Legends of Double Bass in Jazz’ – Berita, ulasan, fitur, dan komentar tentang kancah jazz London dan seterusnya.

Mengikuti Perubahan: Double Bass The Legend of Jazz

(Film dokumenter disutradarai dan diproduksi oleh Nick Wells. Ulasan Mary James)

Kerja cinta membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan buah, hampir menurut definisi. Direktur Nick Wells pertama kali melihat Dave Holland Saya jatuh cinta dengan Bass pada usia 16 tahun. Beberapa tahun kemudian, dia membatalkan rencananya untuk mewawancarai pahlawannya dan menulis artikel tentang Belanda, dan malah menggunakan tabungan seumur hidupnya untuk membuat film. Hasilnya adalah film dokumenter 70 menit. Mengikuti Perubahan: Double Bass The Legend of Jazz Itu muncul secara online dengan dorongan dari kampanye Kickstarter.

Film ini menampilkan 20 pemain bass dan orang-orang yang terkait dengan instrumen mereka berbicara tentang kehidupan, pengaruh, dan keterampilan mereka (lihat daftar di bawah). Mereka semua berbicara langsung ke kamera. Tidak ada narator untuk memandu Anda melalui film di dalam dan di luar layar kecuali jika Anda menghitung. John Goldsby Dia muncul di sepanjang film dan secara halus mengalihkan fokus dari satu ide ke ide lainnya dan dari satu legenda ke legenda lainnya. Dalam beberapa menit pertama film ini kita melihat jazz double bass dari 100 tahun terakhir dan segera terlihat betapa bassist hari ini berutang kepada beberapa tokoh penting seperti Jimmy Blanton, Oscar Pettiford, dan Ray Brown. 1938 “Big Noise from Winnetka” Bob Haggart membuka jalan bagi ide-ide Fikrirasy.ID untuk bekerja pada bass dengan mengeluarkan bassis dari peran pendukung mereka dan membiarkan bass berdiri di garis depan band.

Ada banyak anekdot indah yang merangkum pekerjaan seumur hidup pada bass. “Setiap malam adalah kesempatan untuk memainkan musik yang indah,” kata Ron Carter. Jangan main-main.” Christian McBride Saya mencoba terdengar dan terlihat seperti Ron Carter pada usia 16, tetapi gagal dan merasakan dan memikirkan momentum yang sama seperti yang saya rasakan ketika saya melihat Ray Brown dari dekat di Blue Note dan mendengar funk. melakukan”.

Tidak semua cerita. Ada empat penampilan solo yang pendek dan menawan. Larry Grenadier, Phil Palombi, Jasper Hoiby dan John Pattitch ), masing-masing diterangi dengan indah. bermain palombie Langkah Gloria Bass ganda Abraham Prescott tahun 1825 milik Scott LaFaro di Village Vanguard, bass yang sama yang ia gunakan Minggu di Village Vanguard, Ini sama menawan dan mengharukan seperti kisah bagaimana bass diakuisisi oleh LaFaro untuk menjadi instrumennya yang sempurna dan dipulihkan setelah kecelakaan bencana.

Tempat nongkrong atau ngobrol tentang musik live, termasuk Village Vanguard, Pizza Express Soho, dan Wigmore Hall. Potongan film arsip yang hancur, gambar trotoar basah, kereta bawah tanah New York City, papan nama Ronnie di malam hari, tangan dari dekat. Tapi mungkin yang paling mengejutkan penonton adalah betapa rendah hati masing-masing seniman hebat ini. Dave Holland menjelaskan berapa banyak ruang yang disediakan Miles Davis bagi solois untuk mengobrol. Tapi suatu malam Miles memberitahunya, “Dave, aku tahu kamu pemain bass.” Dan pada saat itu, Holland melihat dalam beberapa kata itu sebuah pekerjaan hidup untuk menyeimbangkan peran pasokan dan dukungan musik. Kita Katie Tyru Itu mencerminkan “Memainkan empat nada dalam satu takaran itu menantang, sederhana dan indah.” Film ini akan membantu kita memahaminya.

John Pattitch dan Larry Grenadier. Foto milik underthebassline.com

Penghargaan diberikan kepada Patitucci dan Grenadier yang tertawa, tertawa, dan saling berpelukan setelah menggunakan busur untuk mengimprovisasi nada pendek dan halus. Ini adalah film hangat dan penuh kasih yang diarahkan dan diedit dengan indah yang akan membersihkan album lama yang tidak terdaftar dan mendengarkan dengan antusiasme dan kekaguman baru untuk semua yang masuk ke pertunjukan. Upaya cinta ini membuahkan hasil.

Februari 2021 ‘Walking the Changes: Legends of Double Bass in Jazz’ rilis Anda dapat menontonnya di Vimeo.

Diwawancarai:
Mobil Nick Hitam
Ron Carter
Abisai Cohen
Lars Danielsson
Chris Min Dokey
liran donin
David Gage
John Goldsby
Eddie Gomez
Larry Grenadier
Dave Holland
Jasper Hoiby
Barry Kolstein
Boris Koslov
Christian McBride
Edgar Meyer
john partytucci
Phil Palombi
Katie Tyru
John Thorne

tautan: berjalan melalui perubahan di vimeo

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Legends of Double Bass in Jazz’ – Berita, ulasan, fitur, dan komentar tentang kancah jazz London dan seterusnya.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment