melakukan uji kelayakan dan kepatutan untuk calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU).KPU) dan Komisi Pemilihan Umum (Barasloo) 2022-2027.

“Oleh karena itu, kami targetkan jadwal pilkada selesai dulu sebelum kami lakukan uji kelayakan dan kepatutan,” kata Luqman, Selasa (11/1) di Gedung DPR Jakarta.

Dia mengatakan akan segera memanggil KPU dan Kementerian Dalam Negeri untuk membahas lebih lanjut jadwal pemilu. Sejauh ini, belum ada keputusan tentang jadwal pemilihan.

“Intinya sidang ini menyesuaikan jika waktunya fleksibel,” kata politisi PKB itu.

Sementara itu, DPR masih menunggu pemerintah mengirimkan daftar 24 calon anggota KPU-Bawaslu. Sebelumnya, tim seleksi menyeleksi 24 nama calon. Ketua Joko Widodo.

Setelah menerima surat itu, Luqman memastikan DPR segera cocok untuk calon dan melakukan uji kelayakan. Luqman mengatakan Dewan II juga menginginkan proses pemilihan anggota baru KPU-Bawaslu segera diselesaikan.

“Kami berharap pemilihan anggota KPU-Bawaslu yang baru selesai sebelum masa sidang berakhir,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemilihan Umum (Bawaslu) 2022-2027 Tim Pemilihan Calon Anggota KPU dan Bawaslu menyerahkan nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (6/1). ).

Baca Juga:  Saatnya mengenalkan angka pada anak

Timsel telah menyelesaikan seluruh tahapan pencalonan anggota KPU dan Bawaslu. Timsel Selatan menyeleksi 14 calon KPU dan 10 calon anggota Bawaslu.

Sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Presiden sejak itu telah mengajukan 14 calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu ke DPR.

(dmi/chri)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Jadwal pemilu akan diselesaikan sebelum uji kelayakan KPU-Bawaslu.

Dari Situs Fikrirasy ID