Luhut mengatakan nilai belanja pariwisata di Bali lebih rendah dibandingkan di Kuala Lumpur.

Fikrirasy.ID.CO, JakartaKoordinator Investasi Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mempertanyakan nilai belanja pariwisata di Bali masih lebih kecil dibandingkan yang dibelanjakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

karena dia menyesalinya Bali merupakan wilayah dengan sebaran wisatawan domestik dan mancanegara terbesar. Secara keseluruhan, data untuk tahun tersebut adalah Pada tahun 2018, pengeluaran wisatawan per malam di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-negara lain di Asia.

“Dari tabel terlihat Indonesia masih lebih rendah dari Malaysia,” kata Luhut dalam rapat koordinasi nasional pengembangan lima destinasi pariwisata prioritas (DPSP) secara online di Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021.

Mengutip pengumuman Luhut Data Mastercard dirilis tiga tahun lalu. Secara khusus, wisatawan menghabiskan kurang dari $125 per malam di Bali, yang lebih rendah dari $142 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sedangkan pengeluaran wisatawan per malam di Osaka (Jepang) sebesar US$ 223 dan di Phuket (Thailand) sebesar US$ 247 per malam. Sedangkan pengeluaran pariwisata di Singapura sebesar US$ 272 per malam.

Selain itu, menurut Luhut, pandemi Covid-19 telah memicu perubahan paradigma. turis Berdasarkan kuantitas sebagai pariwisata yang berkualitas. Paradigma ini pada akhirnya berpihak pada wisatawan bernilai tinggi daripada sejumlah besar wisatawan berbiaya rendah.

“Jadi kita harus membuat produk yang berkualitas,” kata Luhut.

Saat itu, Luhut juga mengatakan bahwa persebaran wisman yang terkonsentrasi di Bali menjadi masalah utama bagi pariwisata.

Dia dari 2015-2019 turis asing 63,4% dari total wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia berkunjung ke Bali yang terus meningkat. Meski sebagian besar wisman merupakan wisman, Luhut mengatakan jumlah kunjungan wisman ke Bali terus meningkat.

di antara

Baca: BCA Ubah Batas Perdagangan Harian Virtual Account, Berlaku Mulai Hari Ini

Baca Juga:  Erick mengatakan Jokowi berada di bawah tekanan untuk kontrak ekspor tambang.

Selalu up to date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Luhut mengatakan nilai belanja pariwisata di Bali lebih rendah dibandingkan di Kuala Lumpur.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment