Larangan Ekspor Batubara, Bahlil Tidak Akan Pengaruhi Investasi

Fikrirasy.ID.CO, JakartaMenteri Investasi Bahlil Lahadalia menilai larangan ekspor batu bara mulai 1 hingga 31 Januari 2022 tidak akan mempengaruhi minat investasi di dalam negeri. “Tidak apa-apa, tidak mempengaruhi investasi,” kata Bahlil di kantornya, Jumat, 7 Januari 2022.

Bahlil juga optimistis kebijakan tersebut tidak akan menimbulkan stigma buruk bagi investor di Indonesia. Menurutnya, jika krisis energi ini tidak segera diatasi, akan berdampak buruk bagi perekonomian nasional.

Rep. Balil berkata, “Saya berhenti mengekspor batu bara, tetapi listrik menyala dan listrik padam. Mana yang lebih buruk? Nasionalisme harus keluar dalam situasi ini.”

Ia pun menegaskan bahwa dirinya sebenarnya adalah pihak yang pro investasi. Tapi dia masih lebih mencintai negara ini. “Kalau tidak dimatikan, listrik kita mati. Jadi tulis DMO-nya dulu,” ujarnya.

Menurut Bahlil, DMO harus 25% dari total produksi batu bara. Oleh karena itu, jika ekspor Indonesia lebih dari 500 juta ton, kewajiban untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sekitar 1350140 juta ton.

“Masih banyak perusahaan yang belum memenuhi kewajiban DMO-nya,” kata Bahlil. “Keran ekspor dipastikan akan dibuka kembali nanti saat permintaan domestik terpenuhi,” kata Bahlil.

Untuk itu, Balil mengatakan setiap hari terus berkomunikasi dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Dia berharap pasokan dalam negeri segera terpenuhi sehingga ekspor bisa dilanjutkan.

Baca Juga:  Bekerja Sama dengan Mitratel, Alita Siap Bantu Operator Tetap di 5G

“Karena ini musim dingin, terutama krisis energi global, saya mengerti bahwa banyak negara telah mengirim surat untuk mencegah larangan ekspor. Kami juga bertanggung jawab atas kepentingan global. Tetapi kami meminta percepatan untuk mengisi kembali stok domestik kami. kirim keluar‘ kata Bahlil.

Seperti diketahui, PLN sebelumnya melaporkan kekurangan pasokan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap domestik. Karena situasi ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah melarang ekspor batu bara mulai 1 hingga 31 Januari 2022.

Baca juga: Dubes Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batubara ke Jepang.

Selalu up to date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk mendaftar. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Larangan Ekspor Batubara, Bahlil Tidak Akan Pengaruhi Investasi

Dari Situs Fikrirasy ID