Harga pangan AS naik, tertinggi dalam beberapa dekade

Jakarta, CNN Indonesia —

harga makanan di ~ Amerika Serikat (AS) Dalam beberapa dekade terakhir, diperlukan biaya lebih untuk mencapai level tertinggi. Hal ini disebabkan oleh gangguan. rantai pasokan dan tekanan tenaga kerja.

Biro Statistik Tenaga Kerja mengatakan pada hari Jumat, 10 Desember, bahwa biaya makan di luar di restoran telah meningkat 5,8% selama setahun terakhir. Ini merupakan peningkatan terbesar sejak Januari 1982.

McDonald’s (McD) mengatakan pada Oktober tahun lalu, harga menu naik 6% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, warga Amerika bersikeras bahwa mereka menerima kenaikan harga.

CEO McD Chris Kempczinsk berkata, “Kami mendapatkan respons yang cukup baik dari pelanggan kami.Saya seperti dikutip dalam Bisnis CNN, Senin (13/12).

Selain katering, produsen dan grosir makanan juga menaikkan harga pangan karena harus membayar lebih untuk bahan makanan, tenaga kerja, dan transportasi. Biaya ini meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, kenaikan harga di toko kelontong kemungkinan akan berlanjut hingga tahun depan. Pasalnya, pabrikan besar seperti Kraft Heinz (KHC) dan Mondelez (MDLZ) berencana menaikkan harga untuk pelanggan ritel pada awal 2022.

Selain itu, proporsi bahan baku melonjak menjadi 6,4%. Ini juga yang tertinggi sejak Desember 2008.

Daging sapi mengalami kenaikan harga tertinggi, naik 20,9%. Sementara itu, harga daging babi naik 2,2%.

Untuk daging olahan, harga sosis naik 2,7 persen dan hot dog 2,8 persen. Daging babi panggang, steak, dan iga juga naik 3,7%.

Sementara itu, sayuran dan buah-buahan naik 6,9% berdasarkan penyesuaian musiman, dan buah-buahan segar naik 2,2%. Jeruk, termasuk jeruk keprok, naik 2,4%. Di sisi lain, makanan ringan seperti kue dan donat naik 3,5%.

Baca Juga:  Ini Banderol Harga Eceran Rokok 2022, Capai Rp 2.000 Per Batang!

Naiknya harga pangan merupakan bagian dari tren harga secara keseluruhan. Inflasi harga konsumen, termasuk harga bensin, naik 6,8% dalam 12 bulan hingga November, menembus level tertinggi dalam 39 tahun.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/sfr)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Harga pangan AS naik, tertinggi dalam beberapa dekade

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment