USDA Bayar Taksi KUR Alsintan ke Petani Jatim

Fikrirasy.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) semakin merealisasikan program Taksi Alsintan (Alat Mesin Pertanian) melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR). Setelah sebelumnya membayar KUR Taksi Alsintan kepada petani di Sumatera Selatan (Sumatera Selatan) dan Jawa Barat (Jabar), kini Kementerian Pertanian mendistribusikannya kepada petani di Jawa Timur (Jawa Timur).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, “Program Taksi Alsintan dimaksudkan agar masyarakat dapat memasok Alsintan secara mandiri sehingga tidak lagi fokus pada dukungan pemerintah melalui APBN.”

“Taksi Alsintan ini dimaksudkan untuk membangun kemandirian petani. Programnya bisa diakses melalui KUR,” ujar SYL yang akrab disapa.

Sementara itu, Ali Jamil, Direktur Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Departemen Pertanian, menjelaskan program Taksi Alsintan merupakan ide bagus bagi SYL untuk memastikan mekanisasi ini terus berlanjut tanpa gangguan karena masalah anggaran. Menjadikan pertanian lebih maju, mandiri dan modern.

Baca juga:
Departemen Pertanian Tawarkan Bibit Unggul

“Saya yakin program ini bisa sukses karena kalau tidak kita dorong, mereka mulai merasa sangat membutuhkan peralatan mesin ini. Inilah yang terjadi di Jawa Timur,” jelas Ali.

Oleh karena itu, Ali berharap mekanisasi pertanian ini dapat terus memotivasi para petani di Jawa Timur khususnya Lamongan dan sekitarnya untuk berproduksi. IP-400, artinya Anda bisa memaksimalkan lahan yang Anda tanam dan panen 4 kali dalam setahun.

“Dengan mesin, pertanian akan lebih efisien,” kata Ali. “Insya Allah kita bisa panen dan menanam empat kali dalam setahun.”

Ali juga menjelaskan, pergerakan program Taksi Alsintan mulai fokus di kawasan penghijauan sejak awal tahun hingga akhir Maret. Kawasan hijau ini merupakan kawasan potensial dan sentra utama produksi beras negara.

“Kami optimis program KUR Taksi Alsintan akan berhasil setelah kami melihat semakin banyak petani yang ingin membeli sendiri,” kata Ali. “Ini patut kita syukuri.”

Baca Juga:  Menteri Tenaga Kerja menjelaskan karyawan bersemangat tentang kenaikan upah minimum RI

Baca juga:
Penuhi Kebutuhan Kedelai, Kementan Siapkan Pengembangan Benih Nasional

Andi Nur Alam Syah, Direktur Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian, mengapresiasi pengerahan KUR Taksi Alsintan ini dapat mengatasi beberapa kendala sehingga petani bisa segera mendapatkan mesin yang diinginkan. .



Terimakasih Ya sudah membaca artikel USDA Bayar Taksi KUR Alsintan ke Petani Jatim

Dari Situs Fikrirasy ID