Siap-siap. Akses Tol Bandara Kertajati akan segera beroperasi.

Jakarta, CNBC Indonesia – Pembangunan akses jalan tol menuju Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati (BIJB) dengan jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sepanjang 3,38 km telah selesai. Ruas tol ini akan beroperasi dalam waktu dekat.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Koentjahjo Pamboedi mengatakan, akses fisik tol Kertajati yang terhubung dengan tol Cipali secara fisik sudah selesai pada September lalu. Selain itu, kami siap untuk mengoperasikan uji kualifikasi fungsional dan sertifikat kualifikasi operasional.

Koentjahjo mengatakan dalam keterangan resminya, Kamis (25/11), “Saat ini Menteri PUPR sedang mengeluarkan SK operasional untuk pengoperasiannya, yang kami harapkan segera bisa beroperasi.”

Koentjahjo mengatakan pembangunan jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan mengoptimalkan fungsi bandara, karena BIJB Kertajati saat ini hanya menggunakan jalan provinsi.

“Jadi, dengan akses berbayar ini, waktu berkendara lebih cepat. Wilayah Jawa Barat dari Karawang, Bandung hingga Cirebon diperkirakan bisa menggunakan Bandara Kertajati untuk aktivitas (udara) domestik dan internasional,” tambahnya.

Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dikelola oleh PT ASTRA Tol Cipali dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) serta PT ACSET Indonusa, badan jalan tol (BUJT) yang mengoperasikan jalan tol Cikopo – Palimanan. Tbk sebagai kontraktor pelaksana.

Akses Bandara Kertajati juga berperan penting dalam pengembangan segitiga pertumbuhan ekonomi Jawa Barat: Pelabuhan Patimban di Subang, Kertajati dan Bekasi di Majalenka, serta kawasan industri di Karawang dan Purwakarta.

Baca Juga:  3 Fakta Omicron yang Kurang Diketahui, Apa Itu?

Pembangunan jalan tol akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati) dengan target pembangunan jalan tol Cisumdawu pada akhir tahun 2021. Kami berharap dapat mendukung konektivitas bandara dengan mengurangi waktu tempuh dari Bandung ke sekitarnya. 3 sampai 1 jam.

[Gambas:Video CNBC]

(Wia)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Siap-siap. Akses Tol Bandara Kertajati akan segera beroperasi.

Dari Situs Fikrirasy ID