Ekonomi Sumut diperkirakan tumbuh 3,3% tahun ini

Medan, CNN Indonesia —

Bank Indonesia (BI) Prakiraan perekonomian Sumatera Utara (Sumatera Utara) tumbuh positif di kisaran 2,5-3,3% tahun ini. Akselerasi ini didorong oleh membaiknya permintaan domestik dan Pertumbuhan ekonomi Penguatan global.

Bank Indonesia Dalam rapat tahunan Sumut, Soekowardojo Sumut, Presiden Bank Indonesia mengatakan, “Tahun ini (tingkat pertumbuhan ekonomi) berada di antara 2,5%-3,3%. Saya optimistis pertumbuhan ekonomi Sumut akan lebih diakselerasi ke depan. tahun.” , Rabu (24/24). /11).

Ia juga menambahkan optimisme tentang pencapaian. kekebalan kawanan Pada Maret 2022, percepatan vaksinasi akan memacu perbaikan ekonomi. Pada tahun 2022, investasi swasta juga diharapkan semakin meningkat seiring dengan pesatnya investasi.

“Hal ini tercermin dari kemudahan perizinan, kepastian hukum dan daya saing tenaga kerja yang didukung oleh upaya implementasi peraturan daerah yang bersumber dari undang-undang penciptaan lapangan kerja,” jelas Soekowardojo.

Di sisi lain, secara eksternal, perekonomian global khususnya perbaikan mitra dagang akan meningkatkan permintaan produk ekspor. Tingginya harga komoditas diperkirakan, terutama minyak sawit, karet dan kopi.

“Seluruh sektor usaha utama diharapkan akan akselerasi pada 2022, seiring dengan perbaikan di sisi permintaan. Sektornya beragam,” pungkasnya.

Namun seiring dengan pemulihan ekonomi, tekanan inflasi di Sumatera bagian utara diperkirakan akan meningkat pada tahun 2022. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan masyarakat dari peningkatan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga:  Sri Mulyani bercanda saat rapat menanggapi permintaan DPD

“Oleh karena itu, untuk mencapai target inflasi 2022, kita perlu memperkuat koordinasi penyesuaian harga. Selain itu, digitalisasi sistem pembayaran terus berkembang.”

[Gambas:Video CNN]

(fnr/sfr)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ekonomi Sumut diperkirakan tumbuh 3,3% tahun ini

Dari Situs Fikrirasy ID