Kunjungi DPR, Adat Intan Jaya Tolak Tambang Blok Wabu

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Tim Advokasi Hak Aborigin Papua Intan Jaya bertemu dengan DPR atau Komite VII DPR. Tim advokasi telah menyatakan penolakannya untuk menambang tambang emas di Indonesia. blok wabu Wilayah Adat Intan Jaya.

“Kami orang Intan Jaya telah menemukan ketenangan dan kedamaian di negara kami, kami orang asing,” kata Bartolomius dalam pertemuan dengan Komite VII di gedung DPR, yang disiarkan secara virtual, Senin, Maret. 28 Februari 2022.

Kedua, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM Segera cabut izin usaha yang diberikan kepada PT Aneka Tambang Tbk. Ketiga, kami menolak diskusi tentang penambangan emas di tambang Wabu Intanjaya di Papua dengan alasan apapun.

Keempat, konflik bersenjata antara TNI, Polri dan TPNPB menyatakan bahwa masyarakat adat Intanjaya hidup dalam ketakutan dan tekanan dari 2019 hingga 2020 dan kemudian melarikan diri ke daerah lain.

Kelima, masyarakat adat Intanjaya menolak mengembangkan tambang emas di tambang Wabu Intanjaya Papua dengan mengatasnamakan keuntungan apapun.

“Keenam, kami mengundang Komite VII DPR RI untuk mengundang Kementerian ESDM, Kementerian BUMN untuk membahas pengembangan tambang Geumsan Blok dengan Masyarakat Adat Intan Jaya, Pemerintah Daerah Intan Jaya, DPRD Intan Jaya, Gubernur Papua, DPRD Papua dan berbagai pihak lainnya, ujar Wabu Intan Jaya Papua.

Ketujuh, warga Intan Jaya meminta BUMN berhenti mencari dan melobi investor karena rencana pembangunan tambang Geumsan di blok Wabu Intan Jaya Papua.

Kami masyarakat adat Intan Jaya Papua menderita dan meninggal di tanah adat kami, ujarnya.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kunjungi DPR, Adat Intan Jaya Tolak Tambang Blok Wabu

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Harga vaksin booster per dosis mulai 12 Januari masih dalam pembahasan dengan Kementerian Kesehatan

Leave a Comment